DPRD Ancang-ancang Pengangkatan Ibnu Saleh


DPRD Ancang-ancang Pengangkatan Ibnu Saleh

    KOBA - DPRD Bangka Tengah (Bateng) sudah mempersiapkan paripurna pemberhentian Erzaldi Rosman sebagai Bupati Bateng. Ketua DPRD Bateng Algafry Rahman menjelaskan, DPRD telah mengagendakan secara terencana kegiatan-kegiatan dalam ruang lingkup DPRD Bateng pada bulan Mei ini dalam rapat Banmus.

    "Memang dalam masalah pelantikan gubernur ini bukan ranahnya kita, namun Pemprov Babel. Hanya saja, orang (Erzaldi -red) yang dilantik tersebut merupakan pimpinan tertinggi di Kabupaten Bateng sehingga ada keterkaitan dalam problema ini bagi DPRD kita," ungkapnya, kemarin (8/5).

    Bukan hanya itu, pria yang biasa disapa Bang Ayi ini juga telah membahas bersama jajaran komisi dan keanggotaan ancang-ancang usulan pengangkatan Ibnu Saleh yang saat ini menjabat sebagai Plt Bupati Bateng sembari menunggu surat pemberhentian resmi dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri). "Untuk jabatan Plt Bupati Bateng kami lihat dan sesuaikan dengan Pasal 65 UU Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah, pengangkatannya tidak perlu menunggu surat atau penetapan lainnya. Akan tetapi ketika bupati berhalangan sementara dan berhalangan tetap, maka secara otomatis jabatan plt bupati oleh wabup itu sendiri," ungkapnya.

    Lanjutnya, agenda terpenting saat penetapan dan pengangkatan Plt Bupati sesuai amanah UU tadi dilakukan harus melalui rapat paripurna oleh pihak DPRD. "Setelah DPRD mendapat surat pemberhentian Erzaldi sebagai Bupati dari Mendagri, maka kami segera melakukan pengusulan bupati definitif Bateng. Kemudian setelah dilantik, bupati definitif yang telah ditetapkan tersebut wajib memilih calon Wakil Bupati untuk diusulkan ke DPRD lagi," tambahnya.

    Untuk pengusulan kursi wabup sendiri kata Ayi, boleh dilakukan pengusulan hanya untuk dua nama saja, hal itu juga sesuai pengusulan oleh partai pengusungnya. Barulah usai dua nama ini diusulkan, DPRD akan memilih guna ditetapkan dan dilantik sebagai wabup bateng yang baru. "Untuk tahap kurun waktu penetapan wabup baru, dalam hal ini pastinya tergantung dari partai pengusung pasangan tersebut pada saat mereka mencalonkan diri sebagai bupati dan wabup Bateng. Tinggal kita menerima pengusulan dua nama itu tadi saja," ungkap politisi Golkar ini.

    Masih tentang pengangkatan wabup baru, DPRD Bateng mengklaim yakini proses berlangsungnya tidak akan memakan waktu yang lama dikarenakan pihaknya nanti membentuk panitia pemilihan yang bertugas untuk menyusun tatib pemilihan yang sebagaimana mestinya dilakukan. "Kami yakin proses pemilihan wabup baru tidak akan memakan waktu yang lama.Tim akan disiapakan bentuk panitia pemilihan dan setelah itu, proses pemilihan akan dilakukan secara prosedural," tutup Ayi.(Cr3)





Berikan Komentar

Koba Lainnya
Yogyakarta Jajaki Bisnis Produk UMKM di Bangka Tengah
Yogyakarta Jajaki Bisnis Produk UMKM di Bangka Tengah
Jum'at, 23 Februari 2018 12:20 WIB
KOBA - Kota Yogyakarta menjajaki kerja sama bisnis produk hasil usaha miro kecil dan menenangah (UMKM) di Kabupaten Bangka Tengah,
 Perda Inisiatif Zakat Perkuat Payung Hukum
Perda Inisiatif Zakat Perkuat Payung Hukum
Jum'at, 23 Februari 2018 12:18 WIB
KOBA - Kurang optimalnya pengelolaan zakat bagi ASN di Pemkab Bangka Tengah (Bateng) setiap tahunnya mengarahkan pihak legislatif membuat perda
FMP2 Siap Perkarakan Pelaku Pencelah Pimpinan Daerah
FMP2 Siap Perkarakan Pelaku Pencelah Pimpinan Daerah
Jum'at, 23 Februari 2018 12:15 WIB
KOBA - Forum Masyarakat Pecinta Pemimpin Bangka Tengah (FMP2 Bateng) koordinasi bersama Satpolpp siap melaporkan oknum pelaku pencelah Pimpinan Daerah
Investor Korea Tertarik Bangun PLTU di Kabupaten Bangka Tengah
Investor Korea Tertarik Bangun PLTU di Kabupaten Bangka Tengah
Jum'at, 23 Februari 2018 11:39 WIB
KOBA - Investor dari Korea tertarik untuk menanamkan modalnya membangun pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) di Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten