Berita Pangkalpinang
Babel Bebas Dari Daerah Tertinggal
Kamis, 19 Januari 2012 08:37 WIB | Dibaca 335 kali
PANGKALPINANG - Jika tahun 2011 lalu Pulau Batu, Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), masuk kategori Komunitas Adat Terpencil atau KAT, kini tahun 2012 daerah tersebut bebas dari sebutan daerah tertinggal tersebut. Menurut Kepala Dinas Kesejahteraan Sosial (Dinkessos) Babel, Sahirman Jumli kepada wartawan kemarin (18/1), lepasnya Pulau Batu dari kategori KAT setelah Kementerian Sosial (Kemensos) RI memberikan bantuan jaminan hidup kepada 75 Kepala Keluarga di sana. Salah satunya dengan membangun perumahan layak huni. "Berdasarkan survei Kemensos RI, Pulau Batu lepas dari kategori KAT menyusul dibangunnya perumahan layak huni bagi masyarakat di sana melalui APBN,” ungkapnya.
   
Selanjutnya, Dinkessos Babel akan melanjutkan program pembinaan untuk Pulau Batu. Program yang disiapkan kata dia berupa program pelatihan tenaga kerja. Pembangunan struktur dan infrastruktur di daerah tersebut akan mulai dilakukan. “Kita akan memperbanyak dan memperbaiki akses dan fasilitas umum di sana. Seperti jalan dan sekolah,” tambahnya.  Tahun 2011 lalu, Babel mendapat pos dana dari Dekonsentrasi sebesar Rp2 miliar untuk pengembangan daerah KAT. Namun tahun ini Babel tak lagi mendapat bantuan serupa. “Kita kan sudah dinyatakan bebas oleh pusat,” ujarnya.  Menurut catatan Dinkessos Babel, tahun 2009 terdapat satu daerah di Kabupaten Bangka Tengah yang dinyatakan sebagai daerah KAT. Sedangkan tahun 2010, giliran Kabupaten Bangka Selatan yang satu daerahnya dinyatakan sebagai daerah tertinggal berdasarkan survei Kemensos RI. (dry)




comments powered by Disqus
EPaper Facebook twitter RSS
Bensin Premium Akan Tetap Tersedia
Bensin Premium Akan Tetap Tersedia
JAKARTA - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Premium RON 88 tetap akan tersedia.
Guardiola Pilih Setia Bersama Die Roten
Guardiola Pilih Setia Bersama Die Roten
MUENCHEN - Petinggi Bayern Muenchen tidak perlu sibuk-sibuk mencari sosok tepat untuk menggantikan Josep "Pep" Guardiola. Sebab, si pelatih tidak akan terbang ke tanah Inggris untuk bergabung dengan salah satu klub Premier League Manchester City sebagai pengganti Manuel Pellegrini.
Lebih Baik Diperbaiki Ketimbang Moratorium
Lebih Baik Diperbaiki Ketimbang Moratorium
JAKARTA- Wacana moratorium ujian nasional (UN) yang merupakan imbas dari bocornya naskah soal langsung direspon Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan. Dia mengaku tidak setuju jika UN dimoratorium.
Mitra Radar