Asyik, Ada Internet Gratis di Kominfo Basel


Asyik, Ada Internet Gratis di Kominfo Basel

TOBOALI - Kabar gembira untuk masyarakat Kabupaten Bangka Selatan (Basel) yang doyan mengakses internet. Pasalnya, sejak 20 November 2017 masyarakat dapat mengakses internet gratis di wilayah Dinas Komunfikasi dan Informasi (Diskominfo) Basel.

Kepala Diskominfo Basel Timbul Panjaitan melalui Sekretaris Dikominfo, Medy Aswari mengatakan pemasangan jaringan internet gratis itu masih dalam tahap percobaan.

Untuk distrik-distrik tahun 2018, melalui PPID Kabupaten Basel akan melakukan pemasangan jaringan internet melalui VSAT internet yang dilengkapi dengan IP Phone, sehingga sesama kantor distrik dan SKPD dapat saling kordinasi.

"Kecepatan internet gratis ini termasuk di atas rata-rata yakni 2,8 MBps dengan jangkauan koneksi 100 sampai 150 meter dari titik antena wifi. Jaringan internet tersebut juga dapat diakses masyarakat tanpa menggunakan kode rahasia," ucap Sekretaris Diskominfo, Medy Aswari kepada wartawan, Rabu(29/11).

Menurutnya untuk dapat mempergunakan internet gratis, kedepanya akan memperbesar kapasitas jaringan internet dengan menggunakan repeater Wifi berkualitas tinggi.

Dengan mengunakan repeater wifi, sinyal menjadi stabil. Tidak ada lagi sinyal yang naik turun, ringkas dan mudah dalam penggunaanya.

"Jangkauan wifi jadi bertambah jauh sampai 500 meter. Jadi meskipun internet gratis ini di lingkungan Pemkab tapi dapat diperuntukannya tidak hanya untuk pegawai negeri sipil saja. Makanya kami pasang di luar dan nanti akan ada taman atau cafe corner wifi didepan kantor Dikominfo supaya pelajar atau masyarakat bisa mengakses internet sepuasnya," jelasnya.

Masih menurut Medy yang juga selaku PPID Kabupaten Basel ini, Pemkab Basel berencana akan memperluas jaringan wifi gratis hingga ke seluruh kecamatan dan kantor desa di kabupaten Basel.

"Insya Allah akan berjalan secepatnya, perluas jaringan wifi gratis hingga ke seluruh kecamatan dan kantor desa ini ada kaitanya dengan smart city sehingga mempermudah jaringan komunikasi," pungkas Medy. (bim)





Berikan Komentar

Toboali Lainnya
Masih 500 Hektar Sawah Belum Tanam
Masih 500 Hektar Sawah Belum Tanam
Senin, 11 Desember 2017 14:07 WIB
TOBOALI – Hingga minggu pertama Desember 2017, para petani di Desa Serdang Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan (Basel) belum bisa
Miris, Akhir Tahun Masih Ditemukan Kegiatan Baru Mulai
Miris, Akhir Tahun Masih Ditemukan Kegiatan Baru Mulai
Senin, 11 Desember 2017 14:03 WIB
TOBOALI – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bangka Selatan (Basel), turun ke daerah untuk mengecek kondisi program pembangunan fisik tahun
Kasat Intel dan Kasat Lantas Polres Basel Diganti
Kasat Intel dan Kasat Lantas Polres Basel Diganti
Jum'at, 08 Desember 2017 20:09 WIB
TOBOALI - Jajaran Polres Bangka Selatan menggelar Upacara Serah Terima Jabatan Kasat Intelkam, Kasat Lantas dan Kapolsek Lepar Pongok di
Bumdes Pulau Besar Ciptakan Produk Unggulan
Bumdes Pulau Besar Ciptakan Produk Unggulan
Kamis, 07 Desember 2017 08:58 WIB
PULAUBESAR - Badan Usaha Milik Desa se-Kecamatan Pulau Besar, Kabupaten Bangla Selatan belum lama diajak mengoptimalisasi dalam pengelolaan modal berwirausaha.