Ditlantas Perketat Pengamanan Jalan Raya


Ditlantas Perketat Pengamanan Jalan Raya

Jelang Perayaan Imlek

90 Personil Polres Pangkalpinang Disebar

PANGKALPINANG - Menjelang perayaan Imlek pada Minggu (10/2) nanti, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Bangka Belitung (Babel) akan memperketat pengamanan arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan raya.

Pengamanan ini, kata Direktur Lalu Lintas Polda Babel, Kombes Pol Ai Afriandi untuk menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan nyawa melayang. "Pengamanan Imlek ya sesuai dengan kegiatannya. Kegiatan mereka apa? Kalau terkait Lalu Lintas, kita akan pantau beberapa tempat yang dinilai rawan gangguan dan kemacetan," ungkap Dirlantas kepada wartawan, Kamis (7/2) kemarin.

Afriandi mengatakan, pengamanan lalu lintas yang akan dilakukan, juga dimbangi dengan patroli oleh personel lalu lintas (Polantas). Patroli ini diharapkan sebagai upaya mengantisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi, menjelang, pada saat ataupun pasca perayaan Imlek digelar. "Kalau Imlek, kita lihat tidak begitu ramai di sini(Babel), tetapi yang jelas dari Ditlantas sendiri kita standby personel untuk melakukan pemantauan dan patroli," paparnya. "Ya meski keramaiannya biasa saja, tetapi kita tetap antisipasi berbagai kemungkinan seperti kecelakaan," tambahnya.

Dirlantas mengaku secara umum pengamanan Imlek merupakan tanggung jawab Polda Babel, dalam hal ini kewenangannya ada pada Biro Operasional. Akan tetapi Afriandi menjelaskan, pengaman tersebut tentunya berdasarkan bidang dan fungsi masing-masing. "Untuk pengamanan Imlek, sebetulnya secara umum diambil alih Karo Ops, tetapi  masing-masing bidang tetap turut serta berdasarkan  fungsinya masing-masing. Inikan  kegiatan rutin tahunan," jelas Afriandi. 

Sementara itu, Polres Pangkalpinang akan mempersiapkan 90 personilnya guna pengamanan Imlek. Kompol Wahyudi mengatakan kesemua personil yang dipersiapkan kemudian akan disebar pada 3 titik sasaran. "Untuk pengamanan hari besar Imlek nanti kita akan menempatkan sebanyak 90 personil aparat kepolisian yang disebar pada 3 titik lokasi yang berpusat di Klenteng Kwan Tie Miauw dan Klenteng Setya Budhi Semabung serta Kelenteng Shen Miu Miau Tanjung Bunga," ungkap Kompol Wahyudi diruang kerjanya, Kamis (7/2) kemarin. 

Ditambahkan dia selain melakukan pengamanan pada 3 titik sasaran tersebut, pihaknya juga melalui Satlantas akan menerapkan penutupan atau pengalihan beberapa ruas jalan yang diberlakukan secara situasional bersamaan dengan jalannya rangkaian ibadah Imlek yang dikhawatirkan terjadinya penumpukan kendaraan. "Untuk mengantisipasi kemacetan diruas-ruas jalan sekitar klenteng, kita berupaya memberlakukan pengalihan jalur jalan, bahkan bila memang diperlukan kita terapkan sistem penutupan. Meskipun begitu, pengalihan ataupun penutupan jalan yang berkoordinasi dengan Satlantas itu bersifat situasional, kita juga melihat apakah memang dibutuhkan penerapan tersebut ketika berjalannya ibadah," terangnya.

Polres Pangkalpinang pula tak lupa menghimbau kepada masyarakat yang terlibat dalam perayaan Imlek untuk tetap waspada memperhatikan keselamatan terutama ketika berkendara. Dimana biasanya masyarakat terkadang terpukau atas beberapa kegiatan yang diperagakan sewaktu acara Imlek seperti atraksi barongsai dan hujan petasan sehingga melupakan keselamatan. "Kita tak ingin masyarakat lalai dan menyebabkan celaka disaat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Imlek, terutama bila ada barongsai dan kembang api yang rentan menimbulkan korban. Maka dari itu, kita himbau agar masyarakat untuk menjaga keselamatan masing-masing serta keluarganya selama mengikuti jalannya ibadah Imlek," ingat Kompol Wahyudi.(sap/And)



Berikan Komentar

Kamtibmas Lainnya
Jon Renggut Kesucian Anak Sahabat
Jon Renggut Kesucian Anak Sahabat
Selasa, 27 September 2016 14:05 WIB
SUNGAISELAN - Muklis Ikrom alias Jon, tega merenggut kesucian NR (16), yang tak lain anak dari sahabatnya sendiri. Mirisnya, kejadian
Kejam! Tukang Ojek Seret Bocah SD ke Hutan, Lantas...
Kejam! Tukang Ojek Seret Bocah SD ke Hutan, Lantas...
Selasa, 27 September 2016 13:40 WIB
MANADO – Seorang bocah SD di Kota Manado, sebut saja Mawar,12, menjadi korban pelecehan seksual. Bocah yangmengalami keterbelakangan mental ini
Muncikari Ini Perdagangkan 19 Gadis Muda Lewat Online
Muncikari Ini Perdagangkan 19 Gadis Muda Lewat Online
Senin, 26 September 2016 18:51 WIB
LAMPUNG - Jajaran Polda Lampung kembali membongkar praktek prostitusi online di wilayah hukumnya. Dari pengungkapan kasus ini, satu orang muncikari
Rekontruksi Pembunuhan di Dusun Jebu Laut
Rekontruksi Pembunuhan di Dusun Jebu Laut
Kamis, 22 September 2016 11:34 WIB
MUNTOK - Sebanyak 20 adegan diperagakan tersangka Herman Muliadyn alias La Hime, pelaku pembunuhan yang terjadi