Berita Kamtibmas
Kapolsek Apresiasi Pengukuhan FKPM Kemuja
Jum'at, 30 Agustus 2013 10:13 WIB | Dibaca 925 kali
PANGKALPINANG - Berdasarkan Surat Keputusan Kapolri No Pol : Skep /737/X/2005 tanggal 13 Oktober 2005, Community Policing Plus-Plus, Refined Community Policing, maupun Democratic Policing, dipadukan dengan nilai, prinsip, atau praktek-praktek perpolisian khas Indonesia utamanya Siskam Swakarsa kemudian menjelma menjadi apa yang kini dikenal dan di Indonesia diterapkan sebagai Perpolisian Masyarakat atau Polmas.
Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) adalah organisasi atau institusi (dalam hal ini lembaga atau pranata) kemasyarakatan yang bersifat independen dan dibangun atas dasar kesepakatan bersama. Adapun tugas-tugasnya antara lain untuk memantau pelaksanaan kegiatan warga, membahas dan menetapkan program kerja, dan lain-lain.
Sejak tahun 2010, di desa kemuja telah dibentuk FKPM oleh jajaran Polsek Mendo Darat. Pada awalnya, FKPM Mendo Barat hanya beranggotakan 4 anggota saja. Untuk mengesahkan bertambahnya anggota baru, pada tanggal 29 Agustus 2013 bertempat di Balai Desa Kemuja diadakan pengukuhan 10 anggota baru FKPM Kemuja oleh Ketua FKPM Mendo Barat Hasan HR dan Kapolsek Mendo Barat AKP Hendratmoko.
Turut hadir dalam acara tersebut Kepala desa Mendo Barat, perwakilan BPD Mendo Barat, Kanit Binmas Kemuja, dan Bhayangkara Pembinaan Keamanan Keamanan Masyarakat (Bhabinkamnas) Kemuja.
Acara yang dimulai pada pukul 09.00 WIB tersebut diawali dengan kata sambutan dari Kades Kemuja dilanjutkan dengan sambutan dari petinggi desa lainnya termasuk Kapolsek Mendo Barat. "Kami sangat mengapresiasi kesadaran beberapa anggota masyarakat untuk menjadi anggota baru FKPM Kemuja. Inti FKPM ini adalah masyarakat bisa menjadi polisi bagi dirinya sendiri dan semoga keanggotaan FKPM Kemuja bisa semakin bertambah di masa yang akan datang," kata Kapolsek.
Ia berharap dengan adanya FKPM desa Kemuja dapat menjadi pemandu, penuntun, atau koridor yang akan menjamin kejelasan, keterarahan, dan keterpaduan dalam penyelenggaraan ketertiban dan keamanan di desa Kemuja. (cr50)




comments powered by Disqus
EPaper Facebook twitter RSS
Paket Kebijakan Sebelumnya Terus Dipantau
Paket Kebijakan Sebelumnya Terus Dipantau
JAKARTA - Pemerintah hari ini telah mengeluarkan paket kebijakan ekonomi X. Namun, kebijakan paket ekonomi tersebut belakangan dikritik sejumlah kalangan.
Evan Dimas Pamit ke Spanyol, Menpora Beri Sarung Bukan Uang Saku
Evan Dimas Pamit ke Spanyol, Menpora Beri Sarung Bukan Uang Saku
JAKARTA - Evan Dimas akhirnya dipastikan berangkat ke Spanyol untuk menjalani program kerja sama dan berlatih di klub RCD Espanyol B. Sebelum berangkat, Evan sempat menolak dan nyaris dituntut secara hukum oleh Nine Sport, pihak yang menjalin kerja sama dengan La Liga Spanyol.
Kuliah Umum di Universitas Mataram (3/habis) Tips Meningkatkan Minat Baca ala Dahlan Iskan
Kuliah Umum di Universitas Mataram (3/habis) Tips Meningkatkan Minat Baca ala Dahlan Iskan
MATARAM - Mahasiswa Universitas Mataram (Unram) sangat antusias mengikuti kuliah umum dari mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan. Kuliah Umum bertajuk “Buka Mata Mari Bekerja di Media, Baca Buku Kuasai Dunia”
Mitra Radar