Ditlantas Perketat Pengamanan Jalan Raya


Ditlantas Perketat Pengamanan Jalan Raya

Jelang Perayaan Imlek

90 Personil Polres Pangkalpinang Disebar

PANGKALPINANG - Menjelang perayaan Imlek pada Minggu (10/2) nanti, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Bangka Belitung (Babel) akan memperketat pengamanan arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan raya.

Pengamanan ini, kata Direktur Lalu Lintas Polda Babel, Kombes Pol Ai Afriandi untuk menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan nyawa melayang. "Pengamanan Imlek ya sesuai dengan kegiatannya. Kegiatan mereka apa? Kalau terkait Lalu Lintas, kita akan pantau beberapa tempat yang dinilai rawan gangguan dan kemacetan," ungkap Dirlantas kepada wartawan, Kamis (7/2) kemarin.

Afriandi mengatakan, pengamanan lalu lintas yang akan dilakukan, juga dimbangi dengan patroli oleh personel lalu lintas (Polantas). Patroli ini diharapkan sebagai upaya mengantisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi, menjelang, pada saat ataupun pasca perayaan Imlek digelar. "Kalau Imlek, kita lihat tidak begitu ramai di sini(Babel), tetapi yang jelas dari Ditlantas sendiri kita standby personel untuk melakukan pemantauan dan patroli," paparnya. "Ya meski keramaiannya biasa saja, tetapi kita tetap antisipasi berbagai kemungkinan seperti kecelakaan," tambahnya.

Dirlantas mengaku secara umum pengamanan Imlek merupakan tanggung jawab Polda Babel, dalam hal ini kewenangannya ada pada Biro Operasional. Akan tetapi Afriandi menjelaskan, pengaman tersebut tentunya berdasarkan bidang dan fungsi masing-masing. "Untuk pengamanan Imlek, sebetulnya secara umum diambil alih Karo Ops, tetapi  masing-masing bidang tetap turut serta berdasarkan  fungsinya masing-masing. Inikan  kegiatan rutin tahunan," jelas Afriandi. 

Sementara itu, Polres Pangkalpinang akan mempersiapkan 90 personilnya guna pengamanan Imlek. Kompol Wahyudi mengatakan kesemua personil yang dipersiapkan kemudian akan disebar pada 3 titik sasaran. "Untuk pengamanan hari besar Imlek nanti kita akan menempatkan sebanyak 90 personil aparat kepolisian yang disebar pada 3 titik lokasi yang berpusat di Klenteng Kwan Tie Miauw dan Klenteng Setya Budhi Semabung serta Kelenteng Shen Miu Miau Tanjung Bunga," ungkap Kompol Wahyudi diruang kerjanya, Kamis (7/2) kemarin. 

Ditambahkan dia selain melakukan pengamanan pada 3 titik sasaran tersebut, pihaknya juga melalui Satlantas akan menerapkan penutupan atau pengalihan beberapa ruas jalan yang diberlakukan secara situasional bersamaan dengan jalannya rangkaian ibadah Imlek yang dikhawatirkan terjadinya penumpukan kendaraan. "Untuk mengantisipasi kemacetan diruas-ruas jalan sekitar klenteng, kita berupaya memberlakukan pengalihan jalur jalan, bahkan bila memang diperlukan kita terapkan sistem penutupan. Meskipun begitu, pengalihan ataupun penutupan jalan yang berkoordinasi dengan Satlantas itu bersifat situasional, kita juga melihat apakah memang dibutuhkan penerapan tersebut ketika berjalannya ibadah," terangnya.

Polres Pangkalpinang pula tak lupa menghimbau kepada masyarakat yang terlibat dalam perayaan Imlek untuk tetap waspada memperhatikan keselamatan terutama ketika berkendara. Dimana biasanya masyarakat terkadang terpukau atas beberapa kegiatan yang diperagakan sewaktu acara Imlek seperti atraksi barongsai dan hujan petasan sehingga melupakan keselamatan. "Kita tak ingin masyarakat lalai dan menyebabkan celaka disaat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Imlek, terutama bila ada barongsai dan kembang api yang rentan menimbulkan korban. Maka dari itu, kita himbau agar masyarakat untuk menjaga keselamatan masing-masing serta keluarganya selama mengikuti jalannya ibadah Imlek," ingat Kompol Wahyudi.(sap/And)



Berikan Komentar

Kamtibmas Lainnya
Kapal Tengelam di Danau Toba, Lima Kapal Ikut Mencari Penumpang
Kapal Tengelam di Danau Toba, Lima Kapal Ikut Mencari Penumpang
Senin, 18 Juni 2018 21:29 WIB
MEDAN – Hingga saat ini tim gabungan dari Basarnas, Pol Air dan Pemkab Samosir serta Pemkab Simalungun masih melakukan pencarian
Motor Vs Vitara, Dwi Terkapar
Motor Vs Vitara, Dwi Terkapar
Senin, 18 Juni 2018 21:22 WIB
DWI Putra Aprilisanto (26), pengendara motor terkapar setelah terlibat tabrakan di jalan alternatif Palabuhanratu-Cibadak di Desa/Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi
Kecelakaan Speadboat di Tulung Selapan, Puluhan Penumpang Hilang
Kecelakaan Speadboat di Tulung Selapan, Puluhan Penumpang Hilang
Rabu, 13 Juni 2018 17:22 WIB
SUMSEL - Kecelakaan speadboat terjadi di wilayah Sungai Kelapa atas Sungai Sanun Desa Simpang Tiga Jaya Kecamatan Tulung Selapan Kabupaten
Titip Mayat Istri di Musala, Suami: Lihat Dia Seperti Hant
Titip Mayat Istri di Musala, Suami: Lihat Dia Seperti Hant
Senin, 11 Juni 2018 21:40 WIB
POLISI tidak membutuhkan waktu lama mengungkap identitas pembunuh Linda Wati yang jasadnya dititipkan di Musala Al-Musyarofah, Pemakuan Laut, Kabupaten