Anggota Parpol Rangkap Anggota PPS


Anggota Parpol Rangkap Anggota PPS

PANGKALPINANG - Komisioner Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kota Pangkalpinang, Wahyu Gusna membenarkan adanya indikasi pelanggaran dalam tahapan pilkada 2018.

Pelanggaran ini berkaitan dengan adanya indikasi bahwa salah satu anggota partai politik terdaftar sebagai anggota  Panita Pemungutan Suara (PPS) yang ada di salah satu Kelurahan .

"Mengenai indikasi adanya pelanggran tersebut, sebenarnya dalam perekrutan PPK dan PPS kita telah mengacu pada PKPU No 3 tahun 2015, PKPU No 12 tahun 2017. Lalu PKPU No 13 Tahun 2017 salah satu persyaratan tidak boleh anggota atau pengurus parpol dan memang ada temuan indikasi salah satu pengurus pps adalah anggot parpol, tapi kita telah berkordinasi dengan panwas Insya Allah segara kita lakukan tindak lanjut dengan menggantinya dengan cadangan yang sudah ada," jelasnya.

Ditegaskan Wahyu Gusna, sebenarnya KPU telah berusaha memberikan sosialisasi mengenai hal tersebut baik itu di media eletronik, cetak dan pada pertemuan-pertemuan saat sosialisasi kepada stackholder dan parpol.

"Kita sudah mengatakan berkali-kali dalam setiap forum untuk jangan mengirimkan anggota pengurus mereka untuk masuk ke dalam PPK atau pun PPS," imbuhnya.

Namun, kata Wahyu Guna, pelanggaran serupa sebenarnya sudah terjadi berkali-kali. "Kami himbau kepada  pihak panwas karena pelanggaran tersebut termasuk pelanggaran berat dan bisa dipidana," katanya.

Meski demikian, ia menegaskan pihak nya tidak mengambil langkah sejauh itu dikarenakan memang calon yang nersangkutan sering kali tidak tau bahwa namanya terdaftar sebagai anggota parpol.

"Kebanyakan dari mereka berfikir dalam waktu satu atau dua tahun tidak menjadi anggota parpol sudah bisa mendaftarkan diri, padahal mereka harus sudah clear dari anggota parpol minimal 5 tahun," ungkapnya.

Sehingga ia berharap, kedepan teman-teman lebih mengerti syarat-syarat yang telah ditetapkan, sekaligus parpol yang bersangkutan juga dapat memberi pemahaman kepada calon bersangkutan. (dik)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Pemkot Resmikan Rumah Layak Huni
Pemkot Resmikan Rumah Layak Huni
Selasa, 12 Desember 2017 06:11 WIB
PANGKALPINANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang terus konsisten dalam pengentasan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) di Kota Pangkalpinang pada tahun
Wow, Anggaran Mamin Dewan 4,5 Miliar
Wow, Anggaran Mamin Dewan 4,5 Miliar
Selasa, 12 Desember 2017 05:14 WIB
PANGKALPINANG - Anggaran makan dan minum (mamin) anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencapai angka Rp 4,5 miliar.
Jika Terbukti Malapraktik, DPRD Beri Ultimatum
Jika Terbukti Malapraktik, DPRD Beri Ultimatum
Selasa, 12 Desember 2017 05:31 WIB
PANGKALPINANG - Wakil Ketua DPRD Kota Pangkalpinang Depati Gandhi mengatakan, setelah mendapatkan kabar miring tersebut pihaknya langsung melakukan crosscek kronologis
Dugaan Malapraktik RSUD Depati Hamzah : Saat Transfusi Tak Ada Reaksi
Dugaan Malapraktik RSUD Depati Hamzah : Saat Transfusi Tak Ada Reaksi
Selasa, 12 Desember 2017 05:25 WIB
PANGKALPINANG - Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah Depati Hamzah Syahrizal membantah jika pihaknya salah dalam memberikan informasi golongan darah