Pengedar Somadril Diringkus saat Menunggu Pembeli


Pengedar Somadril Diringkus saat Menunggu Pembeli

    MUNTOK - Kepolisan Resor (Polres) Bangka Barat (Babar) meringkus dua pemuda yang diduga mengedarkan dan menyalahgunakan Somadril, obat penenang, di Kecamatan Tempilang.

    "Dua pemuda masing-masing Sultan (22), warga Desa Bentengkota dan Andi(36), warga Gang Mayat Kecamatan Tempilang ditangkap personel Satres Narkoba Polres pada Rabu (4/1) sekitar pukul 22.00 WIB," kata Kapolres Babarengka Barat melalui Kepala Satres Narkoba AKP Andri Eko, pekan kemarin. Ia mengatakan, penangkapan terhadap para pelaku menindaklanjuti informasi warga yang mulai resah terkait maraknya peredaran obat penenang jenis Somadril di wilayah tersebut.

    Menurut dia, Somadril tidak hanya dikonsumsi orang dewasa tetapi juga sudah banyak anak-anak yang menderita ketergantungan pada obat penenang yang memiliki efek memabukkan tersebut. "Para pelaku kami tangkap dan akan kami jerat dengan Undang Undang Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan, dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara," katanya.

    Ia menerangkan, penangkapan terhadap pelaku berkat peran aktif masyarakat yang memberikan informasi ketertiban dan keamanan di lingkungannya. "Mendapatkan informasi tersebut, kami segera melakukan penyelidikan dan mendapati Sultan sedang menunggu pembeli di Gang Gelud, Desa Tempilang," katanya.

    Tak lama kemudian, kata dia, tersangka Andi yang diduga sebagai bandar, datang ke lokasi tersebut dan berhasil ditangkap. "Saat ini mereka sudah kami tahan di Mapolres Bangka Barat untuk penyidikan dan proses hukum lebih lanjut," katanya.

    Terpisah, Polsek Tempilang juga berhasil meringkus dua orang yang diduga menjadi pengedar sabu-sabu dan mengamankan barang bukti guna proses hukum selanjutnya. "Dua orang masing-masing RO (36), laki-laki dan Ez (30), perempuan, kami tangkap pada Kamis (5/1) beserta sejumlah barang bukti yang dibawa para pelaku," kata Kapolsek Tempilang Iptu A Tomi saat dihubungi.

    Ia mengatakan para pelaku ditangkap karena diduga melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkoba, dengan barang bukti berupa sabu-sabu satu paket senilai Rp1.500.000, dua paket senilai Rp800.000, dua paket senilai Rp450.000, dua paket senilai Rp250.000, satu paket ukuran besar dan tujuh kecil. "Kami juga menemukan alat pengisap berupa kaca pirek, tiga unit telepon seluler, dan satu unit mobil Toyota Avanza dengan nomor polisi BN 143 QS," katanya.

    Ia menerangkan para pelaku diringkus pada Kamis (5/1) sekitar pukul 14.30 WIB oleh Tim Polsek Tempilang menindaklanjuti informasi warga yang menyebutkan di Jalan Raya Desa Sangku terjadi transaksi narkoba. Setelah petugas mendapatkan informasi tersebut, kemudian bergerak, dan saat di perjalanan polisi melihat mobil seperti yang diinformasikan sehingga langsung memberhentikannya.

    "Pada saat itu mobil tidak mau berhenti dan berusaha melarikan diri, namun akhirnya dapat kami hentikan dan pelaku langsung diringkus," kata dia. Saat ini, tersangka dan barang bukti masih dalam proses penyidikan oleh Satuan Resnarkoba di Mapolsek Tempilang.(ant/rb)





Berikan Komentar

Muntok Lainnya
Peringati Hari Lahir Lord Baden Powell
Peringati Hari Lahir Lord Baden Powell
Jum'at, 24 Februari 2017 10:23 WIB
MUNTOK - Peringatan hari lahir Lord Baden Powell ke-160 dilaksanakan, Rabu (22/2) malam di lapangan Gelora Muntok.
Parhan Sambut Kepala Pengadilan Agama Muntok
Parhan Sambut Kepala Pengadilan Agama Muntok
Jum'at, 24 Februari 2017 10:20 WIB
MUNTOK - Bupati Bangka Barat (Babar), Parhan Ali menyambut Kepala Pengadilan Agama Muntok yang baru, Herman Supriyadi menggantikan H Asmuni,
Polisi Ringkus Gerombolan Pencuri
Polisi Ringkus Gerombolan Pencuri
Jum'at, 24 Februari 2017 10:14 WIB
MUNTOK - Tim gabungan Polres Bangka Barat (Babar) menangkap lima orang laki-laki yang diduga menjadi gerombolan pencuri sepeda motor dan
Pagi-pagi Datangi RSUD SS Babar
Pagi-pagi Datangi RSUD SS Babar
Kamis, 23 Februari 2017 14:04 WIB
MUNTOK - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bangka Barat (Babar), Yunan Helmi mendatangi RSUD SS, Rabu (22/2) kemarin.