Pemekaran Lepar Pongok. Pulau Celagen Masuk Kecamatan Baru


Pemekaran Lepar Pongok. Pulau Celagen Masuk Kecamatan Baru

TOBOALI - Kepala Bagian Pemerintahan Sekretariat Bangka Selatan (Basel), Marsanti, mengungkapkan proses pemekaran Kecamatan Lepar Pongok (Lepong) menjadi dua kecamatan yaitu Kecamatan Kepulauan Pongok dan Kecamatan Lepong, masih dalam tahap pembahasan Peraturan Daerah (Perda) bersama pihak DPRD Basel.
   
Terkait pembagian batas wilayah, Marsanti menuturkan perairan laut menjadi batas wilayah dua kecamatan tersebut, berdasar kesepakatan bersama antara warga Lepong dan Pongok. Atas kesepakatan tersebut, maka Pulau Celagen masuk ke Kecamatan Kepulauan Pongok. Dengan demikian, jumlah penduduk Kecamatan Kepulauan Pongok kurang lebih 5 ribu jiwa dengan luas wilayah 89,560 km2. Sementara, luas wilayah Kecamatan Lepong adalah 261,873 km2.
   
"Berdasarkan PP 19 Tahun 2008, ada pengecualian Pasal 8 termasuk terhadap kabupaten/kota yakni menyangkut hal administrasi teknis, lantaran wilayah yang akan dimekarkan menjadi kecamatan itu wilayah kepulauan. Yang kita bahas bersama DPRD adalah mengenai Perda pembentukannya untuk menjadi kecamatan," terangnya kepada RB, Jum’at (9/3) kemarin.
  
Terpisah, Asisten Pemerintahan Basel, Suhardi, menuturkan pihaknya bulan ini pemekaran wilayah Kecamatan Lepong dapat terwujud. "Artinya Kabupaten Basel memiliki 8 kecamatan," ujarnya singkat.
   
Sementara, sekretaris FPKS Basel, Samsir, menjelaskan Raperda pembentukan kecamatan Kepulauan Pongok akan dibahas oleh Pansus. Pasalnya, persetujuan Raperda harus dengan pertimbangan untuk meningkatkan pelayan publik di wilayah tersebut, guna meningkatkan akselerasi pembangunan."Berdasarkan amanat PP Nomor 19 Tahun 2008 tentang Kecamatan, Pasal 7 ayat 1 dan 2 tentang Persyaratan Teknis, belum memenuhi persyaratan teknis namun tetap bisa dilakukan berdasarkan Pasal 8 ayat 1. Artinya, pemerintah kabupaten/kota dapat membentuk kecamatan sebagaimana dimaksud Pasal 3 dengan pertimbangan untuk efektifitas pelayanan dan pemberdayaan masyarakat di pulau-pulau terpencil," jelasnya.
   
Untuk itu, Samsir yakin penyampaian Raperda pembentukan Kecamatan Pongok bisa terwujud, karena secara geografis masuk persyaratan yang diamanatkan Pasal 8 ayat 1."Kami sangat berharap pemerintah mempersiapkan persyaratan secara administrasi, sesuai dengan peraturan yang ada. Bila persyaratan administrasi, fisik dan kewilayahan sudah siap, maka kami yakin tidak ada alasan untuk tidak menyetujuinya di tingkat Pansus," tandasnya. (tom)



Berikan Komentar

Toboali Lainnya
PT Timah Buka Akses Jalan, Masyarakat : Pompong is Goodbye
PT Timah Buka Akses Jalan, Masyarakat : Pompong is Goodbye
Jum'at, 19 Oktober 2018 11:21 WIB
BASEL - Begitu bahagianya warga Dusun Pengkalen Batu, Desa Ranggung, Kecamatan Payung, Kabupaten Bangka Selatan. Sebab, kini mereka tak perlu
Siapkan Sekolah Mantap, Disdikbud Basel Gelar Workshop Manajemen Sekolah
Siapkan Sekolah Mantap, Disdikbud Basel Gelar Workshop Manajemen Sekolah
Selasa, 16 Oktober 2018 11:22 WIB
TOBOALI – Bertempat di Marina Hotel, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) menggelar workshop Manajemen Sekolah
Komisi I Minta Pemkab Bangun Gedung Bank Darah
Komisi I Minta Pemkab Bangun Gedung Bank Darah
Senin, 15 Oktober 2018 20:11 WIB
TOBOALI - Komisi I DPRD Bangka Selatan menyarankan Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Basel membangun gedung bank
Dayat Lirik Potensi Usaha Perikanan di Basel
Dayat Lirik Potensi Usaha Perikanan di Basel
Senin, 15 Oktober 2018 19:26 WIB
TOBOALI – Mantan Wakil Gubernur (Wagup) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Hidayat Arsani konsisten untuk mendorong perekonomian masyarakat di Propinsi