Berita Pangkalpinang
Hibah Langsung Harus Melalui SKPD
Selasa, 08 November 2011 09:08 WIB | Dibaca 408 kali
PANGKALPINANG - Masyarakat tidak bisa lagi mendapatkan bantuan dana hibah dari Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang langsung cair. Sebab mulai tahun ini dana hibah yang diusulkan, dilakukan langsung melalui Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) masing-masing.  Menurut Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kota Pangkalpinang, Nafiri, diberlakukannya aturan mekanisme pangajuan tersebut agar setiap pengusulan dana hibah bisa lebih terorganisir dan peruntukkan dana hibah diharapkan bisa tepat sasaran.
  
 “Jadi organisasi manapun yang ingin mengajukan dana hibah itu tergantung SKPD yang mengusulkan. Misalnya, untuk kepentingan PMI itu melalui Dinas Pendidikan Pangkalpinang, PKK melalui kantor Badan Pemberdayaan Perempuan. Kalau tidak demikian, maka tidak akan bisa dicairkan,” kata Nafiri kepada RB di ruang kerjanya kemarin (7/11).  Ia melanjutkan ditahun-tahun sebelumnya pengajuan dana hibah memang melalui DPPKAD Pangkalpinang dan bisa dicairkan secara mendadak jika manfaat dana hibah tersebut benar-benar darurat. Akan tetapi, setelah aturan baru berlaku tim pengkaji proposal masuk itu sudah dilakukan SKPD yang bersangkutan. Sedangkan sebelumnya, tim pengkaji dibentuk oleh sekretariat dibawah asisten II Setda Kota Pangkalpinang.
  
Nafiri menjelaskan, pengajuan dana hibah yang akan diusulkan haruslah bersifat sosial diantaranya untuk penanggulangan kemiskinan. Namun, pengajuan tersebut langsung dianggarkan oleh tim APBD pada awal tahun. “Begitu juga dengan pos bantuan juga tidak bisa bersifat mendadak. Dan sudah harus mengusulkan diawal tahun. Jadi kalau ada orang yang mendadak minta bantu saat ini, tidak akan bisa lagi dibantu, kecuali sudah dianggarkan di tahun sebelumnya,” ujarnya.
   
Saat ditanyai apakah hingga saat ini ada laporan pertanggungjawaban dana hibah yang bermasalah, ia mengatakan bahwa hal tersebut belum bisa dipastikan mengingat tahun anggaran 2011 belum berakhir.   “Untuk tahun ini memang belum memasuki akhir tahun dan masih ada yang belum dicairkan. Namun, kita tunggu LPj nya sampai akhir tahun nanti. Dan jika ada yang bermasalah, biasanya itu akan segera ditindaklanjuti,” pungkas Nafiri sembari menambahkan penganggaran dana hibah tahun 2012 sudah diusulkan melalui tim APBD Pangkalpinang. (rja)



comments powered by Disqus
EPaper Facebook twitter RSS
Punya Pabrik Ponsel 4G LTE Pertama di Cikarang
Punya Pabrik Ponsel 4G LTE Pertama di Cikarang
Smartfren, salah satu operator telekomunikasi lokal yang juga memasarkan perangkat ponsel berbasis Android mereka sendiri telah memulai operasi pabrik ponsel terbaru mereka yang berlokasi di Cikarang, Bekasi . Pabrik ini sebenarnya milik Haier Indonesia namum produknya akan dipasarkan sebagai produk Smartfren.
Ramos: Gol Morata Rusak Emosi Madrid
Ramos: Gol Morata Rusak Emosi Madrid
MADRID- Sergio Ramos tertunduk lesu setelah Real Madrid diimbangi Juventus dengan skor 1-1 pada leg kedua babak semifinal Liga Champions di Santiago Bernabeu, Kamis (14/5) dini hari WIB.
Ada Sekolah Swasta Khawatir Tak Dapat Siswa
Ada Sekolah Swasta Khawatir Tak Dapat Siswa
PANGKALPINANG - Dinas Pendidikan (Disdik) Pangkalpinang mulai melakukan persiapan menjelang pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran baru 2015/2016, berikut menggelar pertemuan guna jajak pendapat bersama anggota Komisi I DPRD Pangkalpinang.
Mitra Radar