DPRD Babel Usut Manajemen Giant Bangka ke Kemenaker


DPRD Babel Usut Manajemen Giant Bangka ke Kemenaker

PANGKALPINANG - DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengusut manajemen supermarket Giant Bangka tengah ke Kementerian Tenaga Kerja RI, karena telah melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 28 karyawan, tanpa alasan yang tepat.

"Kita bawa permasalahan ini ke pusat, agar pusat bisa menjembatani kita untuk mengatasi permasalahan ini," kata Ketua DPRD Babel, Didit Srigusjaya saat beraudiensi dengan para karyawan yang di PHK serta instansi terkait, di Pangkalpinang, Rabu (1/8).

Didit mengatakan, sebanyak 28 karyawan-karyawati Giant mendatangi DPRD mengeluhkan sikap manajemen Giant yang sudah melakukan PHK tanpa alasan yang tepat.

Sejak tiga tahun berdirinya Giant di Bangka tengah, semua karyawan tersebut adalah karyawan pertama yang bekerja hingga tiga tahun per 01 Juli 2018. Namun saat waktunya mereka diangkat sebagai karyawan tetap, manajemen Giant melakukan PHK langsung tanpa alasan yang tepat.

"Jika bicara dari aturan, manajemen Giant ini sudah salah karena mereka melakukan pemecatan terhadap 28 karyawan ini untuk merekrut 28 karyawan baru, tidak ada alasan lainnya seperti keuntungan yang mungkin menurun atau alasan lain," ujarnya.

Wakil Ketua Komisi I, Tanwin menambahkan, permasalahan ini akan dibawa langsung oleh DPRD Babel ke Kementrian Tenaga Kerja RI, karena keputusan PHK sepihak yang dilakukan oleh Manajemen Giant sangat menyalahi aturan.

"Ini jelas melanggar UU karena seharusnya 28 karyawan ini bukan di PHK, tapi diangkat menjadi karyawan tetap. Dan pesangon yang hanya dibayar Rp 500 ribu per orang itu tidak manusiawi. Karena itu kita akan laporkan ini ke Pak menteri langsung," ujarnya. (ant/rb)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Oknum Penambang Ilegal Kawasan Parit Enam Kebal Hukum?
Oknum Penambang Ilegal Kawasan Parit Enam Kebal Hukum?
Selasa, 14 Agustus 2018 18:15 WIB
PANGKALPINANG - Tampaknya para oknum pelaku tambang timah ilegal tidak jera untuk terus melakukan kegiatan tambangnya, terkesan kebal hukum, pasalnya
SPBU A Yani Tutup Saja
SPBU A Yani Tutup Saja
Selasa, 14 Agustus 2018 18:06 WIB
PANGKALPINANG – Tim investigasi Pertamina ternyata sudah turun ke lokasi terbakarnya mobil pengerit stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU)
RS Siloam Membuka Layanan BPJS Kesehatan
RS Siloam Membuka Layanan BPJS Kesehatan
Selasa, 14 Agustus 2018 18:04 WIB
PANGKALPINANG - Rumah Sakit (RS) Siloam Bangka merealiasikan komitmennye untuk melayani masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat di Bangka Belitung (Babel), dengan
​Kebakaran di Jalan Masjid Jami, Satu Korban Alami Luka Bakar
​Kebakaran di Jalan Masjid Jami, Satu Korban Alami Luka Bakar
Selasa, 14 Agustus 2018 12:26 WIB
PANGKALPINANG - Kebakaran terjadi di RT 01. RW 01, Kelurahan Masjid Jami, Kecamatan Rangkui, Pangkalpinang mengakibatkan satu rumah milik Merry