Berita Nusantara
Menteri BUMN Ngamuk di Gerbang Tol
Rabu, 21 Maret 2012 10:03 WIB | Dibaca 230 kali
Pangkas Antrian, Gratiskan Mobil Masuk Tol

JAKARTA - Hari masih pagi dan jarum baru menunjukkan pukul 06.10. Tapi ada hal yang tak biasa di gerbang tol Semanggi ke arah Slipi. Selasa (20/3) pagi, Menteri BUMN, Dahlan Iskan terlihat mengatur kendaraan yang akan memasuki gerbang tol Semanggi. Ternyata Dahlan sedang meminta puluhan kendaraan masuk gerbang tol dalam kota itu tanpa bayar. Penyebabnya, karena mantan Dirut PLN itu marah melihat antrian mobil sedemikian panjang, namun hanya dua loket yang melayani pengguna tol.
Humas Kementrian BUMN, Rudi Rusli kepada JPNN, Selasa (20/3), mengungkapkan, pukul 07.00 pagi tadi Dahlan dijadwalkan menggelar rapat "Selasaan" di kantor pusat Garuda di kawasan Bandara Soekarno-Hatta. "Waktu mau masuk tol antrian panjang sekali, lebih dari 30 mobil. Ini bertentangan dengan instruksi Pak Menteri yang minta antrian paling panjang lima mobil," ucap Rudi. Dahlan pun langsung turun dari mobil untuk memeriksa loket yang dioperasikan BUMN, PT Jasa Marga itu. Hanya dua loket masuk tol yang beroperasi, sedangkan dua loket lainnya masih tutup. Dua loket yang buka adalah satu loket manual dan satu loket otomatis.
Melihat itu, Dahlan langsung mengambil kursi yang ada di dalam loket yang masih tutup. Kursi itu langsung dibuang keluar loket. "Tidak ada gunanya kursi ini!" katanya. Dahlan berinisiatif membuka penghalang di dua loket yang masih belum dioperasikan.  Ia minta agar mobil yang antri segera masuk lewat loket kosong tanpa bayar. Lebih dari 100 mobil disuruh lewat begitu saja tanpa bayar. "Salah satu yang sedang lewat itu ternyata Pak Emirsyah Satar (Dirut Garuda)," ucap Rudi. Setelah antrian tak memanjang lagi dan pintu tol sepi, baru Dahlan meninggalkan lokasi. 
Dalam penjelasan resmi kepada JPNN.com (grup RB) terkait sikap marahnya di gerbang Tol Semanggi, dirinya tidak membanting kursi tetapi hanya membuangnya ke pinggir jalan. Sebab, imbuh dia, kursi itu betul-betul tidak ada gunanya karena petugas yang seharusnya bekerja tidak ada di loket di tengah-tengah antrean mobil masuk gerbang tol yang begitu panjang. "Ini juga bukan marah yang mendadak. Sudah tiga bulan saya minta agar antrean masuk tol jangan sampai menjengkelkan. Hampir setiap minggu saya SMS direksi Jasa Marga mengingatkan komitmen kepada masyarakat yang harus kita penuhi," tulis Dahlan Iskan.  yang dikirimkan dari Guangzhou, China, Selasa (20/3) sore.
Menurut Dahlan, setiap kali dirinya masuk ke gerbang Tol yang antre panjang, Dahlan selalu mengirimkan SMS kepada direksi. "Tapi kok tidak ada tindakan nyata. Sabtu lalu, jam 11.00 saat mau ke Bandung untuk bertemu mahasiswa ITB, saat masuk Pintu Tol Kalimalang-2, antrean juga panjang. Juga saya SMS direksinya," tambahnya. Ditambahkan, dirinya tidak henti-hentinya mengingatkan hal itu. "Pelayanan itu harus baik. Apalagi ini melayani orang yang mau membayar. Kalau melayani orang yang mau membayar saja tidak baik, bagaimana melayani masyarakat kecil yang tidak punya uang?" Sikap tersebut, langsung disambut positif dari berbagai kalangan. Pasalnya, langkah ini dinilai sangat inspiratif.
"Sebagai Menteri, beliau pagi-pagi sekali sudah berangkat kerja," kata Ketua bidang Riset dan Kebijakan Publik DPP Partai Bulan Bintang (PBB), Sukmo Harsono.  Kedua, lanjut Sukmo, dengan berangkat pagi itulah Dahlan Iskan bisa menemukan fakta di lapangan bahwa kinerja operator jalan tol, dalam hal ini Jasa Marga, tidak menunjukan disiplin kerja yang baik sehingga terjadi antrean di pintu tol Semanggi arah  Slipi. Inspirasi ketiga, masih kata Sukmo, adalah tindakan reponsif Dahlan Iskan yang langsung turun tangan dengan membuka paksa gerbang tol dan mengatur lalu lintas.
"Inilah contoh bagus dan konkret dari seorang abdi negara. Patut ditiru dan jadi sauri tauladan," tegas Sukmo, yang juga Ketua Aksi Pemenangan Pemilu DPP PBB. Bila semua menteri seperti Dahlan Iskan, Sukmo yakin negara ini akan menuju era kesuksesan yg sesungguhnya. Dan sisi lain, sudah saatnya operator jalan tol dievaluasi total. "Jangan cuma pandai membangun dan menaikan tarif, tapi tanggungjawab pelayanan sangat minimalis. Bagi pengelola jalan tol yang main-main saya harap di evaluasim dan diberikan punishment yang mendidik agar tidak merugikan secara konsumen secara masif," ungkap Sukmo.



comments powered by Disqus
EPaper Facebook twitter RSS
Bank Sumsel Babel Layani Penukaran Uang Riyal
Bank Sumsel Babel Layani Penukaran Uang Riyal
PANGKALPINANG - Untuk memudahkan nasabah yang ingin beribadah haji tahun ini, Bank Sumsel Babel siap melayani penukaran uang Riyal, baik pecahan 1, 5, 10, 20, 100, 200 maupun 500 real.
Sterling Bakal Dapat Kontrak Baru
Sterling Bakal Dapat Kontrak Baru
LIVERPOOL-Brendan Rodgers berencana mengapresiasi performa Raheem Sterling dengan kenaikan nilai kontrak di awal musim Premier League musim ini. Namun, manajer The Reds itu menyatakan harus berhati-hati membuat klausul kontrak agar pas dengan usia Sterling.
Bateng Kekurangan Buku Paket
"Jumlah buku paket untuk guru dan siswa masih kurang dari Kementerian Pendidikan Nasional dan kami diperbolehkan untuk memperbanyak,"
Mitra Radar