Mencintai Bangsa Fitrah Setiap Manusia


Mencintai Bangsa Fitrah Setiap Manusia

PANGKALPINANG - Pengurus Wilayah (PW) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Bangka Belitung (Babel), Senin (9/1) menggelar acara halaqoh kebangsaan, di pesantren Kemuja, kabupaten Bangka. Penguatan kecintaan terhadap bangsa dan tanah leluhur sepertinya terus mendapatkan tantangan sosial, baik dari kalangan internal maupun eksternal. Hal itu disadari betul oleh PW GP Ansor Babel. 

    Mereka menggelar pertemuan Majelis kep-Bangka-an bertema "Orang Bangka, Rakyat Indonesia". Hadir sebagai fasilitator dalam Majelis ke-Bangka-an ini, KH Abdul Ghofur Maemon Zubair atau Gus Ghofur, Pengasuh Ponpes Sarang, Jawa Tengah dan KH Hijazi Jemain, pengasuh Ponpes Al Islam Kemuja. "Mencintai Bangsa adalah fitrah setiap manusia. Itu yang juga diajarkan oleh Rasulullah Muhammad SAW," tegas Gus Ghofur.

    "Nabi Ibrahim telah melahirkan keturunan yang kemudian berbeda bangsa. Dan keturunan beliau setia terhadap bangsa nya masing-masing. Kalau kita mencintai bangsa kita, termasuk mencintai Bangka, bukan hal yang salah. Maka cintailah Indonesia dengan ke-Indonesia-annya. Sistem sosial negara Indonesia secara substansial tak bertentangan dengan nilai-nilai Islam," lanjut Gus Ghofur. 

    Di sisi lain, KH Hijazi Jemain menuturkan bahwa tidak semua tradisi atau budaya itu bid'ah. "Dalam agama itu bid'ah juga ada yang hasanah (baik). Tidak semua tradisi dalam masyarakat itu langsung dibid'ahkan. Perlu dicermati lalu diarahkan dengan baik sejalan dengan nilai-nilai Islam," ujarnya. 

    Sementara Masmuni Mahatma, Ketua PW GP Ansor Babel, menegaskan bahwa acara ini digelar untuk ikut memberikan sentuhan sekaligus penguatan kecintaan terhadap bangsa, tanah leluhur bersama. "Ini penting untuk menyentuh dan menguatkan mentalitas kecintaan kita kepada tanah Bangka dan Bangsa Indonesia. Kita tak boleh kafir dalam beragama tapi juga tidak baik kafir dalam berbangsa," tegas Dosen STAIN SAS ini. 

    Peserta Majelis Kebangsaan ini antara pimpinan pondok pesantren dari Bangka Barat, Bangka Selatan, Bangka Tengah, akademisi, mahasiswa dan kader GP Asor serta Banser. "Ini adalah awalan dari Halaqoh Kebangsaan yang akan terus digelar PW GP Ansor Babel. Halaqoh Kebangsaan ini akan diakhiri tanggal 16 Januari 2017, yang akan diisi Orasi Kebudayaan dan Baca Puisi bertemakan "NKRI dlam Napas Masyarakat Pesantren" oleh Penyair Nasional Acep Zamzam Noor dan Jamal D Rahman.(bai)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Korupsi Proyek ILS Bandara, Elfin Terancam Tuntutan 12 M
Korupsi Proyek ILS Bandara, Elfin Terancam Tuntutan 12 M
Minggu, 21 Mei 2017 15:03 WIB
PANGKALPINANG - Asisten Tindak Pidana Khusus (Aspidsus), Kejaksaan Tinggi (Kejati), Bangka Belitung (Babel), akan menuntut pengembalian kerugian negara kepada terdakwa
Siswanto Dewan Bantah Edarkan Sabu
Siswanto Dewan Bantah Edarkan Sabu
Rabu, 17 Mei 2017 16:13 WIB
PANGKALPINANG - Anggota DPRD Bangka Belitung (Babel), Siswanto membantah jika dirinya dianggap sebagai pengedar sabu-sabu dalam kasus dugaan penyalahgunaan narkoba
Kasus Pembebasan Jalan Lintas Timur Kembali Bergulir
Kasus Pembebasan Jalan Lintas Timur Kembali Bergulir
Rabu, 17 Mei 2017 16:04 WIB
PANGKALPINANG - Tim Asisten Tindak Pidana Khusus (Aspidsus), Kejaksaan Tinggi (Kejati), Babel melakukan penyelidikan untuk mendalami dugaan korupsi pembebasan lahan
Erzaldi Ingin Sertijab di Lapangan Terbuka
Erzaldi Ingin Sertijab di Lapangan Terbuka
Selasa, 16 Mei 2017 19:03 WIB
PANGKALPINANG - Ada yang berbeda dalam serah terima jabatan gubernur dan wakil gubernur Bangka Belitung (Babel) nantinya. Jika biasanya dilakukan