Berita Pangkalpinang
Babel Bebas Dari Daerah Tertinggal
Kamis, 19 Januari 2012 08:37 WIB | Dibaca 606 kali
PANGKALPINANG - Jika tahun 2011 lalu Pulau Batu, Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), masuk kategori Komunitas Adat Terpencil atau KAT, kini tahun 2012 daerah tersebut bebas dari sebutan daerah tertinggal tersebut. Menurut Kepala Dinas Kesejahteraan Sosial (Dinkessos) Babel, Sahirman Jumli kepada wartawan kemarin (18/1), lepasnya Pulau Batu dari kategori KAT setelah Kementerian Sosial (Kemensos) RI memberikan bantuan jaminan hidup kepada 75 Kepala Keluarga di sana. Salah satunya dengan membangun perumahan layak huni. "Berdasarkan survei Kemensos RI, Pulau Batu lepas dari kategori KAT menyusul dibangunnya perumahan layak huni bagi masyarakat di sana melalui APBN,” ungkapnya.
   
Selanjutnya, Dinkessos Babel akan melanjutkan program pembinaan untuk Pulau Batu. Program yang disiapkan kata dia berupa program pelatihan tenaga kerja. Pembangunan struktur dan infrastruktur di daerah tersebut akan mulai dilakukan. “Kita akan memperbanyak dan memperbaiki akses dan fasilitas umum di sana. Seperti jalan dan sekolah,” tambahnya.  Tahun 2011 lalu, Babel mendapat pos dana dari Dekonsentrasi sebesar Rp2 miliar untuk pengembangan daerah KAT. Namun tahun ini Babel tak lagi mendapat bantuan serupa. “Kita kan sudah dinyatakan bebas oleh pusat,” ujarnya.  Menurut catatan Dinkessos Babel, tahun 2009 terdapat satu daerah di Kabupaten Bangka Tengah yang dinyatakan sebagai daerah KAT. Sedangkan tahun 2010, giliran Kabupaten Bangka Selatan yang satu daerahnya dinyatakan sebagai daerah tertinggal berdasarkan survei Kemensos RI. (dry)





comments powered by Disqus
EPaper Facebook twitter RSS
Hyundai Keluarkan Perecok Honda Jazz
Hyundai Keluarkan Perecok Honda Jazz
TANGGERANG - PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) turut hadir di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di ICE, BSD, Tangerang Selatan. PT HMI hadir bukan dengan tangan kosong, ia pun meluncurkan dua unit
2 Pemain PS Bangka Masuk Skuad Timnas U-19
2 Pemain PS Bangka Masuk Skuad Timnas U-19
PANGKALPINANG - Dua pemain PS Bangka dipastikan masuk dalam skuad Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19. Keduanya yakni Habibi (bek) dan Sandi Pratama (gelandang). Asisten Manager PS Bangka dr Yogi Yamani, SpB dikonfirmasi tadi malam (23/8) mengaku bersyukur jika ada pemain PS Bangka yang terpilih skuad Timnas U-19.
Menristekdikti Tegaskan Dua Hal Ini, Ingat! Jangan Ada Perpelocoan
Menristekdikti Tegaskan Dua Hal Ini, Ingat! Jangan Ada Perpelocoan
MAJENE - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohammad Nasir kembali menegaskan larangan perpeloncoan senior ke mahasiswa baru dan pungutan diluar Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dilakukan pihak kampus.
Mitra Radar