Peradilan Kasus Narkoba Anak Dibawah Umur Jadi Prioritas


Peradilan Kasus Narkoba Anak Dibawah Umur Jadi Prioritas

PANGKALPINANG - Anak dibawah umur yang tertangkap melakukan penyalahgunaan narkoba, baik sebagai kurir narkoba ataupun pemakai, dalam proses peradilannya memiliki prioritas dan tetap mengacu pada undang-undang narkoba. Kepala Badan Narkotika Nasional Propinsi (BNNP) Bangka Belitung, Kombes Pol Rudy Tranggono kepada RB, Jum’at (20/4) mengatakan, undang-undang Narkoba tidak membatasi umur dalam peradilannya baik itu orang dewasa ataupun anak dibawah umur.

Hanya saja dalam proses hukum acara pidananya bagi anak dibawah umur tentu saja berbeda dan mendapat prioritas seperti proses penanganannya dipercepat dan proses penahanannya tidak digabungkan dengan tempat tahanan lain. "Kalau anak dibawah umur tidak kita tahan di tempat penahanan, tapi dititipkan di balai penitipan anak," ujar perwira melati tiga itu.
   
Menurut Rudy apabila undang-undang membatasi umur dalam proses peradilannya maka dikhawatirkan jaringan narkoba akan memanfaatkan anak dibawah umur untuk menjadi pengedar narkoba. Rudy menjelaskan, berkaitan dengan adanya penangkapan beberapa kurir anak dibawah umur beberapa waktu lalu, maka untuk hasil keputusan sidangnya terserah kepada hakim yang menangani.
   
"Putusannya terserah hakim, jadi hakim berhak memutuskan bagaimana dia menilai, kalau untuk direhabilitasi maka akan kita terima untuk diteruskan ke pusat rehabilitasi," kata Rudy. Ditambahkannya, dalam proses peradilan, yang diutamakan hakim adalah undang-undang, sedangkan undang-undang perlindungan anak hanya digunakan untuk mengatur tata caranya saja. (ydi)



Berikan Komentar

Kamtibmas Lainnya
Owner Arisan Online Tersangka, Dijerat Pasal Berlapis
Owner Arisan Online Tersangka, Dijerat Pasal Berlapis
Rabu, 22 Februari 2017 16:31 WIB
MANGGAR - Owner Arisan Online (Arisol) Destari Sulius Putri (DSP) alias Yaya dan suaminya Alfajar alias
Riki Dihabisi Karena Sakit Hati
Riki Dihabisi Karena Sakit Hati
Senin, 06 Februari 2017 21:10 WIB
PANGKALPINANG - Empat tersangka pelaku pembunuhan terhadap Riki (29) warga Desa Kebintik yang melarikan diri ke
Penetapan Tersangka Tidak Semena-Mena
Penetapan Tersangka Tidak Semena-Mena
Kamis, 02 Februari 2017 15:33 WIB
TANJUNGPANDAN-Kejaksaan Negeri (Kejari) Belitung, terus berupaya mengungkap tabir kejahatan Korupsi di Belitung. Teranyar, Kejari membuka terang
OTT KPK, Patrialis Lancarkan Impor Daging
OTT KPK, Patrialis Lancarkan Impor Daging
Jum'at, 27 Januari 2017 10:44 WIB
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya resmi menetapkan hakim Mahkamah Konstitusi Patrialis Akbar sebagai tersangka.