Pengelolaan Sampah Babel Masih Buruk


Pengelolaan Sampah Babel Masih Buruk

PANGKALPINANG (radarbangka.co.id) - Penanganan dalam pengelolaan sampah di kabupaten dan kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dinilai masih buruk. Imbasnya, tahun ini, tidak satu pun kabupaten kota yang mendapat Adipura.

"Pemberian nilai terhadap kabupaten dan kota kita yang masuk nominasi, namun tidak lolos itu objektif. Wajar dapat nilai jelek. Pengelolaan sampah di beberapa daerah dalam nominasi Adipura masih di bawah Passing Grade, apalagi yang tidak masuk nominasi," kata Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Babel, Amrullah, Jumat (24/6) kemarin.

Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di Babel, diketahui belum mampu mengelola ribuan ton sampah yang masuk tiap harinya. Mereka masing menggunakan sistem angkut-bawa-buang atau bakar.

"Sampah bukan hanya dibakar. Seharusnya tidak ’Angkut-Bawa-Buang atau Bakar’ lagi, tapi bagaimana me-Recyle. Di Babel ada satu di Suangailiat, tapi belum sesuai dengan pengaturan yang ditetapkan," ujarnya.

Amrullah menjelaskan, pihak di BLHD provinsi hanya mampu membina kabupaten dan kota dalam pengelolaan sampah, sebab wewenang tersebut menjadi milik daerah sesuai dengan PP Nomor 38 Tahun 2007 tentang pembagian urusan pemerintahan antara pemerintah, pemerintah daerah provinsi, dan kabupaten dan kota. (dry) 



Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
381 TKA Perpanjang Izin
381 TKA Perpanjang Izin
Senin, 23 Januari 2017 10:36 WIB
PANGKALPINANG - Hingga saat ini terdapat sekitar ratusan Tenaga Kerja Asing (TKA) yang terdata di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi
Ormas Tuntut Masmuni Cabut Pernyataannya
Ormas Tuntut Masmuni Cabut Pernyataannya
Senin, 23 Januari 2017 10:34 WIB
PANGKALPINANG - Menanggapi pernyataan Ketua PW GP Ansor Bangka Belitung, Masmuni ratusan masyarakat tergabung dalam OKP dan Ormas Islam di
Disdik Terapkan UNBK Diseluruh SMP, Beserta 8 PKBM dan 1 SKB
Disdik Terapkan UNBK Diseluruh SMP, Beserta 8 PKBM dan 1 SKB
Senin, 23 Januari 2017 10:32 WIB
PANGKALPINANG - Untuk terus meningkatkan nilai integritas, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Pangkalpinang akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer
Segera Cari Solusi Jangka Panjang Atasi Banjir
Segera Cari Solusi Jangka Panjang Atasi Banjir
Senin, 23 Januari 2017 10:31 WIB
PANGKALPINANG - Peristiwa banjir yang kembali melanda di sejumlah titik di Kota Pangkalpinang ternyata mendapat perhatian DPRD Kota Pangkalpinang.