Pengelolaan Sampah Babel Masih Buruk


Pengelolaan Sampah Babel Masih Buruk

PANGKALPINANG (radarbangka.co.id) - Penanganan dalam pengelolaan sampah di kabupaten dan kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dinilai masih buruk. Imbasnya, tahun ini, tidak satu pun kabupaten kota yang mendapat Adipura.

"Pemberian nilai terhadap kabupaten dan kota kita yang masuk nominasi, namun tidak lolos itu objektif. Wajar dapat nilai jelek. Pengelolaan sampah di beberapa daerah dalam nominasi Adipura masih di bawah Passing Grade, apalagi yang tidak masuk nominasi," kata Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Babel, Amrullah, Jumat (24/6) kemarin.

Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di Babel, diketahui belum mampu mengelola ribuan ton sampah yang masuk tiap harinya. Mereka masing menggunakan sistem angkut-bawa-buang atau bakar.

"Sampah bukan hanya dibakar. Seharusnya tidak ’Angkut-Bawa-Buang atau Bakar’ lagi, tapi bagaimana me-Recyle. Di Babel ada satu di Suangailiat, tapi belum sesuai dengan pengaturan yang ditetapkan," ujarnya.

Amrullah menjelaskan, pihak di BLHD provinsi hanya mampu membina kabupaten dan kota dalam pengelolaan sampah, sebab wewenang tersebut menjadi milik daerah sesuai dengan PP Nomor 38 Tahun 2007 tentang pembagian urusan pemerintahan antara pemerintah, pemerintah daerah provinsi, dan kabupaten dan kota. (dry) 



Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
UT Buka Diri Kerjasama dengan Perguruan Tinggi Lain
UT Buka Diri Kerjasama dengan Perguruan Tinggi Lain
Senin, 26 September 2016 19:03 WIB
PANGKALPINANG - Universitas Terbuka (UT) Babel membuka diri untuk menjalin kerjasama dengan Universitas Bangka Belitung (UBB) ataupun Perguruan Tinggi lainnya
Daratan Babel Hujan Disertai Petir
Daratan Babel Hujan Disertai Petir
Senin, 26 September 2016 19:00 WIB
PANGKALPINANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang memprakirakan sebagian besar daratan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel)
Pemkot Tingkatkan Iklim Investasi Berbagai Sektor
Pemkot Tingkatkan Iklim Investasi Berbagai Sektor
Senin, 26 September 2016 18:58 WIB
PANGKALPINANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang, terus meningkatkan iklim investasi pada berbagai sektor untuk meningkatkan nilai investasi serta mendorong penyerapan
HUT Pangkalpinang Diganjar Sertifikat ISO
HUT Pangkalpinang Diganjar Sertifikat ISO
Senin, 26 September 2016 18:56 WIB
PANGKALPINANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang melalui Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) kembali meraih sertifikat