Berita Muntok
Kian Menjamur, Bangka Barat mesti Miliki Perda Tower
Sabtu, 17 Maret 2012 09:29 WIB | Dibaca 374 kali
MUNTOK – Menjamurnya keberadaan tower di Bangka Barat (Babar) membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Babar diminta segera membuat aturan mengenai hal tersebut. Ketua Badan Legislatif (Banleg) DPRD Bangka Barat Rdo Sri Sardi Buman, S. Pdi, di Muntok, kamis (15/3) kemarin, mengatakan, ada beberapa perimbangan, kenapa harus segera dibuatkan perda. Pertama, kata dia, sesuai UU no 28 tahun 2009, tentang pajak dan retribusi daerah. Pada UU tersebut disebutkan dalam pasal 110 ayat (1) huruf N disebutkan adanya retribusi pengendalian telekomunikasi, tower masuk di dalam UU itu. Pertimbangan berikutnya, adalah berdasarkan UU itu pula, ada penyesuaian mengenai semua retribusi harus disahkan sebelum tahun 2012.
   
“Jika sampai tidak, bisa menjadi kecelakaan sejarah. Apalagi potensi dari tower ini sangat tinggi juga,” ungkapnya.  Potensi pendapatan dari retribusi tower nanti kata dia, akan lebih besar dari pada biaya pengendalian dan pengawasan. Selain itu, tower kata dia dalam UU no 28 tahun 2009 juga masuk dalam kategori jasa umum.
   
“Terhadap hal itu kita mendesak pemerintah untuk segera membuat draf mengenai tower ini,” jelas dia.  Bahkan tidak ada alasan lagi untuk menolak, apalagi banyak pertimbangan legal yang memungkinkannya. “Jadi perlu kami tegaskan di tahun 2012, sudah harus dipungut. Jika tidak, bisa jadi kecelakaan sejarah,” tandasnya.
   
Menurut politisi PPP ini, salah satu masalah krusial dalam penataan wilayah itu adalah soal telekomunikasi. “Hal ini menjadi perhatian kita, untuk masalah telekomunikasi harus disiapkan mengenai regulasinya segera,” jelas dia. Adanya regulasi itu juga untuk menekan menjamurnya tower dari berbagai operator. “Jika dibiarkan terus, pada gilirannya Bangka Barat bisa menjadi kota seribu tower, bukan kota bersejarah lagi,” ungkapnya. (dv)



comments powered by Disqus
EPaper Facebook twitter RSS
Pembangunan BCA Kantor Cabang Utama Dimulai
Pembangunan BCA Kantor Cabang Utama Dimulai
PANGKALPINAG - Peletakan batu pertama kantor cabang utama Bank Central Asia (BCA) Pangkalpinang, Rabu (27/5) di jalan Koba (depan Novotel) berlangsung secara sederhana.
FIFA diterpa korupsi, sponsor gundah
FIFA diterpa korupsi, sponsor gundah
Zurich - Pasca penangkapan sembilan sosok sepak bola dunia karena terindikasi korupsi di Zurich, pada Rabu (27/5), dan tujuh di antaranya justru petinggi FIFA, kini memicu sikap gundah gulana dari sejumlah sponsor di kancah sepak bola global.
Outbond untuk Jiwa Sosial Anak Usia Dini
Outbond untuk Jiwa Sosial Anak Usia Dini
NAMANG - Lapangan sepak bola Desa Namang, Rabu (27/5) kemarin dipadati ratusan anak dari berbagai Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se-kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah (Bateng). Disertai orangtua, para anak ini larut dalam keceriaan kegiatan outbond yang digelar
Mitra Radar