Kapolsek Apresiasi Pengukuhan FKPM Kemuja


Kapolsek Apresiasi Pengukuhan FKPM Kemuja

PANGKALPINANG - Berdasarkan Surat Keputusan Kapolri No Pol : Skep /737/X/2005 tanggal 13 Oktober 2005, Community Policing Plus-Plus, Refined Community Policing, maupun Democratic Policing, dipadukan dengan nilai, prinsip, atau praktek-praktek perpolisian khas Indonesia utamanya Siskam Swakarsa kemudian menjelma menjadi apa yang kini dikenal dan di Indonesia diterapkan sebagai Perpolisian Masyarakat atau Polmas.
Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) adalah organisasi atau institusi (dalam hal ini lembaga atau pranata) kemasyarakatan yang bersifat independen dan dibangun atas dasar kesepakatan bersama. Adapun tugas-tugasnya antara lain untuk memantau pelaksanaan kegiatan warga, membahas dan menetapkan program kerja, dan lain-lain.
Sejak tahun 2010, di desa kemuja telah dibentuk FKPM oleh jajaran Polsek Mendo Darat. Pada awalnya, FKPM Mendo Barat hanya beranggotakan 4 anggota saja. Untuk mengesahkan bertambahnya anggota baru, pada tanggal 29 Agustus 2013 bertempat di Balai Desa Kemuja diadakan pengukuhan 10 anggota baru FKPM Kemuja oleh Ketua FKPM Mendo Barat Hasan HR dan Kapolsek Mendo Barat AKP Hendratmoko.
Turut hadir dalam acara tersebut Kepala desa Mendo Barat, perwakilan BPD Mendo Barat, Kanit Binmas Kemuja, dan Bhayangkara Pembinaan Keamanan Keamanan Masyarakat (Bhabinkamnas) Kemuja.
Acara yang dimulai pada pukul 09.00 WIB tersebut diawali dengan kata sambutan dari Kades Kemuja dilanjutkan dengan sambutan dari petinggi desa lainnya termasuk Kapolsek Mendo Barat. "Kami sangat mengapresiasi kesadaran beberapa anggota masyarakat untuk menjadi anggota baru FKPM Kemuja. Inti FKPM ini adalah masyarakat bisa menjadi polisi bagi dirinya sendiri dan semoga keanggotaan FKPM Kemuja bisa semakin bertambah di masa yang akan datang," kata Kapolsek.
Ia berharap dengan adanya FKPM desa Kemuja dapat menjadi pemandu, penuntun, atau koridor yang akan menjamin kejelasan, keterarahan, dan keterpaduan dalam penyelenggaraan ketertiban dan keamanan di desa Kemuja. (cr50)



Berikan Komentar

Kamtibmas Lainnya
Polres Bateng Kembali Bekuk Dua Kurir Sabu, Pemilik Sabu DPO
Polres Bateng Kembali Bekuk Dua Kurir Sabu, Pemilik Sabu DPO
Jum'at, 20 April 2018 19:36 WIB
KOBA - Satuan Resnarkoba Polres Bangka Tengah (Bateng), Kamis (19/4) malam, kembali berhasil membekuk dua kurir narkotika jenis sabu yakni
Respons Instruksi Wakapolri, Polsek Belinyu Amankan Pembuat Arak
Respons Instruksi Wakapolri, Polsek Belinyu Amankan Pembuat Arak
Kamis, 19 April 2018 20:07 WIB
BELINYU - Wakapolri Komjen Pol Sayfuddin menegaskan kepada para Kapolres dan Polsek untuk serius menangani kasus peredaran Minuman Keras (Miras)
Tiga Penari Erotis Terciduk
Tiga Penari Erotis Terciduk
Selasa, 17 April 2018 10:08 WIB
BATAM - Jajaran Sat Reskrim Polresta Barelang akhirnya mengamankan tiga penari erotis yang viral di media sosial dalam Pesta Rakyat
Satpol PP Terus Giatkan Bersihkan TI Ilegal
Satpol PP Terus Giatkan Bersihkan TI Ilegal
Senin, 16 April 2018 10:55 WIB
PANGKALPINANG - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) terus gencar menertibkan aktifitas Tambang Inkonvensional (TI)