Ketersediaan Lahan Hambat Investasi di Babel


PANGKALPINANG - Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal (BP2TPM) Bangka Belitung (Babel) menilai ketersediaan lahan yang kurang menjadi penghambat calon investor berinvestasi. "Penanam modal sering mengeluhkan kurangnya ketersediaan lahan yang terkonsentrasi dalam satu kawasan untuk berinvestasi," kata Kepala BP2TPM Kepulauan Babel, Syafitri, Selasa, (10/1).

    Selain itu investor juga mengeluhkan status lahan yang legal dan proses pembebasannya yang berbelit-belit sehingga mempersulit penanam modal yang ingin memulai mengembangkan usahanya. "Penanam modal menilai infrastruktur di daerah ini juga belum cukup memadai untuk menunjang berkembangnya investasi," ujarnya.

    Menurut dia kendala infrastrutur tersebut antara lain kurang tersedianya jalan penghubung yang baik, sarana aliran listrik dan fasilitas air bersih khususnya di daerah yang memiliki potensi pariwisata. "Pertumbuhan investasi pada 2016 didominasi oleh sektor pariwisata, khususnya di Pulau Belitung karena potensi dan promosi yang lebih baik dari pada Pulau Bangka," terangnya.

    Selain sektor pariwisata, kata dia, pertumbuhan investasi di Babel juga didominasi oleh sektor pertanian, perkebunan, dan perikanan dengan realisasi angka investasi pada Triwulan III 2016 mencapai 1,7 triliun. "Mudah-mudahan pada 2017 permasalahan lahan dan infrastruktur yang menjadi penghambat penanaman modal dapat segera teratasi agar iklim dan angka investasi di provinsi ini dapat meningkat," tandasnya.(ant/rb)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Dinyatakan Hakim Tak Bersalah, Kuasa Hukum Dodot Laporkan Panwas Ke DKPP Pusat
Dinyatakan Hakim Tak Bersalah, Kuasa Hukum Dodot Laporkan Panwas Ke DKPP Pusat
Sabtu, 21 April 2018 11:16 WIB
PANGKALPINANG - Setelah majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Pangkalpinang menolak seluruh tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dan menyatakan kasus dugaan
Hakim Tolak Tuntutan Jaksa, Dodot Dinyatakan Bebas Tak Bersalah
Hakim Tolak Tuntutan Jaksa, Dodot Dinyatakan Bebas Tak Bersalah
Sabtu, 21 April 2018 00:22 WIB
PANGKALPINANG - Sidang putusan kasus dugaan money politic yang digelar Jumat malam (20/4) telah memutuskan Ismiryadi alias Dodot telah dinyatakan
Warga Kenanga Keluhkan Bau Busuk Pabrik Tapioka PT. BAA
Warga Kenanga Keluhkan Bau Busuk Pabrik Tapioka PT. BAA
Sabtu, 21 April 2018 00:13 WIB
PANGKALPINANG - Warga Kenanga Kabupaten Bangka berbondong-bondong mendatangi gedung DPRD Provinsi Babel untuk mengadukan permasalahan limbah dari pabrik tapioka PT.
Kapolres Pangkalpinang Tinjau Lokasi Banjir
Kapolres Pangkalpinang Tinjau Lokasi Banjir
Jum'at, 20 April 2018 00:17 WIB
PANGKALPINANG - Kapolres Pangkalpinang, AKBP Iman Septana Risdono SIk bersama Wakapolres Pangkalpinang beserta Kapolsek Bukit Intan dan Kanit Reskrim Polsek