Pengelolaan Sampah Babel Masih Buruk


Pengelolaan Sampah Babel Masih Buruk

PANGKALPINANG (radarbangka.co.id) - Penanganan dalam pengelolaan sampah di kabupaten dan kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dinilai masih buruk. Imbasnya, tahun ini, tidak satu pun kabupaten kota yang mendapat Adipura.

"Pemberian nilai terhadap kabupaten dan kota kita yang masuk nominasi, namun tidak lolos itu objektif. Wajar dapat nilai jelek. Pengelolaan sampah di beberapa daerah dalam nominasi Adipura masih di bawah Passing Grade, apalagi yang tidak masuk nominasi," kata Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Babel, Amrullah, Jumat (24/6) kemarin.

Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di Babel, diketahui belum mampu mengelola ribuan ton sampah yang masuk tiap harinya. Mereka masing menggunakan sistem angkut-bawa-buang atau bakar.

"Sampah bukan hanya dibakar. Seharusnya tidak ’Angkut-Bawa-Buang atau Bakar’ lagi, tapi bagaimana me-Recyle. Di Babel ada satu di Suangailiat, tapi belum sesuai dengan pengaturan yang ditetapkan," ujarnya.

Amrullah menjelaskan, pihak di BLHD provinsi hanya mampu membina kabupaten dan kota dalam pengelolaan sampah, sebab wewenang tersebut menjadi milik daerah sesuai dengan PP Nomor 38 Tahun 2007 tentang pembagian urusan pemerintahan antara pemerintah, pemerintah daerah provinsi, dan kabupaten dan kota. (dry) 



Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Waspada! Beredar SK Palsu Pengangkatan CPNS
Waspada! Beredar SK Palsu Pengangkatan CPNS
Senin, 27 Maret 2017 11:37 WIB
JAKARTA - Momentum pengangkatan CPNS dari bidan PTT, dokter PTT, guru garis depan (GGD), dan penyuluh pertanian dimanfaatkan para calo.
Wakil Walikota Pasrah
Wakil Walikota Pasrah
Senin, 27 Maret 2017 11:16 WIB
PANGKALPINANG - Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) untuk merelokasi pasar Kerabut, Kelurahan Jerambah Gantung
Hari Ini Dewan Rombak AKD
Hari Ini Dewan Rombak AKD
Senin, 27 Maret 2017 11:14 WIB
PANGKALPINANG - Struktur Alat Kelengkapan Dewan (AKD) di DPRD Bangka Belitung akan ada pergeseran.
DPRD Babel Umumkan Gub dan Wagub Terpilih
DPRD Babel Umumkan Gub dan Wagub Terpilih
Senin, 27 Maret 2017 11:13 WIB
PANGKALPINANG - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangka Belitung (Babel),