Disnakertrans Hanya Miliki 32 Pengawas Perusahaan


Disnakertrans Hanya Miliki 32 Pengawas Perusahaan

PANGKALPINANG - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Bangka Belitung (Babel) baru memiliki 32 tenaga pengawas perusahaan yang tersebar di seluruh Babel. Demikian disampaikan Kepala Disnakertrans Babel, Didik Suprapto. "Pasca kewenangan tenaga kerjaan ditarik ke provinsi maka tenaga pengawasan yang kita miliki saat ini ada 32 orang yang akan mengawasi seluruh perusahaan di Babel," ujarnya, saat dihubungi Radar Bangka, Senin (9/1).

    Menurut Didik, sebanyak 1400-an perusahaan yang ada di Babel akan diawasi oleh tenaga pengawas tersebut. Dengan jumlah tenaga pengawas yang terbatas maka pengawasan terhadap perusahaan di Babel sangat kurang maksimal. "Seharunya satu tenaga pengawas ini mengawasi 5 perusahaan dalam satu bulan. Ini jauh dari jumlah yang seharusnya, maka kerjanya pengawasan kurang maksimal," katanya.

    Lebih lanjut, dirinya belum dapat memastikan apakah akan ada penambahan dalam tenaga pengawasan perusahaan, mengingat tidak tiap tahun Kemenaker membuka pelatihan tenaga pengawasan. Apalagi menurutnya mendidik tenaga pengawasan ini butuh biaya yang mahal. "Seyogyanya tenaga pengawasan untuk Babel ini sekitar 70 an tenaga pengawasan. Tetapi untuk mendidik tenaga pengawas ini butuh biaya yang mahal dan harus memiliki syarat tertentu," tuturnya.

    Diakui Didik, tenaga pengawas yang dimiliki saat ini sangat membantu kerja Disnakertrans dalam melakukan pengawasan terhadap perusahaan yang ada di Babel. "Sangat membantu, karena tugas tenaga pengawas ini banyak salah satunya melakukan pembinaan terhadap perusahaan yang melakukan pelanggaran," ungkap Didik.(bai)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Dinyatakan Hakim Tak Bersalah, Kuasa Hukum Dodot Laporkan Panwas Ke DKPP Pusat
Dinyatakan Hakim Tak Bersalah, Kuasa Hukum Dodot Laporkan Panwas Ke DKPP Pusat
Sabtu, 21 April 2018 11:16 WIB
PANGKALPINANG - Setelah majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Pangkalpinang menolak seluruh tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dan menyatakan kasus dugaan
Hakim Tolak Tuntutan Jaksa, Dodot Dinyatakan Bebas Tak Bersalah
Hakim Tolak Tuntutan Jaksa, Dodot Dinyatakan Bebas Tak Bersalah
Sabtu, 21 April 2018 00:22 WIB
PANGKALPINANG - Sidang putusan kasus dugaan money politic yang digelar Jumat malam (20/4) telah memutuskan Ismiryadi alias Dodot telah dinyatakan
Warga Kenanga Keluhkan Bau Busuk Pabrik Tapioka PT. BAA
Warga Kenanga Keluhkan Bau Busuk Pabrik Tapioka PT. BAA
Sabtu, 21 April 2018 00:13 WIB
PANGKALPINANG - Warga Kenanga Kabupaten Bangka berbondong-bondong mendatangi gedung DPRD Provinsi Babel untuk mengadukan permasalahan limbah dari pabrik tapioka PT.
Kapolres Pangkalpinang Tinjau Lokasi Banjir
Kapolres Pangkalpinang Tinjau Lokasi Banjir
Jum'at, 20 April 2018 00:17 WIB
PANGKALPINANG - Kapolres Pangkalpinang, AKBP Iman Septana Risdono SIk bersama Wakapolres Pangkalpinang beserta Kapolsek Bukit Intan dan Kanit Reskrim Polsek