Berita Pangkalpinang
Pengelolaan Sampah Babel Masih Buruk
Sabtu, 25 Juni 2011 11:39 WIB | Dibaca 1.021 kali
PANGKALPINANG (radarbangka.co.id) - Penanganan dalam pengelolaan sampah di kabupaten dan kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dinilai masih buruk. Imbasnya, tahun ini, tidak satu pun kabupaten kota yang mendapat Adipura.

"Pemberian nilai terhadap kabupaten dan kota kita yang masuk nominasi, namun tidak lolos itu objektif. Wajar dapat nilai jelek. Pengelolaan sampah di beberapa daerah dalam nominasi Adipura masih di bawah Passing Grade, apalagi yang tidak masuk nominasi," kata Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Babel, Amrullah, Jumat (24/6) kemarin.

Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di Babel, diketahui belum mampu mengelola ribuan ton sampah yang masuk tiap harinya. Mereka masing menggunakan sistem angkut-bawa-buang atau bakar.

"Sampah bukan hanya dibakar. Seharusnya tidak ’Angkut-Bawa-Buang atau Bakar’ lagi, tapi bagaimana me-Recyle. Di Babel ada satu di Suangailiat, tapi belum sesuai dengan pengaturan yang ditetapkan," ujarnya.

Amrullah menjelaskan, pihak di BLHD provinsi hanya mampu membina kabupaten dan kota dalam pengelolaan sampah, sebab wewenang tersebut menjadi milik daerah sesuai dengan PP Nomor 38 Tahun 2007 tentang pembagian urusan pemerintahan antara pemerintah, pemerintah daerah provinsi, dan kabupaten dan kota. (dry) 





comments powered by Disqus
EPaper Facebook twitter RSS
Hyundai Keluarkan Perecok Honda Jazz
Hyundai Keluarkan Perecok Honda Jazz
TANGGERANG - PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) turut hadir di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di ICE, BSD, Tangerang Selatan. PT HMI hadir bukan dengan tangan kosong, ia pun meluncurkan dua unit
Kado Kemerdekaan, Owi/Butet Raih Emas
Kado Kemerdekaan, Owi/Butet Raih Emas
RIO DE JANEIRO - Kontingen Indonesia akhirnya berhasil meraih medali emas pada Olimpiade ke-31 di Rio de Janeiro, Brazil, setelah dalam cabang bulu tangkis nomor ganda campuran pasangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir menaklukkan Chan Peng Soon/Goh Liu Ying dari Malaysia 21-14, 21-12 pada pertandingan final, Rabu (18/8).
Menristekdikti Tegaskan Dua Hal Ini, Ingat! Jangan Ada Perpelocoan
Menristekdikti Tegaskan Dua Hal Ini, Ingat! Jangan Ada Perpelocoan
MAJENE - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohammad Nasir kembali menegaskan larangan perpeloncoan senior ke mahasiswa baru dan pungutan diluar Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dilakukan pihak kampus.
Mitra Radar