Sudarto Ingin Bangun Agrowisata Buah Naga


Sudarto Ingin Bangun Agrowisata Buah Naga

KOBA - Menjadikan kebun buah naga sebagai kawasan agrowisata baru di Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), menjadi mimpi tersendiri bagi Sudarto. Warga Penyak ini kini memang memiliki 5.000 tanaman buah naga. Diatas lahan seluas 13 hektare, Sudarto mengaku memulai menanam buah naga sejak tahun 2009. Saat itu kata dia, baru menanam dua pohon.

    "Ya terlepas kerja keras saya fokus membangun ini semua dari nol, saya sangat bersyukur kepada Sang Khalik atas ridonya membuat saya berhasil membudidayakan buah naga ini," katanya penuh suka cita kepada Radar Bangka, kemarin (2/3). Sudarto mengaku, pada awalnya hanya bersifat mencoba lalu dilakukan perawatan hingga masa panen membuahkan hasil 23 kilogram membuatnya jadi tertarik. "Saya sempat kaget pada panen awal seberat 23 kilo semuanya, perlahan dicoba menekuni lebih dalam. Namun karena belum ada modal sedikit dulu. Pernah kemarin masyarakat setempat anggap sebelah mata usaha ini, namun saya tidak menghiraukan karena belum dicoba belum tau jawabannya kan. Bisa dilihat sekarang perkembangannya," terangnya.

    Lebih lanjut, ia mengatakan kalau sistem panen sendiri biasanya dua kali dalam sebulan. Lahan tersebut sudah dibuka 13 hektar namun yang baru dipakai hanya 4 hektar. "Saat ini sudah tumbuh dan berkembang sekitar 5000 pohon lebih buah naga dan dalam sebulan 2 kali panen sampai mencapai puluhan ton tergantung kondisi iklim selain itu saya jadikan kembang buah naga menjadi minuman teh yang rasanya nikmat dan sehat," kata dia.

    Menurut Sudarto, permintaan buah naga saat ini sangat besar apalagi pas sembahyang kubur terkadang sampai tidak bisa dipenuhi karena sampai kehabisan stok. "Mimpi saya yang akan coba diwujudkan ialah membuat tempat agrowisata baru yang ada di Bangka Tengah yaitu kebun buah naga. Para pengunjung pun tidak ada batasan hingga melapisi semua jajaran masyarakat se Bangka Belitung," tutupnya.

    Disamping menanam buah naga, bapak dua anak ini mengatakan juga menanam buah yang lain seperti jambu biji, jeruk lemon, pepaya dan cabai. Kepala Disperindagkop Bateng, H Useng Komara mengaku mengapresiasi kerja keras Sudarto. Ia sangat bangga memiliki masyarkat yang berpotensi berkarya dan berkreasi.

    "Tentunya kami bangga memiliki aset daerah masyarakat yang mampu berkreasi. Memang saya lihat ini bukan suatu hal yang mudah, namun usaha apapun kalau ditekuni dengan sabar. Insya allah membuahkan hasil. Semoga usaha pak Sudarto kian berkembang dan saya dukung mimpinya menjadikan perkebunan naga jadi tempat destinasi wisata," tandas Useng.(Cr3)

   





Berikan Komentar

Koba Lainnya
Yogyakarta Jajaki Bisnis Produk UMKM di Bangka Tengah
Yogyakarta Jajaki Bisnis Produk UMKM di Bangka Tengah
Jum'at, 23 Februari 2018 12:20 WIB
KOBA - Kota Yogyakarta menjajaki kerja sama bisnis produk hasil usaha miro kecil dan menenangah (UMKM) di Kabupaten Bangka Tengah,
 Perda Inisiatif Zakat Perkuat Payung Hukum
Perda Inisiatif Zakat Perkuat Payung Hukum
Jum'at, 23 Februari 2018 12:18 WIB
KOBA - Kurang optimalnya pengelolaan zakat bagi ASN di Pemkab Bangka Tengah (Bateng) setiap tahunnya mengarahkan pihak legislatif membuat perda
FMP2 Siap Perkarakan Pelaku Pencelah Pimpinan Daerah
FMP2 Siap Perkarakan Pelaku Pencelah Pimpinan Daerah
Jum'at, 23 Februari 2018 12:15 WIB
KOBA - Forum Masyarakat Pecinta Pemimpin Bangka Tengah (FMP2 Bateng) koordinasi bersama Satpolpp siap melaporkan oknum pelaku pencelah Pimpinan Daerah
Investor Korea Tertarik Bangun PLTU di Kabupaten Bangka Tengah
Investor Korea Tertarik Bangun PLTU di Kabupaten Bangka Tengah
Jum'at, 23 Februari 2018 11:39 WIB
KOBA - Investor dari Korea tertarik untuk menanamkan modalnya membangun pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) di Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten