Berita Kamtibmas
Peradilan Kasus Narkoba Anak Dibawah Umur Jadi Prioritas
Sabtu, 21 April 2012 08:48 WIB | Dibaca 672 kali
PANGKALPINANG - Anak dibawah umur yang tertangkap melakukan penyalahgunaan narkoba, baik sebagai kurir narkoba ataupun pemakai, dalam proses peradilannya memiliki prioritas dan tetap mengacu pada undang-undang narkoba. Kepala Badan Narkotika Nasional Propinsi (BNNP) Bangka Belitung, Kombes Pol Rudy Tranggono kepada RB, Jum’at (20/4) mengatakan, undang-undang Narkoba tidak membatasi umur dalam peradilannya baik itu orang dewasa ataupun anak dibawah umur.

Hanya saja dalam proses hukum acara pidananya bagi anak dibawah umur tentu saja berbeda dan mendapat prioritas seperti proses penanganannya dipercepat dan proses penahanannya tidak digabungkan dengan tempat tahanan lain. "Kalau anak dibawah umur tidak kita tahan di tempat penahanan, tapi dititipkan di balai penitipan anak," ujar perwira melati tiga itu.
   
Menurut Rudy apabila undang-undang membatasi umur dalam proses peradilannya maka dikhawatirkan jaringan narkoba akan memanfaatkan anak dibawah umur untuk menjadi pengedar narkoba. Rudy menjelaskan, berkaitan dengan adanya penangkapan beberapa kurir anak dibawah umur beberapa waktu lalu, maka untuk hasil keputusan sidangnya terserah kepada hakim yang menangani.
   
"Putusannya terserah hakim, jadi hakim berhak memutuskan bagaimana dia menilai, kalau untuk direhabilitasi maka akan kita terima untuk diteruskan ke pusat rehabilitasi," kata Rudy. Ditambahkannya, dalam proses peradilan, yang diutamakan hakim adalah undang-undang, sedangkan undang-undang perlindungan anak hanya digunakan untuk mengatur tata caranya saja. (ydi)



comments powered by Disqus
EPaper Facebook twitter RSS
Beli Chromebook Terbaru, Gratis 1TB Google Drive
Beli Chromebook Terbaru, Gratis 1TB Google Drive
Raksasa Teknologi, Google memberikan tawaran menarik dengan memberikan gratis penyimpanan 1TB Google Drive gratis selama dua tahun untuk pengguna yang membeli Google Chromebook terbaru.
Persipas Bertekad Tembus Divisi Utama
Persipas Bertekad Tembus Divisi Utama
PANGKALPINANG - Klub sepak bola amatir Kota Pangkalpinang, Persipas, bertekad membanggakan masyarakat Pangkalpinang dengan menembus Divisi Utama Liga Indonesia pada musim 2015.
Dewan Pertanyakan Kesejahteraan Guru Honorer
Dewan Pertanyakan Kesejahteraan Guru Honorer
PANGKALPINANG - Wakil rakyat di DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), tampaknya sepakat menilai para guru jauh dari kesejahteraan. Terlebih kepada mereka yang menyandang status guru honorer yang hingga kini setia menuntut kesejahteraan, namun hanya beberapa yang ditolerir.
Mitra Radar