Berita Pangkalpinang
Pengelolaan Sampah Babel Masih Buruk
Sabtu, 25 Juni 2011 11:39 WIB | Dibaca 408 kali
PANGKALPINANG (radarbangka.co.id) - Penanganan dalam pengelolaan sampah di kabupaten dan kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dinilai masih buruk. Imbasnya, tahun ini, tidak satu pun kabupaten kota yang mendapat Adipura.

"Pemberian nilai terhadap kabupaten dan kota kita yang masuk nominasi, namun tidak lolos itu objektif. Wajar dapat nilai jelek. Pengelolaan sampah di beberapa daerah dalam nominasi Adipura masih di bawah Passing Grade, apalagi yang tidak masuk nominasi," kata Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Babel, Amrullah, Jumat (24/6) kemarin.

Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di Babel, diketahui belum mampu mengelola ribuan ton sampah yang masuk tiap harinya. Mereka masing menggunakan sistem angkut-bawa-buang atau bakar.

"Sampah bukan hanya dibakar. Seharusnya tidak ’Angkut-Bawa-Buang atau Bakar’ lagi, tapi bagaimana me-Recyle. Di Babel ada satu di Suangailiat, tapi belum sesuai dengan pengaturan yang ditetapkan," ujarnya.

Amrullah menjelaskan, pihak di BLHD provinsi hanya mampu membina kabupaten dan kota dalam pengelolaan sampah, sebab wewenang tersebut menjadi milik daerah sesuai dengan PP Nomor 38 Tahun 2007 tentang pembagian urusan pemerintahan antara pemerintah, pemerintah daerah provinsi, dan kabupaten dan kota. (dry) 




comments powered by Disqus
EPaper Facebook twitter RSS
PT Dina Tawarkan Paket Umroh Murah
PT Dina Tawarkan Paket Umroh Murah
PANGKALPINANG-PT. Dina Setya Rahma Tour dan Travel, Biro Perjalanan Umroh & Haji yang berada di Jalan Kutilang 1 nomor 21 Bukit Baru Pangkalpinang kini menghadirkan spesial price untuk paket umroh dalam rangka memeriahkan milad perusahaan tersebut pada tahun ini.
Zulfiandi Bisa Dimainkan Lawan Barcelona B
Zulfiandi Bisa Dimainkan Lawan Barcelona B
VALENCIA - Ada kabar baik dari skuat Timnas Indonesia U-19. Salah satu gelandangnya, Zulfiandi, bisa dimainkan saat Timnas U-19 berujicoba melawan Barcelona B, Selasa (23/9) besok.
Madrasah Kini Jadi Trendsetter
Madrasah Kini Jadi Trendsetter
WONOSOBO-Menteri Agama (Menag), Lukman Hakim Saifuddin menyatakan pesantren dan madrasah kini mampu tampil percaya diri dalam melakukan perubahan-perubahan, bahkan menjadi "trendsetter" bukan "follower".
Mitra Radar