17 Pemilih "Terancam" Kehilangan Hak Pilih


17 Pemilih "Terancam" Kehilangan Hak Pilih

    PANGKALPINANG - Dari masukan Panwaslu Kabupaten Bangka, didapati ada sekitar 112 pemilih warga desa Kace Timur, Kabupaten Bangka ber-KTP Pangkalpinang. Kesemuanya belum terdaftar dalam DPT baik Kabupaten Bangka maupun Kota Pangkalpinang. Sebagaimana dijelaskan oleh Komisioner KPU, Lailan Kholidah, saat dihubungi akhir pekan lalu.

    Kemudian, data ini dilakukan jelajah pengawasan oleh Bawaslu Provinsi, didapati juga ada 105 pemilih di Kota Pangkalpinang yang posisinya seperti hal tersebut.

    "Maka KPU Provinsi memanggil KPU Bangka dan KPU Kota Pangkalpinang, melakukan verifikasi faktual ke desa bersangkutan. Dari 112 disampaikan Kabupaten Bangka ditemukan 7 pemilih masuk DPT Bangka, kemudian dilaksanakan 105 pemilih verifikasi faktual atas instruksi Provinsi dilakukan oleh PPS Kace Timur,"urai Lailan. 

    Setalah didatangi secara langsung, ditemukan beberapa yang sudah pindah juga ada yang tidak dapat ditemui. Dari hasil itu, kemudian didapati 15 orang pemilih memiliki E-KTP Kota Pangkalpinang dan 2 orang pemilih KTP manual Kota Pangkalpinang. 
    "Mereka tidak terdata di DPT karena pemilih ini sudah diserahkan dari Kota Pangkalpinang ke Kabupaten Bangka. Tapi, oleh Kota Pangkalpinang tidak disertai dokumen E-KTP, dan KTP manual mereka,"jelasnya lagi.

    Keadaan itu diperparah dengan perubahan struktur di Provinsi masalah kependudukan yang dulunya di Biro Pemerintahan sekarang masuk ke Pemberdayaan Perempuan dan Kependudukan. Meski sudah disampaikan KPU Provinsi data dari 17 orang ini, akan tetapi karena perubahan struktur pihaknya masih menunggu. 

    "Kalau memang yang berwenang mengeluarkan dokumen itu adalah Disdukcapil Kabupaten, atasan mereka di Pemberdayaan Perempuan dan Kependudukan ini harus melakukan upaya apa yang akan dilakukan. KPU Provinsi tidak bisa memastikan mengeluarkan atau tidak, untuk saat ini kami masih menunggu,"tukasnya.

    "Yang jelas, kami dalam rangka mengantisipasi supaya pemilih itu tidak kehilangan hak pili. Karena masalah administrasi di tingkat yang punya kewenangan mengeluarkan dokumen yang berlaku. Kami akan upayakan pemilih ini tidak kehilangan hak pilih,"tandasnya.(wah)







Berikan Komentar

Demokrasi Lainnya
KPU Cetak 941.337 Surat Suara
KPU Cetak 941.337 Surat Suara
Selasa, 17 Januari 2017 12:31 WIB
PANGKALPINANG - Sudah dapat dipastikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Babel mencetak total surat suara pada Pilkada
Debat Harus Jadi Tempat Uji Ketajaman Visi Misi
Debat Harus Jadi Tempat Uji Ketajaman Visi Misi
Jum'at, 13 Januari 2017 11:20 WIB
JAKARTA - Jika tak ada aral melintang, debat terbuka akan digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta, hari ini (13/1).
Bang Sandi Bakal Bentuk Pasukan Biru
Bang Sandi Bakal Bentuk Pasukan Biru
Kamis, 12 Januari 2017 12:20 WIB
Calon wakil gubernur (cawagub) DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, usaha kecil tetap akan dapat menerima karyawan dari luar.
Panas! Anak Buah Prabowo Tuding Bu Mega Menghasut Umat
Panas! Anak Buah Prabowo Tuding Bu Mega Menghasut Umat
Kamis, 12 Januari 2017 12:18 WIB
Politikus Gerindra Muhammad Syafi`i menuding Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri telah menistakan agama Islam.