Ketersediaan Lahan Hambat Investasi di Babel


PANGKALPINANG - Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal (BP2TPM) Bangka Belitung (Babel) menilai ketersediaan lahan yang kurang menjadi penghambat calon investor berinvestasi. "Penanam modal sering mengeluhkan kurangnya ketersediaan lahan yang terkonsentrasi dalam satu kawasan untuk berinvestasi," kata Kepala BP2TPM Kepulauan Babel, Syafitri, Selasa, (10/1).

    Selain itu investor juga mengeluhkan status lahan yang legal dan proses pembebasannya yang berbelit-belit sehingga mempersulit penanam modal yang ingin memulai mengembangkan usahanya. "Penanam modal menilai infrastruktur di daerah ini juga belum cukup memadai untuk menunjang berkembangnya investasi," ujarnya.

    Menurut dia kendala infrastrutur tersebut antara lain kurang tersedianya jalan penghubung yang baik, sarana aliran listrik dan fasilitas air bersih khususnya di daerah yang memiliki potensi pariwisata. "Pertumbuhan investasi pada 2016 didominasi oleh sektor pariwisata, khususnya di Pulau Belitung karena potensi dan promosi yang lebih baik dari pada Pulau Bangka," terangnya.

    Selain sektor pariwisata, kata dia, pertumbuhan investasi di Babel juga didominasi oleh sektor pertanian, perkebunan, dan perikanan dengan realisasi angka investasi pada Triwulan III 2016 mencapai 1,7 triliun. "Mudah-mudahan pada 2017 permasalahan lahan dan infrastruktur yang menjadi penghambat penanaman modal dapat segera teratasi agar iklim dan angka investasi di provinsi ini dapat meningkat," tandasnya.(ant/rb)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Babel Tambah Dua Perda Baru
Babel Tambah Dua Perda Baru
Jum'at, 22 Juni 2018 21:54 WIB
PANGKALPINANG - DPRD Babel menyetujui dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang diusulkan oleh Pemprov Babel untuk disahkan menjadi Peraturan Daerah
Sukseskan MXGP 2018, Pemprov Libatkan Pelaku Usaha Pariwisata
Sukseskan MXGP 2018, Pemprov Libatkan Pelaku Usaha Pariwisata
Jum'at, 22 Juni 2018 21:50 WIB
PANGKALPINANG –Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Jumat (22/6/2018) mengumpulkan para Pelaku Usaha dibidang Pariwisata yang ada di Babel.
Cemburu Mantan Pacar Dibonceng Orang Lain, Pria ini Lakukan Hal Mengerikan
Cemburu Mantan Pacar Dibonceng Orang Lain, Pria ini Lakukan Hal Mengerikan
Jum'at, 22 Juni 2018 16:59 WIB
​PANGKALPINANG - Dilatarbelakangi cemburu melihat mantan pacar dibonceng pria lain. Welianda nekat membakar sepeda motor Honda Beat tahun 2008 milik
Atok Kulop Hadirkan Meet & Greet Sabyan
Atok Kulop Hadirkan Meet & Greet Sabyan
Jum'at, 22 Juni 2018 13:49 WIB
PANGKALPINANG- Kejutan istimewa dihadirkan Umah Ubi Atok Kulop Resto di penghujung bulan ini. Sabyan Gambus, grup musik beken yang tenar