Gubernur Gandeng STTD, Atasi Minimnya SDM Berkompetensi di Bidang Transportasi


Gubernur Gandeng STTD, Atasi  Minimnya SDM Berkompetensi di Bidang Transportasi

PANGKALPINANG - Hingga saat ini Provinsi Kepulauan Bangka Belitung masih kekurangan SDM berkompetensi di bidang transportasi. Padahal sektor ini sangat penting untuk menunjang percepatan pembangunan. Menjalin kerja sama dengan Sekolah Tinggi Transportasi Darat solusi awal mengatasi persoalan tersebut.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman mengatakan, telah ada pola kerja sama dengan Sekolah Tinggi Transportasi Darat untuk mengatasi persoalan kekurangan SDM di bidang ini. Diharapkan melalui pola ini, kebutuhan SDM dapat terpenuhi. Kerja sama tersebut mendapatkan tanggapan positif dari KemenPAN-RB.

"Sudah ada persetujuan pola pembibitan SDM putra putri daerah dalam sistem penerimaan taruna/taruni sekolah tinggi transportasi darat," kata Gubernur Erzaldi saat pemaparan di Westine Resort, Nusa Dua, Bali, Selasa (13/3/2018).

Perekrutan pola pembibitan ikatan dinas STTD perlu lebih mempertimbangkan kesinambungan pengabdian di daerah. Menurut Gubernur Erzaldi, perekrutan harus mengutamakan putra/putri terbaik daerah. Selan itu, perlu pendirian sekolah vokasi yang disesuaikan dengan karakteristik kebutuhan praktek lapangan.

Materi sekolah vokasi semestinya didominasi dengan praktek-praktek lapangan. Gubernur Erzaldi mencontohkan, seperti Sekolah Tinggi ASDP seyogyanya didirikan dan dibentuk di daerah-daerah berkarakter kepulauan. Sehingga  pendidikannya bisa menjadi lebih efektif, dan Babel menawarkan diri agar Sekolah Tinggi ASDP Kemenhub didirikan di Babel.

Mengenai perekrutan tenaga terampil siap pakai di daerah, kata Gubernur Erzaldi, proses seleksinya tidak harus di pusat. Sebaiknya seleksi dilakukan di daerah, sehingga peluang penyerapan tenaga kerja setempat dapat lebih besar dalam kompetisi dan seleksi. Seperti rekrutmen tenaga Avsec, groundhandling dan bidang kerja lainnya.

"Sangat penting ketersediaan tenaga ahli yang sesuai kompetensi untuk menangani sesuatu, agar tidak terjadi masalah di kemudian hari. Jikapun ada masalah, dapat segera tertangani dan teratasi," saran Gubernur Erzaldi.

Acara Rakor Si Pencatar Pola Pembibitan Sekolah Tinggi Transportasi Darat Tahun 2018 yang berlangsung di Bali ini dihadiri oleh para Bupati dan Walikota dan beberapa Gubernur di Indonesia. (**)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Akbar-Winny Akhirnya Menyerah Di Babak Pertama
Akbar-Winny Akhirnya Menyerah Di Babak Pertama
Rabu, 19 September 2018 16:47 WIB
PANGKALPINANG - Pasangan ganda campuran unggulan pertama, Akbar Bintang Cahyono dan Winny Oktavina Kandow terpaksa harus mengakhiri perjalanannya di Bangka
Yanto Lie Ajak Masyarakat Babel Jangan Terprovokasi
Yanto Lie Ajak Masyarakat Babel Jangan Terprovokasi
Senin, 17 September 2018 14:55 WIB
PANGKALPINANG-Ketua DPW Garda Pemuda Nasdem Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Yanto Lie mengajak masyarakat Babel untuk tidak mudah terprovokasi dan
HUT Kota Pangkalpinang Ke-261, Dandim 0413 : Semoga Lebih Maju
HUT Kota Pangkalpinang Ke-261, Dandim 0413 : Semoga Lebih Maju
Senin, 17 September 2018 13:55 WIB
PANGKALPINANG- Momentum hari jadi kota Pangkalpinang ke-261, banyak tersirat harapan dari setiap warga dan pemangku jabatan penting yang ada di
Polres Pangkalpinang Gelar Pelatihan Pengamanan Pemilu 2019
Polres Pangkalpinang Gelar Pelatihan Pengamanan Pemilu 2019
Senin, 17 September 2018 13:53 WIB
PANGKALPINANG - Kepolisian Resor Pangkalpinang menggelar kegiatan Pelatihan Pra Operasi Mantap Brata 2019 dalam rangka pengamanan Pemilihan Presiden dan Pemilihan