Berita Pangkalpinang
Babel Bebas Dari Daerah Tertinggal
Kamis, 19 Januari 2012 08:37 WIB | Dibaca 97 kali
PANGKALPINANG - Jika tahun 2011 lalu Pulau Batu, Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), masuk kategori Komunitas Adat Terpencil atau KAT, kini tahun 2012 daerah tersebut bebas dari sebutan daerah tertinggal tersebut. Menurut Kepala Dinas Kesejahteraan Sosial (Dinkessos) Babel, Sahirman Jumli kepada wartawan kemarin (18/1), lepasnya Pulau Batu dari kategori KAT setelah Kementerian Sosial (Kemensos) RI memberikan bantuan jaminan hidup kepada 75 Kepala Keluarga di sana. Salah satunya dengan membangun perumahan layak huni. "Berdasarkan survei Kemensos RI, Pulau Batu lepas dari kategori KAT menyusul dibangunnya perumahan layak huni bagi masyarakat di sana melalui APBN,” ungkapnya.
   
Selanjutnya, Dinkessos Babel akan melanjutkan program pembinaan untuk Pulau Batu. Program yang disiapkan kata dia berupa program pelatihan tenaga kerja. Pembangunan struktur dan infrastruktur di daerah tersebut akan mulai dilakukan. “Kita akan memperbanyak dan memperbaiki akses dan fasilitas umum di sana. Seperti jalan dan sekolah,” tambahnya.  Tahun 2011 lalu, Babel mendapat pos dana dari Dekonsentrasi sebesar Rp2 miliar untuk pengembangan daerah KAT. Namun tahun ini Babel tak lagi mendapat bantuan serupa. “Kita kan sudah dinyatakan bebas oleh pusat,” ujarnya.  Menurut catatan Dinkessos Babel, tahun 2009 terdapat satu daerah di Kabupaten Bangka Tengah yang dinyatakan sebagai daerah KAT. Sedangkan tahun 2010, giliran Kabupaten Bangka Selatan yang satu daerahnya dinyatakan sebagai daerah tertinggal berdasarkan survei Kemensos RI. (dry)




comments powered by Disqus
EPaper Facebook twitter RSS
Wedding Package Bumi Asih Hanya Rp 30 juta
Wedding Package Bumi Asih Hanya Rp 30 juta
PANGKALPINANG - Ingin membuat hari pernikahan Anda berkesan istimewa? Paket pernikahan Hotel Bumi Asih Pangkalpinang dapat menjadi pilihan tepat Anda dalam merencanakan pernikahan.
Bagi Minute Play saat Lawan Elche
Bagi Minute Play saat Lawan Elche
VALENCIA - Bukan kalah atau menang yang menjadi target timnas senior Indonesia selama menjalani rangkaian tur Spanyol. Alfred Riedl selaku pelatih timnas senior hanya ingin melakukan evaluasi dalam laga uji coba di Negeri Matador tersebut.
Kembali Bersekolah
Kembali Bersekolah
Kembali Bersekolah - Siti Aisyah Pulungan (8) mencium ayahnya Muhammad Nawawi Pulungan (54) yang dirawat di RS Pirngadi pada hari pertama ia kembali bersekolah di Medan, Sumut, Jumat (21/3). Sejak setahun terakhir Aisyah tidak ke sekolah karena merawat ayahnya yang sakit di atas becak. (ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi)
Mitra Radar