Nama Endang Masuk Penjaringan PDIP


Nama Endang Masuk Penjaringan PDIP

PANGKALPINANG - Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan sudah mencatat belasan nama kandidat yang berkesempatan besar maju di partai berlambang moncong putih itu. Baik calon walikota maupun wakil walikota Pangkalpinang 2018-2023 mendatang. Beberapa nama mencalonkan walikota yakni M Sopian, Sarjulianto, Hardi, Saparudin, Dharma Sutomo, Elly Rebuin, Djunaidi Thalib dan Endang Kusumawaty. Sementara, mencalonkan diri sebagai wakil walikota yakni Zeki Yamani, Edison Taher, M Irham, Maulan Aklil, Rina Tarol dan Ahmad Sofyan. 

    Hal ini sebagaimana dikatakan oleh Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Pangkalpinang, Harly ditemui wartawan, kemarin (10/8). Dijelaskannya, ke-14 nama ini sudah diplenokan di tingkat DPC pada 31 Juli lalu. Dan sudah disampaikan ke DPD PDI Perjuangan Bangka Belitung. "Sudah kita sampaikan nama-namanya ke DPD, bisa juga komunikasi di tingkat DPD. Yang jelas penjaringan akan melalui DPP," ungkap Harly kepada sejumlah wartawan.

    Ditambahkannya lagi, katanya sesuai dengan arahan DPP, pihaknya menjelaskan muncul kader PDI Perjuangan yang sejalan dan memperjuangkan kesejahteraan masyarakat. Proses survey menjadi yang terpenting bagi partai untuk menentukan siapa yang akan maju dalam pertarungan Pilwako mendatang.

    "Proses survey yang nanti akan kita lihat. DPD rapat tanggal 15 ini, segera akan dibawa ke DPP. Ada 14 nama, proses selanjutnya di DPP, proses wawancara. Kita tidak tahu ada yang mendaftar di DPP atau DPD kita hanya mengamankan yang di DPC," urainya. "Kita pisahkan antara balon walikota dan wakil walikota. Survey yang menentukan nantinya, yang penting sudah masuk dalam pendaftaran. Syarat pertama untuk mencalonkan diri dari PDI Perjuangan harus mendaftar,"tukas Harly.

    Lebih jauh, dia menegaskan para kandidat harus mengikuti mekanisme yang ada di partai. Yang jelas, pada Pilwako ini, PDI Perjuangan dimungkinkan akan merilis nama kandidat lebih cepat dari biasanya. "Dalam rakerda juga kita minta penetapan calon lebih cepat, agar kita bisa bergerak cepat tak seperti sebelum-sebelumnya," tutup Harly.

PDIP Belitung Buka Peluang untuk Isyak

    Plt Ketua PDI Perjuangan Babel Ir Rudianto Tjen, membuka peluang untuk Isyak Meirobie sebagai Bakal Calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati 2018 mendatang melalui Partai berlogo Banteng ini. Katanya, semua berpeluang untuk dipromosikan menjadi Calon Bupati dan Wakil Bupati Belitung 2018 melalui PDIP. Namun hingga saat ini partai tersebut masih belum bisa menentukan siapa yang akan maju menuju Belitung satu.

    Padahal, sejumlah politisi ternama Belitung sudah menyatakan kesiapannya untuk maju lewat partai binaan Megawati Soekarno Putri itu. Sebut saja kader internalnya sendiri yang paling santer terdengar di masyarakat yakni Taufik Rizani, dan Taufik Mardin. "Saat ini masih kami melakukan penjaringan," ujar Rudianto Tjen. 

    Ia bahkan belum mau berkomentar banyak mengenai adanya rekomendasi dari PDI Perjuangan mengenai calon yang akan diusungnya. Lantas ketika disinggung mengenai peluang Isyak Meirobie, untuk direkomendasikan menjadi balon Bupati dan Wakil Bupati Belitung 2018. Rudi mengakui pemilik Perumahan Meirobiland ini berpeluang dicalonkan. "Semuanya berpeluang,"pungkasnya.

    Sementara itu, Isyak Meirobie hanya bisa tersenyum. Ia pun masih enggan berkomentar. Pria yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Belitung menyebutkan sementara dirinya sudah mendaftar ke empat partai. Saya sudah mendaftarkan diri ke partai saya (Nasdem), Partai Gerindra, Hanura dan PAN," ujar Isyak Meirobie, Kamis (10/8), kemarin. 

    Isyak mengatakan hingga saat ini dia masih menunggu kabar dari sejumlah partai tersebut. Sebab, proses verifikasi dan seleksi masih berjalan. "Kami (Nasdem,red) masih menunggu proses itu, serta hasil survey yang dilakukan partai-partai tersebut," punngkasnya.(and/wah/tya)







Berikan Komentar

Demokrasi Lainnya
PDIP Sudah Tahu Siapa Cawapres Jokowi
PDIP Sudah Tahu Siapa Cawapres Jokowi
Selasa, 10 Juli 2018 11:45 WIB
JAKARTA - Ketua DPP PDI Perjuangan Andreas Hugo Pareira mengaku pihaknya sudah tahu siapa nama bakal calon wakil presiden (cawapres)
Prabowo Diprediksi Tak Nyapres Gara-Gara Bokek
Prabowo Diprediksi Tak Nyapres Gara-Gara Bokek
Jum'at, 06 Juli 2018 14:59 WIB
JAKARTA - Peneliti Senior LIPI Syamsudin Haris meyakini Prabowo Subianto tidak akan maju sebagai calon presiden pada pemilu tahun depan.
KPU-Bawaslu Sepakat, Eks Napi Korupsi Bisa Nyaleg
KPU-Bawaslu Sepakat, Eks Napi Korupsi Bisa Nyaleg
Jum'at, 06 Juli 2018 14:56 WIB
JAKARTA - Para eks narapidana kasus korupsi, narkotika dan kejahatan anak tetap bisa mendaftarkan diri sebagai calon anggota legislatif (caleg)
Kotak Kosong Menang, Kapan Pilkada Kota Makassar Diulang?
Kotak Kosong Menang, Kapan Pilkada Kota Makassar Diulang?
Senin, 02 Juli 2018 12:54 WIB
Berdasar quick count Pilkada Kota Makassar, kotak kosong mengalahkan calon tunggal yakni pasangan calon Munafri Arifuddin - Andi Rachmatika Dewi