Berita Nusantara
Menteri BUMN Ngamuk di Gerbang Tol
Rabu, 21 Maret 2012 10:03 WIB | Dibaca 353 kali
Pangkas Antrian, Gratiskan Mobil Masuk Tol

JAKARTA - Hari masih pagi dan jarum baru menunjukkan pukul 06.10. Tapi ada hal yang tak biasa di gerbang tol Semanggi ke arah Slipi. Selasa (20/3) pagi, Menteri BUMN, Dahlan Iskan terlihat mengatur kendaraan yang akan memasuki gerbang tol Semanggi. Ternyata Dahlan sedang meminta puluhan kendaraan masuk gerbang tol dalam kota itu tanpa bayar. Penyebabnya, karena mantan Dirut PLN itu marah melihat antrian mobil sedemikian panjang, namun hanya dua loket yang melayani pengguna tol.
Humas Kementrian BUMN, Rudi Rusli kepada JPNN, Selasa (20/3), mengungkapkan, pukul 07.00 pagi tadi Dahlan dijadwalkan menggelar rapat "Selasaan" di kantor pusat Garuda di kawasan Bandara Soekarno-Hatta. "Waktu mau masuk tol antrian panjang sekali, lebih dari 30 mobil. Ini bertentangan dengan instruksi Pak Menteri yang minta antrian paling panjang lima mobil," ucap Rudi. Dahlan pun langsung turun dari mobil untuk memeriksa loket yang dioperasikan BUMN, PT Jasa Marga itu. Hanya dua loket masuk tol yang beroperasi, sedangkan dua loket lainnya masih tutup. Dua loket yang buka adalah satu loket manual dan satu loket otomatis.
Melihat itu, Dahlan langsung mengambil kursi yang ada di dalam loket yang masih tutup. Kursi itu langsung dibuang keluar loket. "Tidak ada gunanya kursi ini!" katanya. Dahlan berinisiatif membuka penghalang di dua loket yang masih belum dioperasikan.  Ia minta agar mobil yang antri segera masuk lewat loket kosong tanpa bayar. Lebih dari 100 mobil disuruh lewat begitu saja tanpa bayar. "Salah satu yang sedang lewat itu ternyata Pak Emirsyah Satar (Dirut Garuda)," ucap Rudi. Setelah antrian tak memanjang lagi dan pintu tol sepi, baru Dahlan meninggalkan lokasi. 
Dalam penjelasan resmi kepada JPNN.com (grup RB) terkait sikap marahnya di gerbang Tol Semanggi, dirinya tidak membanting kursi tetapi hanya membuangnya ke pinggir jalan. Sebab, imbuh dia, kursi itu betul-betul tidak ada gunanya karena petugas yang seharusnya bekerja tidak ada di loket di tengah-tengah antrean mobil masuk gerbang tol yang begitu panjang. "Ini juga bukan marah yang mendadak. Sudah tiga bulan saya minta agar antrean masuk tol jangan sampai menjengkelkan. Hampir setiap minggu saya SMS direksi Jasa Marga mengingatkan komitmen kepada masyarakat yang harus kita penuhi," tulis Dahlan Iskan.  yang dikirimkan dari Guangzhou, China, Selasa (20/3) sore.
Menurut Dahlan, setiap kali dirinya masuk ke gerbang Tol yang antre panjang, Dahlan selalu mengirimkan SMS kepada direksi. "Tapi kok tidak ada tindakan nyata. Sabtu lalu, jam 11.00 saat mau ke Bandung untuk bertemu mahasiswa ITB, saat masuk Pintu Tol Kalimalang-2, antrean juga panjang. Juga saya SMS direksinya," tambahnya. Ditambahkan, dirinya tidak henti-hentinya mengingatkan hal itu. "Pelayanan itu harus baik. Apalagi ini melayani orang yang mau membayar. Kalau melayani orang yang mau membayar saja tidak baik, bagaimana melayani masyarakat kecil yang tidak punya uang?" Sikap tersebut, langsung disambut positif dari berbagai kalangan. Pasalnya, langkah ini dinilai sangat inspiratif.
"Sebagai Menteri, beliau pagi-pagi sekali sudah berangkat kerja," kata Ketua bidang Riset dan Kebijakan Publik DPP Partai Bulan Bintang (PBB), Sukmo Harsono.  Kedua, lanjut Sukmo, dengan berangkat pagi itulah Dahlan Iskan bisa menemukan fakta di lapangan bahwa kinerja operator jalan tol, dalam hal ini Jasa Marga, tidak menunjukan disiplin kerja yang baik sehingga terjadi antrean di pintu tol Semanggi arah  Slipi. Inspirasi ketiga, masih kata Sukmo, adalah tindakan reponsif Dahlan Iskan yang langsung turun tangan dengan membuka paksa gerbang tol dan mengatur lalu lintas.
"Inilah contoh bagus dan konkret dari seorang abdi negara. Patut ditiru dan jadi sauri tauladan," tegas Sukmo, yang juga Ketua Aksi Pemenangan Pemilu DPP PBB. Bila semua menteri seperti Dahlan Iskan, Sukmo yakin negara ini akan menuju era kesuksesan yg sesungguhnya. Dan sisi lain, sudah saatnya operator jalan tol dievaluasi total. "Jangan cuma pandai membangun dan menaikan tarif, tapi tanggungjawab pelayanan sangat minimalis. Bagi pengelola jalan tol yang main-main saya harap di evaluasim dan diberikan punishment yang mendidik agar tidak merugikan secara konsumen secara masif," ungkap Sukmo.



comments powered by Disqus
EPaper Facebook twitter RSS
Hino Luncurkan Truk Tangguh yang Jago Cari Duit
Hino Luncurkan Truk Tangguh yang Jago Cari Duit
TANGERANG - PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) sebagai main dealer kendaraan terus memperluas layanan penjualan dan purna jualnya di Jl Daan Mogot Km 20 No 8 Batu Ceper, Tangerang, Kamis (26/3). Dibawah kendali PT Armindo Perkasa (AP), dealer resmi ke-153 di Indonesia ini lengkap dengan fasilitas 3S (Sales, Service & Sparepart).
Ketum PSSI tak Boleh Terlilit Masalah
Ketum PSSI tak Boleh Terlilit Masalah
JAKARTA- Mantan anggota Komite Eksekutif PSSI Ashar Suryobroto mengatakan, pengurus PSSI harus lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Hal itu diungkapkan terkait dengan Kongres PSSI pada 18 April nanti.
Beltim Bebas Buku Radikal Siswa
Beltim Bebas Buku Radikal Siswa
MANGGAR - Menindaklanjuti maraknya temuan buku pelajaran agama yang memuat bahasan radikal di sejumlah sekolah menengah di kabupaten/kota di Indonesia, Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Beltim tidak menemukan peredaran buku dimaksud.
Mitra Radar