Pilpres 2019, Prabowo Bakal Ikuti Langkah Megawati?


Pilpres 2019, Prabowo Bakal Ikuti Langkah Megawati?

JAKARTA - Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto harus memikirkan strategi, apabila di 2019 nanti Joko Widodo (Jokowi) menggandeng Kapolri Jenderal Tito Karnavian, menjadi pasangan Capres dan Cawapres.

Direktur Eksekutif Indonesia Review (IPR) Ujang Komarudin mengatakan, apabila Jokowi mengandeng Tito maka hasilnya akan mendapatkan dukungan yang cukup signifikan. 

Pasalnya, sudah pasti walaupun polisi tidak boleh memilih, tapi mereka memiliki keluarga yang akan mencoblos pasangan itu.

"Karena posisi Tito yang membawahi Polri se-Indonesia jadi punya basis masa kuat," ujar Ujang saat dikonfirmasi JawaPos.com, Selasa (8/8).

Sementara yang sanggup menandingi elektabilitas Tito hanyalah Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Namun, apabila Gatot berpasangan dengan Prabowo Subianto sudah pasti tidak akan cocok. Karena dua tokoh itu latar belakangnya adalah seorang TNI.

Sehingga ungkap pengamat politik dari Universitas Al Azar Indonesia (UAI) ini, Prabowo kemungkinan akan mengikuti jejak Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri.

Di mana pada saat Pilpres 2014 lalu Mega akhirnya ikhlas mundur jadi Capres dan memberikan tempat kepada Jokowi, lantaran elektabilitasnya kalah tinggi.

"Bisa jadi nanti Prabowo jadi king maker, orang yang dibelakang layar seperti Megawati dulu," katanya.

Ujang juga mengungkapkan, apabila Prabowo memaksakan maju, besar kemungkinan dia akan kalah lagi dari Jokowi seperti pada Pilpres 2014 silam. 

"Karena dukungan politik ini tidak harus berkuasa, tapi asalkan yang didukung ini bisa berkuasa, maka sudah jadi kemenangan," pungkasnya.(cr2/JPC)







Berikan Komentar

Demokrasi Lainnya
Jangan Curi Start Kampanye
Jangan Curi Start Kampanye
Senin, 12 Februari 2018 14:17 WIB
JAKARTA - Partai politik dan pasangan calon kepala daerah diminta tidak mencuri start kampanye Pilkada 2018, sebelum dimulai 15 Februari
Hanura Babel Lolos Verifikasi KPU
Hanura Babel Lolos Verifikasi KPU
Rabu, 31 Januari 2018 12:38 WIB
PANGKALPINANG - Partai politik Hanura tercepat dalam proses verifikasi faktual yang dilakukan KPU Provinsi Babel. Walaupun verifikasi yang dilakukan di
Semoga Pak Jokowi Bijak Menilai Jika Mbak Puan Aktif di PDIP
Semoga Pak Jokowi Bijak Menilai Jika Mbak Puan Aktif di PDIP
Selasa, 30 Januari 2018 01:39 WIB
JAKARTA - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan menjalani verifikasi faktual sebagai calon kontestan Pemilu 2019, Senin (29/1). Hasilnya, Komisi
Konflik Hanura Melebar ke Masalah Uang
Konflik Hanura Melebar ke Masalah Uang
Senin, 22 Januari 2018 07:39 WIB
JAKARTA-Bukannya mereda, konflik internal Partai Hanura malah makin meruncing, merembet ke ranah hukum.