Kapolsek Apresiasi Pengukuhan FKPM Kemuja


Kapolsek Apresiasi Pengukuhan FKPM Kemuja

PANGKALPINANG - Berdasarkan Surat Keputusan Kapolri No Pol : Skep /737/X/2005 tanggal 13 Oktober 2005, Community Policing Plus-Plus, Refined Community Policing, maupun Democratic Policing, dipadukan dengan nilai, prinsip, atau praktek-praktek perpolisian khas Indonesia utamanya Siskam Swakarsa kemudian menjelma menjadi apa yang kini dikenal dan di Indonesia diterapkan sebagai Perpolisian Masyarakat atau Polmas.
Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) adalah organisasi atau institusi (dalam hal ini lembaga atau pranata) kemasyarakatan yang bersifat independen dan dibangun atas dasar kesepakatan bersama. Adapun tugas-tugasnya antara lain untuk memantau pelaksanaan kegiatan warga, membahas dan menetapkan program kerja, dan lain-lain.
Sejak tahun 2010, di desa kemuja telah dibentuk FKPM oleh jajaran Polsek Mendo Darat. Pada awalnya, FKPM Mendo Barat hanya beranggotakan 4 anggota saja. Untuk mengesahkan bertambahnya anggota baru, pada tanggal 29 Agustus 2013 bertempat di Balai Desa Kemuja diadakan pengukuhan 10 anggota baru FKPM Kemuja oleh Ketua FKPM Mendo Barat Hasan HR dan Kapolsek Mendo Barat AKP Hendratmoko.
Turut hadir dalam acara tersebut Kepala desa Mendo Barat, perwakilan BPD Mendo Barat, Kanit Binmas Kemuja, dan Bhayangkara Pembinaan Keamanan Keamanan Masyarakat (Bhabinkamnas) Kemuja.
Acara yang dimulai pada pukul 09.00 WIB tersebut diawali dengan kata sambutan dari Kades Kemuja dilanjutkan dengan sambutan dari petinggi desa lainnya termasuk Kapolsek Mendo Barat. "Kami sangat mengapresiasi kesadaran beberapa anggota masyarakat untuk menjadi anggota baru FKPM Kemuja. Inti FKPM ini adalah masyarakat bisa menjadi polisi bagi dirinya sendiri dan semoga keanggotaan FKPM Kemuja bisa semakin bertambah di masa yang akan datang," kata Kapolsek.
Ia berharap dengan adanya FKPM desa Kemuja dapat menjadi pemandu, penuntun, atau koridor yang akan menjamin kejelasan, keterarahan, dan keterpaduan dalam penyelenggaraan ketertiban dan keamanan di desa Kemuja. (cr50)



Berikan Komentar

Kamtibmas Lainnya
Terungkap! Pembakar IRT Itu Ternyata Menantunya Sendiri, Ini Orangnya...
Terungkap! Pembakar IRT Itu Ternyata Menantunya Sendiri, Ini Orangnya...
Jum'at, 02 Desember 2016 19:38 WIB
SIMALUNGUN – Jajaran Polsek Perdagangan berhasil mengungkap pelaku pembunuhan dengan cara memukul dan membakar Nur Intan Br Rambe, 45, di
Saat Bangun Sudah tanpa Busana, Siswi SMA Menangis, Lapor Polisi
Saat Bangun Sudah tanpa Busana, Siswi SMA Menangis, Lapor Polisi
Jum'at, 02 Desember 2016 19:37 WIB
MANADO - Seorang siswi SMA, sebut saja Jingga (16), warga Kecamatan Tuminting, Kota Manado, Sulut, mengaku telah diperkosa oleh empat
Dipicu soal Asmara, Gadis 20 Tahun Akhiri Napas dengan Caranya Sendiri
Dipicu soal Asmara, Gadis 20 Tahun Akhiri Napas dengan Caranya Sendiri
Jum'at, 02 Desember 2016 19:23 WIB
SURABAYA - Egik Desta Sari, 20, warga Jalan Kupang Gunung V Surabaya, ditemukan tewas gantung diri di dalam kamar mandi
Panjat Plafon Rumah, Pencuri Juga Embat Roll Pancing
Panjat Plafon Rumah, Pencuri Juga Embat Roll Pancing
Rabu, 30 November 2016 14:50 WIB
TOBOALI - Pencurian dengan sasaran rumah kosong atau rumah yang ditinggal pergi