Kapolsek Apresiasi Pengukuhan FKPM Kemuja


Kapolsek Apresiasi Pengukuhan FKPM Kemuja

PANGKALPINANG - Berdasarkan Surat Keputusan Kapolri No Pol : Skep /737/X/2005 tanggal 13 Oktober 2005, Community Policing Plus-Plus, Refined Community Policing, maupun Democratic Policing, dipadukan dengan nilai, prinsip, atau praktek-praktek perpolisian khas Indonesia utamanya Siskam Swakarsa kemudian menjelma menjadi apa yang kini dikenal dan di Indonesia diterapkan sebagai Perpolisian Masyarakat atau Polmas.
Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) adalah organisasi atau institusi (dalam hal ini lembaga atau pranata) kemasyarakatan yang bersifat independen dan dibangun atas dasar kesepakatan bersama. Adapun tugas-tugasnya antara lain untuk memantau pelaksanaan kegiatan warga, membahas dan menetapkan program kerja, dan lain-lain.
Sejak tahun 2010, di desa kemuja telah dibentuk FKPM oleh jajaran Polsek Mendo Darat. Pada awalnya, FKPM Mendo Barat hanya beranggotakan 4 anggota saja. Untuk mengesahkan bertambahnya anggota baru, pada tanggal 29 Agustus 2013 bertempat di Balai Desa Kemuja diadakan pengukuhan 10 anggota baru FKPM Kemuja oleh Ketua FKPM Mendo Barat Hasan HR dan Kapolsek Mendo Barat AKP Hendratmoko.
Turut hadir dalam acara tersebut Kepala desa Mendo Barat, perwakilan BPD Mendo Barat, Kanit Binmas Kemuja, dan Bhayangkara Pembinaan Keamanan Keamanan Masyarakat (Bhabinkamnas) Kemuja.
Acara yang dimulai pada pukul 09.00 WIB tersebut diawali dengan kata sambutan dari Kades Kemuja dilanjutkan dengan sambutan dari petinggi desa lainnya termasuk Kapolsek Mendo Barat. "Kami sangat mengapresiasi kesadaran beberapa anggota masyarakat untuk menjadi anggota baru FKPM Kemuja. Inti FKPM ini adalah masyarakat bisa menjadi polisi bagi dirinya sendiri dan semoga keanggotaan FKPM Kemuja bisa semakin bertambah di masa yang akan datang," kata Kapolsek.
Ia berharap dengan adanya FKPM desa Kemuja dapat menjadi pemandu, penuntun, atau koridor yang akan menjamin kejelasan, keterarahan, dan keterpaduan dalam penyelenggaraan ketertiban dan keamanan di desa Kemuja. (cr50)



Berikan Komentar

Kamtibmas Lainnya
Rekontruksi Pembunuhan di Dusun Jebu Laut
Rekontruksi Pembunuhan di Dusun Jebu Laut
Kamis, 22 September 2016 11:34 WIB
MUNTOK - Sebanyak 20 adegan diperagakan tersangka Herman Muliadyn alias La Hime, pelaku pembunuhan yang terjadi
Polda Siap Amankan Pilkada 2017
Polda Siap Amankan Pilkada 2017
Kamis, 22 September 2016 11:31 WIB
PANGKALPINANG - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda), Brigjen Pol Yovianes Mahar menyatakan pihaknya siap mengamankan pelaksanaan Pilkada 2017 di wilayah itu.
Gempar! Beredar Video Dewasa Pemilik Panti Pijat Dengan Pelanggan
Gempar! Beredar Video Dewasa Pemilik Panti Pijat Dengan Pelanggan
Minggu, 18 September 2016 16:58 WIB
SANGATTA – Warga Sangatta Utara, Kutai Timur dibikin heboh dengan beredarnya video mesum yang dilakukan di salah satu panti pijat.
Parah! Satu Cewek Lima Cowok, Isap Bergiliran
Parah! Satu Cewek Lima Cowok, Isap Bergiliran
Sabtu, 17 September 2016 23:00 WIB
SURABAYA - Unit Reskrim Polsek Sawahan, Surabaya, menangkap enam orang yang sedang melakukan pesta sabu-sabu (SS) di kawasan jalan