Empat Kandidat Cagub & Cawagub Adu Visi Misi, Debat Dibagi 5 Segmen


Empat Kandidat Cagub & Cawagub Adu Visi Misi, Debat Dibagi 5 Segmen

    PANGKALPINANG - Ratusan pendukung empat pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Babel, Rabu Pagi ini (11/1), dipastikan memadati Novotel Bangka Hotel and Convention Centre sebagai lokasi debat publik dalam rangka adu visi misi membangun Bangka Belitung 5 tahun kedepan. Helatan akbar KPU Babel ini, selain diikuti ratusan massa pendukung pasangan calon (paslon) juga disiarkan secara langsung oleh stasiun tv nasional dan mengudara di radio.

        Sebagaimana hal ini dijelaskan oleh Ketua KPU Bangka Belitung, Fahrurrozi, Selasa (10/1) kemarin. Dijelaskannya, dalam debat publik itu nanti akan ada 5 segmen dengan total waktu 90 menit. "Tadi kita sudah lakukan gladi bersih acara debat kandidat besok. Sebelumnya juga kita lakukan rapat koordinasi dengan tim pemenangan keempat paslon menyampaikan tata tertib dan teknis di lapangan," jelas Fahrurrozi saat ditemui di gedung KPU Babel.

        Setelah diadakan rapat bersama tim pemenangan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Bangka Belitung, diputuskan rata-rata paslon diberikan waktu 2 menit. Pada segmen pembukaan, diberikan kesempatan pemaparan visi dan misi oleh paslon selama 2 menit, kemudian pada segmen 2 pendalaman visi dan misi sesuai dengan pertanyaan di dalam amplop yang sudah dirumuskan tim pakar. Mereka harus menjawab dalam waktu 2 menit.

        "Bahan debat dan materi debat kita tidak bisa bocorkan, yang pasti pada segmen ketiga sudah kita siapkan pertanyaan yang sudah dirumuskan. Moderator, pada segmen ketiga akan memberikan kesempatan paslon lain secara berurut. Dan ini berjalan satu arah tanpa ada tanggapan setelah dijawab oleh paslon tersebut," urai Ojik.

        Untuk segmen keempat, yakni segmen saling debat dengan diberikan kesempatan setiap paslon menanyakan satu hal. "Paslon nomor urut 4 memberikan pertanyaan ke paslon nomor urut 3 maksimal 1 menit. Dan dijawab paslon nomor 3 diberikan waktu 3 menit, kemudian nomor urut 2 memberikan tanggapan dalam waktu 1,5 menit. Seperti itu seterusnya," ungkapnya.

        Terakhir, keempat paslon akan menutup debat dengan memberikan pernyataan penutup. Tiap paslon diberikan waktu sebanyak 0,5 menit untuk segmen terakhir. Untuk tertibnya acara, KPU Babel sudah berkoordinasi dengan tim pemenangan empat paslon. Beberapa tata tertib pun sudah disepakati untuk perhelatan debat publik empat pasangan calon. "Sudah disepakati beberapa tata tertib yang kita buat. Semoga besok berjalan lancar," imbuhnya.

        "Nanti moderator bisa memotong, mengingatkan, mengarahkan, dan menghentikan pembicaraan jika dianggap melenceng dari substanai utama. Juga bisa menghentikan pembicaraan jika waktu yang tersedia sudah habis atau waktu masih tersedia namun paslon sudah menyatakan cukup," ujarnya.

        Aparat keamanan juga diminta untuk dapat bekerjasama mengamankan jalannya situasi acara debat, termasuk meminta peserta yang dianggap menggangu untuk meninggalkan ruangan.(wah)

Tata Tertib Debat Publik Pilkada Babel 


1) Hadirin tidak diperbolehkan bertepuk tangan tanpa diminta moderator
2) Tidak boleh mengeluarkan suara gaduh, mengejek, bersuara, atau interupsi selama acara
3) Paslon tidak boleh saling menyela antar pasangan tanpa diminta moderator
4) Tidak boleh menyinggung isu suku, agama, ras dan antargolongan
5) Tidak boleh menyerang sisi personal pasangan lain dalam kapasitas pribadi
6) Cagub dan cawagub dapat saling bergantian menjawab selama alokasi waktu masih tersedia





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Pemkot Resmikan Rumah Layak Huni
Pemkot Resmikan Rumah Layak Huni
Selasa, 12 Desember 2017 06:11 WIB
PANGKALPINANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang terus konsisten dalam pengentasan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) di Kota Pangkalpinang pada tahun
Wow, Anggaran Mamin Dewan 4,5 Miliar
Wow, Anggaran Mamin Dewan 4,5 Miliar
Selasa, 12 Desember 2017 05:14 WIB
PANGKALPINANG - Anggaran makan dan minum (mamin) anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencapai angka Rp 4,5 miliar.
Jika Terbukti Malapraktik, DPRD Beri Ultimatum
Jika Terbukti Malapraktik, DPRD Beri Ultimatum
Selasa, 12 Desember 2017 05:31 WIB
PANGKALPINANG - Wakil Ketua DPRD Kota Pangkalpinang Depati Gandhi mengatakan, setelah mendapatkan kabar miring tersebut pihaknya langsung melakukan crosscek kronologis
Dugaan Malapraktik RSUD Depati Hamzah : Saat Transfusi Tak Ada Reaksi
Dugaan Malapraktik RSUD Depati Hamzah : Saat Transfusi Tak Ada Reaksi
Selasa, 12 Desember 2017 05:25 WIB
PANGKALPINANG - Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah Depati Hamzah Syahrizal membantah jika pihaknya salah dalam memberikan informasi golongan darah