Buaya Doyan Kerupuk Jadi Tontonan


Buaya Doyan Kerupuk Jadi Tontonan

    KELAPA - Buaya salah satu hewan predator air yang sangat ganas. Bahkan buaya tak segan-segan mencabik daging mangsanya. Namun berbeda halnya dengan buaya yang ada di Sungai Air Mancung, Kecamatan Kelapa, Kabupaten Bangka Barat (Babar). Buaya tersebut suka makan kerupuk yang diberikan warga, bingungkan.

    Tapi ini benar terjadi. Kini keberadaan buaya-buaya menjadi tontonan warga. Kejadian ini pun sempat Radar Bangka saksikan, Senin (15/5) kemarin, tepatnya di jembatan penghubung jalan menuju Desa Kayu Areng. Setidaknya ada tiga ekor buaya berukuran cukup besar sekitar panjang 6 meter dan lebar badan 75 diameter yang terlihat saat itu.

    "Kalau nggak percaya kita lempar kerupuk ini pasti langsung disantapnya," kata Ijon, warga Desa Mancung. Benar kerupuk sebungkus plastik sekitar disambar penghuni baru Sungai Air Mancung. Menurut Ijon, keberadaan ketiga buaya di bawah jembatan diketahui sudah satu tahun ini. Diceritakannya, pertama kali buaya tersebut ditemukan salah satu pedagang kerupuk yang pada saat itu berhenti di bahu jalan untuk membuang kerupuk yang sudah tak layak lagi dikomsumsi. 

    "Pertama kali ditemukan pedagang kerupuk itu lah. Pada saat itu, hendak membuang kerupuk yang sudah tak layak lagi ke sungai, tiba-tiba muncul tiga ekor buaya itu. Memang sudah kebiasaan penjual kerupuk yang tidak laku dijual dan dikonsumsi selalu dibuang ke sini (sungai air mancung,red), "terangnya.

    Menurutnya, ketiga binatang buas tersebut cukup bersahabat dengan warga sekitar, terutama warga Desa Mancung. "Belum lama ini ada warga kita berperahu dimana dirinya pada saat membawa kerupuk untuk bekal pada saat mau memancing. Tiba-tiba buaya ini terus membututi perahunya dari belakang. Cuma membuntuti, tidak ganggu. Kemudian kerupuk dilempar ke sungai setelah itu buayanya langsung pergi. Allhamdulilah selama ini ketiga buaya ini cukup bersahabat dengan warga. Bahkan saat ini jembatan Sungai Air Mancung menjadi ramai karena banyak orang ingin melihat buaya ini makan kerupuk, " cerita Ijon.

    Beredarnya informasi buaya yang hobi makan kerupuk di Desa Mancung akhir akhir ini cukup menghebohkan warga Babar khususnya Kecamatan Kelapa. Saat ini jembatan tersebut mendadak ramai dikunjungi warga luar yang ingin melihat ketiga buaya tersebut.(ray)





Berikan Komentar

Muntok Lainnya
5 Bulan Belum Terima Gaji, Kades Terpaksa Nyadap Karet
5 Bulan Belum Terima Gaji, Kades Terpaksa Nyadap Karet
Selasa, 16 Mei 2017 19:05 WIB
MUNTOK - Belum diterimanya gaji oleh 60 Kepala Desa (Kades) se Kabupaten Bangka Barat (Babar) sejak Januari 2017, menyebabkan mereka
Nelayan Terganggu Oli KIP 14
Nelayan Terganggu Oli KIP 14
Selasa, 09 Mei 2017 00:39 WIB
TEMPILANG - Antisipasi yang dilakukan PT Timah dengan memasang oil boom agar tak melubernya tumpahan minyak dan oli Kapal Isap
Dengar Pendapat Polemik Rencana Tambang Batu Bukit Kukus, "Kebijakan Ini Ngeri-ngeri Sedap"
Dengar Pendapat Polemik Rencana Tambang Batu Bukit Kukus, "Kebijakan Ini Ngeri-ngeri Sedap"
Kamis, 04 Mei 2017 19:48 WIB
MUNTOK - DPRD Kabupaten Bangka Barat (Babar), Rabu (3/5) kemarin menggelar rapat dengar pendapat terkait rencana tambang batu Bukit Kukus
Teliti Sejarah Keturunan Khei, Ahli Sejarah Tiongkok Kunjungi Babar
Teliti Sejarah Keturunan Khei, Ahli Sejarah Tiongkok Kunjungi Babar
Rabu, 03 Mei 2017 14:13 WIB
MUNTOK - Tujuh orang peneliti dan ahli sejarah dari Tiongkok melakukan kunjungan ke Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat (Babar), Selasa