BPOM Babel Sita 4.915 Kosmetik Ilegal


BPOM Babel Sita 4.915 Kosmetik Ilegal

PANGKALPINANG - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kepulauan Bangka Belitung menyita 4.915 satuan kosmetik dan obat ilegal karena mengandung zat berbahaya dan tidak memiliki izin edar.

"Setelah kita melakukan penertiban di beberapa sentra penjualan kosmetik dan obat tradisional ditemukan banyak produk berbahaya yang mengandung bahan kimia dan tidak memiliki izin edar," kata Kepala BPOM Kepulauan Babel, Rossy Hertati di Pangkalpinang, Minggu (3/11).

Ia menyebutkan pihaknya melakukan aksi penertiban di 14 sentra kosmetik dan obat tradisional di Kabupaten Bangka Barat, Kabupaten Belitung, dan di Kota Pangkalpinang. Dari aksi tersebut ditemukan 4.915 satuan kosmetik dan obat tradisional ilegal yang tidak memiliki izin edar dan mengandung zat kimia berbahaya.

"Kosmetik dan obat tradisional berbahaya itu nilainya lebih kurang Rp88 juta. Semuanya kita sita dan akan kita musnahkan bersama," ujarnya.

Menurut Rossy, aksi penertiban pasar ini dilakukan setiap tahun dalam dua tahap. Tahap pertama di empat kabupaten pada Mei 2017, dan tahap kedua di dua kabupaten dan satu kota pada akhir November 2017.

"Dari 14 sentra yang kita datangi, ada 10 sentra yang menjual kosmetik dan obat tradisional berbahaya ini. Kepada pemilik sentra kita berikan pembinaan dan teguran secara lisan agar tidak lagi menjual produk yang sama," ujarnya.

Rossy berharap temuan ini memberi kesadaran kepada masyarakat agar lebih waspada memilih kosmetik dan mengonsumsi obat tradisional.

"Masyarakat harus lebih cerdas sebelum membeli produk. Cek kemasannya, labelnya, izin edar dan tanggal kadaluwarsanya untuk memastikan bahwa produk twersebut aman digunakan," ujarnya. (ant/rb)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
GM PLN Babel Pantau Langsung Sejumlah  Posko Siaga
GM PLN Babel Pantau Langsung Sejumlah Posko Siaga
Jum'at, 15 Juni 2018 05:17 WIB
PANGKALPINANG- General Manager PLN Wilayah Bangka Belitung, Abdul Mukhlis pastikan keandalan pasokan listrik jelang perayaan hari raya Idul Fitri.
Kepala Basarnas Babel Apresiasi Kerja Seluruh Tim Tuntaskan Pencarian Semua Korban
Kepala Basarnas Babel Apresiasi Kerja Seluruh Tim Tuntaskan Pencarian Semua Korban
Rabu, 13 Juni 2018 22:08 WIB
PANGKALPINANG - Musibah tenggelamnya speed boat KM Albert di perairan Pulau Maspari Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumsel, Rabu
Kapolres Pangkalpinang Laksanakan Pengecekan 5 Pos Pelayanan Lebaran
Kapolres Pangkalpinang Laksanakan Pengecekan 5 Pos Pelayanan Lebaran
Rabu, 13 Juni 2018 15:09 WIB
PANGKALPINANG - Kapolres Pangkalpinang, AKBP Iman Risdiono Septana S.Ik dan Waka Polres Pangkalpinang, Kompol Nursamsi beserta Ketua Bhayangkari Polres
Kapolres Pangkalpinang Dan Kasdim 0413/BKA Bagi-Bagi Takjil
Kapolres Pangkalpinang Dan Kasdim 0413/BKA Bagi-Bagi Takjil
Senin, 11 Juni 2018 17:52 WIB
PANGKALPINANG - Hari ke 27 puasa di bulan Ramadhan 1439 Hijriah, Polri dan TNI melaksanakan kegiatan sinergitas Polres Pangkalpinang dan