Berita Kamtibmas
Peradilan Kasus Narkoba Anak Dibawah Umur Jadi Prioritas
Sabtu, 21 April 2012 08:48 WIB | Dibaca 2.052 kali
PANGKALPINANG - Anak dibawah umur yang tertangkap melakukan penyalahgunaan narkoba, baik sebagai kurir narkoba ataupun pemakai, dalam proses peradilannya memiliki prioritas dan tetap mengacu pada undang-undang narkoba. Kepala Badan Narkotika Nasional Propinsi (BNNP) Bangka Belitung, Kombes Pol Rudy Tranggono kepada RB, Jum’at (20/4) mengatakan, undang-undang Narkoba tidak membatasi umur dalam peradilannya baik itu orang dewasa ataupun anak dibawah umur.

Hanya saja dalam proses hukum acara pidananya bagi anak dibawah umur tentu saja berbeda dan mendapat prioritas seperti proses penanganannya dipercepat dan proses penahanannya tidak digabungkan dengan tempat tahanan lain. "Kalau anak dibawah umur tidak kita tahan di tempat penahanan, tapi dititipkan di balai penitipan anak," ujar perwira melati tiga itu.
   
Menurut Rudy apabila undang-undang membatasi umur dalam proses peradilannya maka dikhawatirkan jaringan narkoba akan memanfaatkan anak dibawah umur untuk menjadi pengedar narkoba. Rudy menjelaskan, berkaitan dengan adanya penangkapan beberapa kurir anak dibawah umur beberapa waktu lalu, maka untuk hasil keputusan sidangnya terserah kepada hakim yang menangani.
   
"Putusannya terserah hakim, jadi hakim berhak memutuskan bagaimana dia menilai, kalau untuk direhabilitasi maka akan kita terima untuk diteruskan ke pusat rehabilitasi," kata Rudy. Ditambahkannya, dalam proses peradilan, yang diutamakan hakim adalah undang-undang, sedangkan undang-undang perlindungan anak hanya digunakan untuk mengatur tata caranya saja. (ydi)




comments powered by Disqus
EPaper Facebook twitter RSS
Hyundai Keluarkan Perecok Honda Jazz
Hyundai Keluarkan Perecok Honda Jazz
TANGGERANG - PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) turut hadir di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di ICE, BSD, Tangerang Selatan. PT HMI hadir bukan dengan tangan kosong, ia pun meluncurkan dua unit
2 Pemain PS Bangka Masuk Skuad Timnas U-19
2 Pemain PS Bangka Masuk Skuad Timnas U-19
PANGKALPINANG - Dua pemain PS Bangka dipastikan masuk dalam skuad Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19. Keduanya yakni Habibi (bek) dan Sandi Pratama (gelandang). Asisten Manager PS Bangka dr Yogi Yamani, SpB dikonfirmasi tadi malam (23/8) mengaku bersyukur jika ada pemain PS Bangka yang terpilih skuad Timnas U-19.
Menristekdikti Tegaskan Dua Hal Ini, Ingat! Jangan Ada Perpelocoan
Menristekdikti Tegaskan Dua Hal Ini, Ingat! Jangan Ada Perpelocoan
MAJENE - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohammad Nasir kembali menegaskan larangan perpeloncoan senior ke mahasiswa baru dan pungutan diluar Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dilakukan pihak kampus.
Mitra Radar