Berita Pangkalpinang
Banyak Ormas & LSM Tanpa Badan Hukum
Kamis, 22 Agustus 2013 10:50 WIB | Dibaca 221 kali
PANGKALPINANG - Saat ini Organisasi kemasyarakatan (Ormas) atau Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) semakin menjamur di Bangka Belitung (Babel). Sayangnya dari sekian banyak ormas dan LSM yang ada, masih banyak pula ormas yang belum berbadan hukum.
Badan Kesatuan Bangsa Politik (Kesbangpol) Provinsi Bangka Belitung (Babel), hingga pada pertengahan tahun 2013 mencatat terdapat 170 ormas dan LSM se Babel yang baru terdaftar untuk mendapatkan legalitas.
Kepala Kesbangpol Babel, Hardi menghimbau kepada seluruh LSM yang berada di Babel dan belum terdaftar agar segera mendaftar. Hal itu dikatakan Hardi adalah demi kemajuan Babel yang tertib sesuai dengan visi misi yang telah dicanangkan oleh Gubernur.
"Kita terus melakukan pengawasan, yang belum terdaftarkan kita harapkan agar segera mendaftar, walaupun yang tidak terdaftar tetap kita bina tetapi lebih bagus mendaftar supaya jelas agar kita bermitra sehingga visi misi provinsi bisa berjalan sesuai dengan kelembagaan," ujarnya kepada wartawan, kemarin (21/8).
Dilanjutkan mantan kepala Inspektorat Babel itu Kesbangpol juga diakui Hardi dalam waktu dekat akan menggelar sosialisasi tentang Undang-undang nomor 17 tahun 2013 tentang ormas. Sosialisasi itupun menurut Hardi adalah harapan Rustam agar Babel dapat aman dengan keberadaan ormas dan LSM.
"September kita akan menyelenggarakan sosialisasi undang-undang 17 tahun 2013 ini. Pak Rustam Effendi juga berharap kepada masyarakat untuk dukungan semua mitra organisasi yang ada dapat bersinergi agar ini bisa terjadi pemberdayaan yang kuat sehingga memberikan kontribusi," ungkapnya.
Dalam waktu dekat pula Hardi mengungkapkan Kesbangpol juga akan segera melakukan agenda yang berkaitan dengan pembinaan agar ormas dan LSM tersebut dapat berjalan sesuai dengan kapasitas masing-masing. "Kita dalam waktu dekat ini akan berslaturahim dengan mengajak LSM termasuk juga dengan semua forum yang ada, komunikasi intelejen negara," bebernya.
Mulai dari pembinaan pengawasan dan sosialisasi itu ditegaskan Hardi sangatlah penting apalagi tidak lama lagi Indonesia akan dihadapkan dengan pesta demokrasi 5 tahunan. "Apalagi April 2014 pemilu legislatif, penting untuk membangun komunikiasi. Akan kita jadwalkan audiensi kelembagaan ini untuk merumuskan ke depan semua lembaga itu," tandasnya. (rga)



comments powered by Disqus
EPaper Facebook twitter RSS
Wedding Package Bumi Asih Hanya Rp 30 juta
Wedding Package Bumi Asih Hanya Rp 30 juta
PANGKALPINANG - Ingin membuat hari pernikahan Anda berkesan istimewa? Paket pernikahan Hotel Bumi Asih Pangkalpinang dapat menjadi pilihan tepat Anda dalam merencanakan pernikahan.
Bagi Minute Play saat Lawan Elche
Bagi Minute Play saat Lawan Elche
VALENCIA - Bukan kalah atau menang yang menjadi target timnas senior Indonesia selama menjalani rangkaian tur Spanyol. Alfred Riedl selaku pelatih timnas senior hanya ingin melakukan evaluasi dalam laga uji coba di Negeri Matador tersebut.
Kembali Bersekolah
Kembali Bersekolah
Kembali Bersekolah - Siti Aisyah Pulungan (8) mencium ayahnya Muhammad Nawawi Pulungan (54) yang dirawat di RS Pirngadi pada hari pertama ia kembali bersekolah di Medan, Sumut, Jumat (21/3). Sejak setahun terakhir Aisyah tidak ke sekolah karena merawat ayahnya yang sakit di atas becak. (ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi)
Mitra Radar