Hasil Survei Terbaru: Elektabilitas Gerindra, Wouw!


Hasil Survei Terbaru: Elektabilitas Gerindra, Wouw!

JAKARTA - Hasil survei Alvara Research Centre menunjukkan bahwa Partai Golkar, PDIP, dan Gerindra merupakan tiga partai dengan popularitas tertinggi. Namun untuk elektabilitas, Golkar menempati posisi ketiga.

Golkar tingkat popularitasnya 97,6%, PDIP sebesar 96,8%, dan Gerindra sebesar 91,5%.

Partai baru dengan popularitas tertinggi dimiliki oleh Perindo dengan popularitas 69,1%.

Menurut Founder & CEO Alvara Research Centre Hasanuddin Ali, hasil analisis perceptual mapping untuk melihat citra masing-masing partai menunjukkan ada tiga kelompok partai yang memiliki citra hampir sama.

Pertama, Golkar dan PDIP yang memiliki citra sebagai partai nasionalis, memiliki program bagus, membawa perubahan, dekat dengan rakyat, dan mampu menyelasaikan masalah.

Kedua, Nasdem, Gerindra, Demokrat, Hanura, dan Perindo memiliki citra partai yang memiliki tokoh karismatik, modern, dan memiliki tokoh muda. Ketiga adalah PKS, PKB, PPP, PAN, PBB yang lekat dengan citra partai agamis.

"PDIP dan Gerindra memiliki elektabilitas tertinggi. Riset ini juga menemukan jika Pemilu dilaksanakan hari ini maka PDIP akan tampil sebagai pemenang dengan elektabilitas sebesar 28,4 persen," terang Hasan saat memaparkan hasil survey, Jumat (23/2).

Kemudian diikuti oleh Partai Gerindra (17,3%), Golkar (8,2%), Demokrat (4,9%), dan PKB (4,2). Sedangkan responden yang belum memutuskan pilihan sebesar 25,6 persen."Kerja keras perlu dilakukan partai dengan elektabilitas kurang dari empat persen seperti PKS, Perindo, PAN, Nasdem, PPP, PSI, dan Hanura untuk bisa mencapai parliamentary threshold," beber Hasan. (esy/jpnn)





Berikan Komentar

Nusantara Lainnya
Direktorat Lalu Lintas Terapkan Tilang Elektronik Mulai 1 November
Direktorat Lalu Lintas Terapkan Tilang Elektronik Mulai 1 November
Senin, 15 Oktober 2018 13:07 WIB
JAKARTA - Pihak Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memastikan penindakan tilang elektronik terhadap pengendara yang melanggar aturan diberlakukan mulai
Erzaldi : Semoga Lekas Sembuh Pak Arub
Erzaldi : Semoga Lekas Sembuh Pak Arub
Senin, 15 Oktober 2018 11:38 WIB
PALEMBANG - Gubernur Babel Erzaldi Rosman didampinggi Hj Melati dan Sekda Babel Yan Megawandi beserta Kadispora Babel, Suharto membesuk Walikota
Bantuan Sembako Dirasakan Belum Merata, Harga Beras Tembus Rp1 juta Perkarung
Bantuan Sembako Dirasakan Belum Merata, Harga Beras Tembus Rp1 juta Perkarung
Rabu, 10 Oktober 2018 13:42 WIB
DONGGALA- Meski bantuan terus berdatangan dari penjuru daerah namun tidak sedikit dari pengungsi pesisir barat kabupaten Donggala, tepatnya di
Kesepakatan Fee Proyek Jalan Masuk KPK  OTT Walikota Pasuruan
Kesepakatan Fee Proyek Jalan Masuk KPK OTT Walikota Pasuruan
Jum'at, 05 Oktober 2018 14:28 WIB
JAKARTA - Wali Kota Pasuruan 2016-2021 Setiyono diduga menerima suap melalui orang-orang dekatnya yang memiliki sebutan "Trio Kwek-Kwek".