Calon Pelanggan PLN Kembali Ngeluh. Pasang KWH 1.300, Diminta Rp 3,5 Juta


Calon Pelanggan PLN Kembali Ngeluh. Pasang KWH 1.300, Diminta Rp 3,5 Juta

KOBA (radarbangka.co.id) - Keluhan terhadap tingginya biaya sambungan baru listrik kembali muncul. Setelah pekan lalu warga Sungailiat, kali ini giliran warga Koba yang mengeluhkannya. Rev, warga Berok Kelurahan Arung Dalam Kecamatan Koba, salah satu calon pelanggan baru PLN mengeluhkan tingginya tarif pemasangan baru PLN yang ditetapkan pihak instalatir yang menjadi mitra kerja PT PLN.

Rev mengaku, untuk pemasangan KWH 1300 V.A ia diminta oleh pihak instalatir sebesar Rp 3,5 juta. Padahal sepengetahuannya biaya resmi dari PLN hanya sebesar Rp 995 ribu saja.

“Kalau biaya pemasangan baru yang kita bayar kepada PLN sebesar Rp 995.000 untuk 1.300 VA tidak masalah, tapi biaya instalatir ini yang memberatkan kita,” ungkap Rev kepada RB, Jumat (17/6).

Rev menceritakan, awalnya pihak instalatir mematok biaya sebesar Rp 3,5 juta, namun kemudian ditawar menjadi Rp 3 juta. “Kita minta dikurangi biayanya, sebab kita sudah ada jaringan instalasi. Jujur kita merasa berat untuk membayar biaya instalaltir sebesar Rp 3 juta,” ungkapnya.

Karena belum ada kesepakatan harga, menurut Rev, pihak instalatir tersebut urung memasang KWH miliknya.

“Kami bingung sebenarnya berapa sih biaya untuk pemasangan listrik baru kepada instalatir yang menjadi mitra PLN tersebut,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala PLN Ranting Koba, M. Isra menjelaskan, biaya pemasangan PLN sudah ada standarnya yakni, untuk 900 VA sebesar Rp 775.000 dan 1.300 VA  biaya sebesar Rp. 975.000, sedangkan untuk biaya pemasangan sambungan jaringan instalatir itu dilakukan perusahaan mitra PLN. 

“Secara detail kita tidak tahu berapa rincian biaya setiap item, namun jika tidak salah jika rumah tersebut sudah ada jaringan standar instalatir, maka konsumen hanya dikenakan biaya sebesar 50 persen,” jawab Isra. (fer)



Berikan Komentar

Koba Lainnya
Panwaslu Bateng Gelar Rakor Bersama Stakeholders
Panwaslu Bateng Gelar Rakor Bersama Stakeholders
Selasa, 12 Desember 2017 12:02 WIB
KOBA - Panwaslu Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) Provinsi Kepulauan Babel menggelar rapat koordinasi perdana 2017 bersama unsur stakeholders di Gedung
Penyaluran Pupuk Subsidi Harus Diawasi Ketat
Penyaluran Pupuk Subsidi Harus Diawasi Ketat
Selasa, 12 Desember 2017 11:58 WIB
KOBA - Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) diminta untuk mengawasi peredaran bantuan pupuk subsidi
Angka Pencari Kerja Cukup Tinggi, Bateng Belum Miliki BLK
Angka Pencari Kerja Cukup Tinggi, Bateng Belum Miliki BLK
Selasa, 12 Desember 2017 11:56 WIB
KOBA - Berdasarkan data yang berhasil dihimpun Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPPTSPK) Kabupaten
Jelang Pileg, Gerindra Siapkan Kandidat Berkompeten
Jelang Pileg, Gerindra Siapkan Kandidat Berkompeten
Selasa, 12 Desember 2017 11:54 WIB
KOBA - Dalam program kerja Komisi A Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra Bangka Tengah (Bateng), telah dibuat peta kajian politik