Kapolsek Apresiasi Pengukuhan FKPM Kemuja


Kapolsek Apresiasi Pengukuhan FKPM Kemuja

PANGKALPINANG - Berdasarkan Surat Keputusan Kapolri No Pol : Skep /737/X/2005 tanggal 13 Oktober 2005, Community Policing Plus-Plus, Refined Community Policing, maupun Democratic Policing, dipadukan dengan nilai, prinsip, atau praktek-praktek perpolisian khas Indonesia utamanya Siskam Swakarsa kemudian menjelma menjadi apa yang kini dikenal dan di Indonesia diterapkan sebagai Perpolisian Masyarakat atau Polmas.
Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) adalah organisasi atau institusi (dalam hal ini lembaga atau pranata) kemasyarakatan yang bersifat independen dan dibangun atas dasar kesepakatan bersama. Adapun tugas-tugasnya antara lain untuk memantau pelaksanaan kegiatan warga, membahas dan menetapkan program kerja, dan lain-lain.
Sejak tahun 2010, di desa kemuja telah dibentuk FKPM oleh jajaran Polsek Mendo Darat. Pada awalnya, FKPM Mendo Barat hanya beranggotakan 4 anggota saja. Untuk mengesahkan bertambahnya anggota baru, pada tanggal 29 Agustus 2013 bertempat di Balai Desa Kemuja diadakan pengukuhan 10 anggota baru FKPM Kemuja oleh Ketua FKPM Mendo Barat Hasan HR dan Kapolsek Mendo Barat AKP Hendratmoko.
Turut hadir dalam acara tersebut Kepala desa Mendo Barat, perwakilan BPD Mendo Barat, Kanit Binmas Kemuja, dan Bhayangkara Pembinaan Keamanan Keamanan Masyarakat (Bhabinkamnas) Kemuja.
Acara yang dimulai pada pukul 09.00 WIB tersebut diawali dengan kata sambutan dari Kades Kemuja dilanjutkan dengan sambutan dari petinggi desa lainnya termasuk Kapolsek Mendo Barat. "Kami sangat mengapresiasi kesadaran beberapa anggota masyarakat untuk menjadi anggota baru FKPM Kemuja. Inti FKPM ini adalah masyarakat bisa menjadi polisi bagi dirinya sendiri dan semoga keanggotaan FKPM Kemuja bisa semakin bertambah di masa yang akan datang," kata Kapolsek.
Ia berharap dengan adanya FKPM desa Kemuja dapat menjadi pemandu, penuntun, atau koridor yang akan menjamin kejelasan, keterarahan, dan keterpaduan dalam penyelenggaraan ketertiban dan keamanan di desa Kemuja. (cr50)



Berikan Komentar

Kamtibmas Lainnya
Kapal Tengelam di Danau Toba, Lima Kapal Ikut Mencari Penumpang
Kapal Tengelam di Danau Toba, Lima Kapal Ikut Mencari Penumpang
Senin, 18 Juni 2018 21:29 WIB
MEDAN – Hingga saat ini tim gabungan dari Basarnas, Pol Air dan Pemkab Samosir serta Pemkab Simalungun masih melakukan pencarian
Motor Vs Vitara, Dwi Terkapar
Motor Vs Vitara, Dwi Terkapar
Senin, 18 Juni 2018 21:22 WIB
DWI Putra Aprilisanto (26), pengendara motor terkapar setelah terlibat tabrakan di jalan alternatif Palabuhanratu-Cibadak di Desa/Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi
Kecelakaan Speadboat di Tulung Selapan, Puluhan Penumpang Hilang
Kecelakaan Speadboat di Tulung Selapan, Puluhan Penumpang Hilang
Rabu, 13 Juni 2018 17:22 WIB
SUMSEL - Kecelakaan speadboat terjadi di wilayah Sungai Kelapa atas Sungai Sanun Desa Simpang Tiga Jaya Kecamatan Tulung Selapan Kabupaten
Titip Mayat Istri di Musala, Suami: Lihat Dia Seperti Hant
Titip Mayat Istri di Musala, Suami: Lihat Dia Seperti Hant
Senin, 11 Juni 2018 21:40 WIB
POLISI tidak membutuhkan waktu lama mengungkap identitas pembunuh Linda Wati yang jasadnya dititipkan di Musala Al-Musyarofah, Pemakuan Laut, Kabupaten