Ritual Buang Jung, Mahasiswa KKN UBB Menari Bersama Warga


Ritual Buang Jung, Mahasiswa KKN UBB Menari Bersama Warga

LEPARPONGOK - Ritual adat Buang Jung akan kembali digelar di Desa Kumbung, Kecamatan Lepar Pongok, Kabupaten Bangka Selatan (Basel). Saat ini, berbagai persiapan pun sudah dilakukan untuk menyukseskan ritual yang menjadi wujud rasa syukur masyarakat setempat atas hasil laut yang mereka dapati selama ini. 

Bahkan, beberapa ritual pun sudah dilakukan, salah satunya adalah ritual saat memilih kayu yang akan dibuat Jung, perahu yang kelak akan dihanyutkan. Sejumlah tari-tarian untuk menyambut ritual pun mulai diperagakan.

"Ritual adat Buang Jung tahun ini, merupakan Buang Jung yang pertama kali diselenggarakan sejak sempat terhenti selama hampir 7 tahun silam. Puncak acara saat Jung dihanyutkan ke tengah laut secara perlahan, diselenggarakan pada tanggal 31 Juli 2017 nanti," ungkap David salah seorang warga di sela-sela acara tari-tarian, Kamis (27/7) kemarin.

Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, mahasiswa Universitas Bangka Belitung (UBB) yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Tanjungsangkar dan Desa Kumbung pun ikut berbaur bersama warga, bahkan mereka pun ikut asyik menari.

"Selain mendukung suksesnya ritual ini, ini merupakan salah bentuk sosialisasi kami kepada masyarakat di sini," ungkap Tri Wahyudi, mahasiswa jurusan Ilmu Hukum yang tampak semangat mengikuti kegiatan itu.

Sebelum ritual puncak, tradisi yang sudah dilakukan oleh Suku Sawang, yakni suku yang pertama kami tinggal di Desa Kumbung itu, ada beberapa ritual yang harus dilakukan terlebih dahulu, salah satu adalah memperagakan tari Dalung. 

Tari Dalung dilakukan dengan tujuan untuk menyambut tradisi Buang Jung, diiringi oleh gendang dan gong serta menyanyikan syair dan lagu daerah yang berisi mantra yang dipercaya dapat menimbulkan kesan magis saat ritual berlangsung. 

Prosesi tari Dalung biasanya digelar mulai pukul 20.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB di halaman rumah warga Desa Kumbung beberapa malam menjelang puncah ritual Buang Jung, dilakukan oleh pemuda-pemudi Suku Sawang. Masyarakat dapat bergabung untuk menari bersama dengan para penari. Peluang itu pun dimanfaatkan mahasiswa KKN UBB untuk ikut melebur bersama warga.

"Ini merupakan salah satu pengalaman berharga bagi saya. Barangkali, tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan seperti ini. Ini sekaligus membantu kami untuk berinteraksi dengan warga," tandas Susanti, mahasiswa Jurusan Ilmu Hukum yang ikut KKN di Desa Kumbung. (rel/rb)







Berikan Komentar

Budaya Lainnya
Suku Loem Meriahkan Pawai Karnaval
Suku Loem Meriahkan Pawai Karnaval
Senin, 21 Agustus 2017 13:25 WIB
PANGKALPINANG - Hari kedua pawai kemerdekaan Republik Indonesia ke 72 di provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) turut dimeriahkan oleh suku
Puncak Karnaval Budaya Labuan Bajo Sukses Curi Jutaan Perhatian Netizen
Puncak Karnaval Budaya Labuan Bajo Sukses Curi Jutaan Perhatian Netizen
Rabu, 02 Agustus 2017 19:40 WIB
MANGGARAI BARAT - Puncak Karnaval Budaya 2017 yang digelar di Labuan Bajo, Sabtu (29/7) berlangsung heboh
Ayo, Nonton Festival Budaya Toboali City On Fire Season II 2017
Ayo, Nonton Festival Budaya Toboali City On Fire Season II 2017
Jum'at, 28 Juli 2017 16:35 WIB
TOBOALI - Provinsi Bangka Belitung sedang on fire mempromosikan daerahnya sebagai destinasi pariwisata kelas dunia
Duh! Drama Korea Ini Dianggap Menghina Budaya Arab dan Islam
Duh! Drama Korea Ini Dianggap Menghina Budaya Arab dan Islam
Senin, 24 Juli 2017 16:31 WIB
TAYANG perdana pada 20 Juli 2017 lalu, drama Korea produksi MBC bertajuk ‘Man Who Dies To Live’ langsung menuai kecaman