Hasil Survei Terbaru: Elektabilitas Gerindra, Wouw!


Hasil Survei Terbaru: Elektabilitas Gerindra, Wouw!

JAKARTA - Hasil survei Alvara Research Centre menunjukkan bahwa Partai Golkar, PDIP, dan Gerindra merupakan tiga partai dengan popularitas tertinggi. Namun untuk elektabilitas, Golkar menempati posisi ketiga.

Golkar tingkat popularitasnya 97,6%, PDIP sebesar 96,8%, dan Gerindra sebesar 91,5%.

Partai baru dengan popularitas tertinggi dimiliki oleh Perindo dengan popularitas 69,1%.

Menurut Founder & CEO Alvara Research Centre Hasanuddin Ali, hasil analisis perceptual mapping untuk melihat citra masing-masing partai menunjukkan ada tiga kelompok partai yang memiliki citra hampir sama.

Pertama, Golkar dan PDIP yang memiliki citra sebagai partai nasionalis, memiliki program bagus, membawa perubahan, dekat dengan rakyat, dan mampu menyelasaikan masalah.

Kedua, Nasdem, Gerindra, Demokrat, Hanura, dan Perindo memiliki citra partai yang memiliki tokoh karismatik, modern, dan memiliki tokoh muda. Ketiga adalah PKS, PKB, PPP, PAN, PBB yang lekat dengan citra partai agamis.

"PDIP dan Gerindra memiliki elektabilitas tertinggi. Riset ini juga menemukan jika Pemilu dilaksanakan hari ini maka PDIP akan tampil sebagai pemenang dengan elektabilitas sebesar 28,4 persen," terang Hasan saat memaparkan hasil survey, Jumat (23/2).

Kemudian diikuti oleh Partai Gerindra (17,3%), Golkar (8,2%), Demokrat (4,9%), dan PKB (4,2). Sedangkan responden yang belum memutuskan pilihan sebesar 25,6 persen."Kerja keras perlu dilakukan partai dengan elektabilitas kurang dari empat persen seperti PKS, Perindo, PAN, Nasdem, PPP, PSI, dan Hanura untuk bisa mencapai parliamentary threshold," beber Hasan. (esy/jpnn)





Berikan Komentar

Nusantara Lainnya
Tak Ada Tanggal Merah untuk Berantas Korupsi
Tak Ada Tanggal Merah untuk Berantas Korupsi
Senin, 18 Juni 2018 21:37 WIB
JAKARTA -Meski memasuki hari libur Lebaran, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan pemberantasan korupsi tak berhenti. Juru Bicara KPK Febri Diansyah
KPK Pastikan Novanto Lunasi Uang Pengganti USD 7,3 Juta
KPK Pastikan Novanto Lunasi Uang Pengganti USD 7,3 Juta
Senin, 18 Juni 2018 21:19 WIB
JAKARTA - Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah mengatakan, terpidana kasus korupsi pengadaan e-KTP Setya Novanto belum melunasi
Arus Mudik 2018 Alami Penurunan Kemacetan 60 Persen
Arus Mudik 2018 Alami Penurunan Kemacetan 60 Persen
Senin, 18 Juni 2018 21:16 WIB
JAKARTA -Puncak arus mudik 2018 telah berlalu. Bahkan sejumlah masyarakat saat ini satu persatu mulai kembali ke perantauan. Kendati demikian
Tim SAR Hentikan Total Pencarian, Semua Korban Hilang Sudah Ditemukan
Tim SAR Hentikan Total Pencarian, Semua Korban Hilang Sudah Ditemukan
Rabu, 13 Juni 2018 21:21 WIB
KAYUAGUNG - Pencarian korban tenggelamnya speed boot Albert yang mengalami kecelakaan Rabu (13/6) pukul 09.00 WIB akhirnya ditemukan.