Anggota Parpol Rangkap Anggota PPS


Anggota Parpol Rangkap Anggota PPS

PANGKALPINANG - Komisioner Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kota Pangkalpinang, Wahyu Gusna membenarkan adanya indikasi pelanggaran dalam tahapan pilkada 2018.

Pelanggaran ini berkaitan dengan adanya indikasi bahwa salah satu anggota partai politik terdaftar sebagai anggota  Panita Pemungutan Suara (PPS) yang ada di salah satu Kelurahan .

"Mengenai indikasi adanya pelanggran tersebut, sebenarnya dalam perekrutan PPK dan PPS kita telah mengacu pada PKPU No 3 tahun 2015, PKPU No 12 tahun 2017. Lalu PKPU No 13 Tahun 2017 salah satu persyaratan tidak boleh anggota atau pengurus parpol dan memang ada temuan indikasi salah satu pengurus pps adalah anggot parpol, tapi kita telah berkordinasi dengan panwas Insya Allah segara kita lakukan tindak lanjut dengan menggantinya dengan cadangan yang sudah ada," jelasnya.

Ditegaskan Wahyu Gusna, sebenarnya KPU telah berusaha memberikan sosialisasi mengenai hal tersebut baik itu di media eletronik, cetak dan pada pertemuan-pertemuan saat sosialisasi kepada stackholder dan parpol.

"Kita sudah mengatakan berkali-kali dalam setiap forum untuk jangan mengirimkan anggota pengurus mereka untuk masuk ke dalam PPK atau pun PPS," imbuhnya.

Namun, kata Wahyu Guna, pelanggaran serupa sebenarnya sudah terjadi berkali-kali. "Kami himbau kepada  pihak panwas karena pelanggaran tersebut termasuk pelanggaran berat dan bisa dipidana," katanya.

Meski demikian, ia menegaskan pihak nya tidak mengambil langkah sejauh itu dikarenakan memang calon yang nersangkutan sering kali tidak tau bahwa namanya terdaftar sebagai anggota parpol.

"Kebanyakan dari mereka berfikir dalam waktu satu atau dua tahun tidak menjadi anggota parpol sudah bisa mendaftarkan diri, padahal mereka harus sudah clear dari anggota parpol minimal 5 tahun," ungkapnya.

Sehingga ia berharap, kedepan teman-teman lebih mengerti syarat-syarat yang telah ditetapkan, sekaligus parpol yang bersangkutan juga dapat memberi pemahaman kepada calon bersangkutan. (dik)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
DPO Beno Akan Tiba di Bandara Depati Amir  Pukul 10.45
DPO Beno Akan Tiba di Bandara Depati Amir Pukul 10.45
Jum'at, 23 Februari 2018 10:38 WIB
PANGKALPINANG-Menumpang pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ 072 dari Jakarta tujuan Pangkalpinang. DPO kasus korupsi Taman Mandara, Ramlan bin
FKPPI Babel Gelar Silaturrahmi dan Konsolidasi
FKPPI Babel Gelar Silaturrahmi dan Konsolidasi
Jum'at, 23 Februari 2018 10:24 WIB
PANGKALPINANG - Guna memperkokoh rasa persaudaraan di kalangan putra putri purnawirawan TNI/Polri, maka digelarlah silahturrahmi dan konsolidasi keluarga besar FKPPI
Tim Satgasus Kejati Babel Tangkap DPO Korupsi
Tim Satgasus Kejati Babel Tangkap DPO Korupsi
Kamis, 22 Februari 2018 21:50 WIB
PANGKALPINANG- Tim Satgasus terdiri dari Kejaksaan Agung, Kejati Bangka Belitung dan Kejari Pangkalpinang berhasil meringkus Ramlan alias Beno, terpidana perkara
Walikota dan Dandim 0413/Bangka Bahas Kesiapan Pengamanan Pilkada 2018
Walikota dan Dandim 0413/Bangka Bahas Kesiapan Pengamanan Pilkada 2018
Kamis, 15 Februari 2018 12:30 WIB
PANGKALPINANG - Pjs Walikota Pangkalpinang, Asyraf Suryadin mengunjungi pangkalan Kodim 0413/Bangka, Kamis (5/2). Kedatangan Asyraf langsung disambut Dandim 04013/ Bangka,