Gubernur Paparkan 13 Program, Tata Kelola Pertambangan Jadi Program Unggulan


Gubernur Paparkan 13 Program, Tata Kelola Pertambangan Jadi Program Unggulan

PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Dr. H. Erzaldi Rosman, SE., MM,  memaparkan 13 Program Unggulan Pembangunan yang masuk kedalam RPJMD 2017-2022 di hadapan Pimpinan dan sejumlah Anggota DPRD Babel, Senin (6/11), kemarin.

Program Unggulan Pembangunan tersebut, diantaranya, Pertama, Pengembangan Pembangunan Agropolitan; Kedua, Pembangunan Bahari; Ketiga, Pengembangan Tata Kelola Pertambangan; Kelima, Peningkatan Pendapatan Pemerintah; Keenam, Peningkatan Ekonomi Masyarakat.

Ketujuh, Pengembangan Konektivitas dan Infrastruktur; Kedelapan, Pembangunan Pendidikan; Kesembilan, Pembangunan Kesehatan;  Kesepuluh, Peningkatan Tata Kelola Birokrasi; Kesebelas, Pembangunan Berdemokrasi; Keduabelas, Peningkatan Pembangunan Bidang Kebencanaan; Ketigabelas Pengendalian Lingkungan Hidup.

Untuk Program Pengembangan Pembangunan Agropolitan, dijelaskan Gubernur Erzaldi, Pemprov telah mentargetkan Pasar Lada dunia ada di Babel. Untuk mencapai target tersebut, Pemprov telah melakukan sejumlah langkah, satu diantaranya Pemprov akan menempatkan satu lokasi sebagai wadah promosi Lada Babel di London, Inggris.

“Di London, PT Timah Punya Kantor untuk pemasaran. Nah, saya sudah minta kepada PT Timah agar Pemprov diberikan tempat di kantor tersebut untuk promosi dan pemasaran Lada Babel,” ujar Erzaldi.

Gubernur Erzaldi juga menyampaikan mengenai eesi gudang yang akan diterapkan untuk mendukung Program Pengembangan Agropolitan ini.

Selanjutnya, untuk Program Pembangunan Bahari, Pemprov akan koneksikan transfortasi antar pulau yang ada di Babel. “Kemudian, untuk Pengembangan  Pariwisata, kita sudah jelas adanya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Dengan KEK kemajuannya nanti luar biasa. Muntok akan kita jadikan wisata khusus Muntok Heritage, Bangka Selatan dengan Baharinya, Bangka Tengah dan Kabupaten lainnya ada yang namanya Mamin Park,” urai Gubernur.

Untuk Program Pengembangan Tata Kelola Pertambangan, salah satu kebijakan yang diambil, kata Gubernur Erzaldi, Ia tidak akan mengeluarkan lagi izin baru untuk pertambangan wilayah laut. Berikut, Program Peningkatan Ekonomi Masyarakat, Pemprov kata, Gubernur, focus kepada UMKM.

Pada Pengembangan Konektivitas dan Infrastruktur Pemprov akan membuat Trans Bangka yakni Jalan Lingkar, sehingga konektivitas Babel terbuka. Disamping itu, juga akan dibuka akses atau konektivitas Babel – Sumatera.

“Berkenaan dengan Program Pembangunan Pendidikan, kita akan fokuskan pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Sekolah Dasar (SD). Tidak akan efektif pembangunan pendidikan kalau hanya pada tingkat SMA sederajat,” ungkap Gubernur.

Dalam Program Pembangunan Kesehatan, dikatakan Gubernur, target Pemprov untuk RSUD DR (HC) Ir. Soekarno tipenya naik ke B.

“Untuk mencapai Program Unggulan Pembangunan ini, kita tidak bisa menunggu, dan harus bergerak cepat,” tambah Gubernur.
Pada kesempatan sama, dihadapan Pimpinan dan sejumlah Anggota DPRD Babel, Gubernur secara tegas mengatakan, Ia akan mendisiplin pegawai yang ada di Pemprov Babel. Sebab, kalau pegawainya tidak disiplin, maka pelayanan tidak akan optimal.
“Anggota Dewan silakan menegur para pegawai yang dinilai tidak disiplin. Misalnya, ada pegawai yang bajunya tidak dimasukan,” pungkas Gubernur.

Sementara itu, Ketua DPRD Babel Didit Srigusjaya yang memimpin Rapat Pemaparan RPJMD 2017-2022 tersebut mengatakan, DPRD Babel pada prinsipnya mendukung Program Kegiatan dan Penganggaranya, asalkan untuk kepentingan masyarakat dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Turut hadir mendampingi Gubernur dalam Paparan tersebut, Wakil Gubernur Babel Drs. H. Abdul Fatah, M.Si, Sekda Babel Dr Yan Megawandi, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Asisten Bidang Administrasi Umum dan Kepala Diskominfo Babel, Dr. Sudarman. (wah)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
GM PLN Babel Pantau Langsung Sejumlah  Posko Siaga
GM PLN Babel Pantau Langsung Sejumlah Posko Siaga
Jum'at, 15 Juni 2018 05:17 WIB
PANGKALPINANG- General Manager PLN Wilayah Bangka Belitung, Abdul Mukhlis pastikan keandalan pasokan listrik jelang perayaan hari raya Idul Fitri.
Kepala Basarnas Babel Apresiasi Kerja Seluruh Tim Tuntaskan Pencarian Semua Korban
Kepala Basarnas Babel Apresiasi Kerja Seluruh Tim Tuntaskan Pencarian Semua Korban
Rabu, 13 Juni 2018 22:08 WIB
PANGKALPINANG - Musibah tenggelamnya speed boat KM Albert di perairan Pulau Maspari Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumsel, Rabu
Kapolres Pangkalpinang Laksanakan Pengecekan 5 Pos Pelayanan Lebaran
Kapolres Pangkalpinang Laksanakan Pengecekan 5 Pos Pelayanan Lebaran
Rabu, 13 Juni 2018 15:09 WIB
PANGKALPINANG - Kapolres Pangkalpinang, AKBP Iman Risdiono Septana S.Ik dan Waka Polres Pangkalpinang, Kompol Nursamsi beserta Ketua Bhayangkari Polres
Kapolres Pangkalpinang Dan Kasdim 0413/BKA Bagi-Bagi Takjil
Kapolres Pangkalpinang Dan Kasdim 0413/BKA Bagi-Bagi Takjil
Senin, 11 Juni 2018 17:52 WIB
PANGKALPINANG - Hari ke 27 puasa di bulan Ramadhan 1439 Hijriah, Polri dan TNI melaksanakan kegiatan sinergitas Polres Pangkalpinang dan