BMKG: Pasang Air Laut Membalong 2,22 Meter


BMKG: Pasang Air Laut Membalong 2,22 Meter

PANGKALPINANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang, memprakirakan tinggi pasang air laut di Membalong Kabupaten Belitung pada Rabu (11/1) hari ini mencapai 2,22 meter. "Kepada warga di pesisir pantai itu dan nelayan diimbau untuk mewaspadai ketinggian air pasang tersebut karena sangat membahayakan," ujar Staf Koordinator Unit Analisa pada Kantor BMKG Pangkalpinang, Rizki Adzani, Selasa (10/1).

    Lebih lanjut dia menjelaskan, tinggi pasang air laut di Sungailiat Kabupaten Bangka 1,46 meter, Toboali Bangka Selatan 1,99 meter, Kelapa Kampit Belitung Timur dua meter, dan Tanjungpandan Belitung 1,46 meter. Kemudian Belinyu Kabupaten Bangka berkisar 1,57 meter, dan di Mentok Kabupaten Bangka Barat berkisar 1,64 meter.

    Sementara itu, tinggi gelombang di perairan Selat Bangka dan Selat Gelasa masing-masing berkisar 0,5 meter. Utara Bangka 0,75 meter, dan Selatan Bangka serta Selat Karimata satu meter. "Rata-rata kecepatan angin berkisar 8-35 kilometer per jam dari barat laut ke timur laut. Waspadai potensi terjadinya gelombang tinggi yang dapat mencapai dua kali dari sebelumnya," ujarnya.    

    Ia juga mengimbau kepada warga di wilayah Bangka bagian timur dan selatan serta Belitung untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang. Daratan di Mentok, Belinyu, Pangkalpinang, Koba, Sungai Selan, Toboali, dan Selat Nasik berpotensi hujan sedang, sementara itu di Jebus, Tanjungpandan, dan Manggar berpotensi hujan ringan. Rata-rata kecepatan angin di provinsi ini berkisar 6-25 kilometer per jam dengan suhu 23-32 derajat celcius dan kelembaban udara 66-96 persen.(ant/rb)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Penyelundupan Timah Digagalkan, Lewati Jalur Pelabuhan Pangkalbalam
Penyelundupan Timah Digagalkan, Lewati Jalur Pelabuhan Pangkalbalam
Kamis, 30 Maret 2017 11:42 WIB
PANGKALPINANG - Polsek Kawasan Pelabuhan Pangkalbalam Polres Pangkalpinang (KP3) Berhasil menggagalkan rencana penyelundupan balok timah yang
2 Residivis Curat Ditembak
2 Residivis Curat Ditembak
Kamis, 30 Maret 2017 11:40 WIB
PANGKALPINANG - Tim Jatanras Dit Reskrimum Polda Babel kembali mengungkap kasus pencurian dengan pemberatan yang terjadi di wilayah hukum Pangkalpinang
"Kotaku" Ditunjang Anggaran Rp50,4 M
"Kotaku" Ditunjang Anggaran Rp50,4 M
Kamis, 30 Maret 2017 10:27 WIB
PANGKALPINANG - Program Kota Tanpa Kawasan Kumuh (Kotaku) yang digadang-gadang sebagai salah satu program unggulan oleh Pemerintah Kota (Pemkot)
Irwansyah Tegaskan Masalah Banjir Fokus Pemkot
Irwansyah Tegaskan Masalah Banjir Fokus Pemkot
Kamis, 30 Maret 2017 10:26 WIB
PANGKALPINANG - Keinginan Walikota Pangkalpinang, Muhammad Irwansyah untuk sesegera mungkin menegaskan Pangkalpinang