Berita Kamtibmas
Ditlantas Perketat Pengamanan Jalan Raya
Jum'at, 08 Februari 2013 10:45 WIB | Dibaca 393 kali
Jelang Perayaan Imlek

90 Personil Polres Pangkalpinang Disebar

PANGKALPINANG - Menjelang perayaan Imlek pada Minggu (10/2) nanti, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Bangka Belitung (Babel) akan memperketat pengamanan arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan raya.

Pengamanan ini, kata Direktur Lalu Lintas Polda Babel, Kombes Pol Ai Afriandi untuk menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan nyawa melayang. "Pengamanan Imlek ya sesuai dengan kegiatannya. Kegiatan mereka apa? Kalau terkait Lalu Lintas, kita akan pantau beberapa tempat yang dinilai rawan gangguan dan kemacetan," ungkap Dirlantas kepada wartawan, Kamis (7/2) kemarin.

Afriandi mengatakan, pengamanan lalu lintas yang akan dilakukan, juga dimbangi dengan patroli oleh personel lalu lintas (Polantas). Patroli ini diharapkan sebagai upaya mengantisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi, menjelang, pada saat ataupun pasca perayaan Imlek digelar. "Kalau Imlek, kita lihat tidak begitu ramai di sini(Babel), tetapi yang jelas dari Ditlantas sendiri kita standby personel untuk melakukan pemantauan dan patroli," paparnya. "Ya meski keramaiannya biasa saja, tetapi kita tetap antisipasi berbagai kemungkinan seperti kecelakaan," tambahnya.

Dirlantas mengaku secara umum pengamanan Imlek merupakan tanggung jawab Polda Babel, dalam hal ini kewenangannya ada pada Biro Operasional. Akan tetapi Afriandi menjelaskan, pengaman tersebut tentunya berdasarkan bidang dan fungsi masing-masing. "Untuk pengamanan Imlek, sebetulnya secara umum diambil alih Karo Ops, tetapi  masing-masing bidang tetap turut serta berdasarkan  fungsinya masing-masing. Inikan  kegiatan rutin tahunan," jelas Afriandi. 

Sementara itu, Polres Pangkalpinang akan mempersiapkan 90 personilnya guna pengamanan Imlek. Kompol Wahyudi mengatakan kesemua personil yang dipersiapkan kemudian akan disebar pada 3 titik sasaran. "Untuk pengamanan hari besar Imlek nanti kita akan menempatkan sebanyak 90 personil aparat kepolisian yang disebar pada 3 titik lokasi yang berpusat di Klenteng Kwan Tie Miauw dan Klenteng Setya Budhi Semabung serta Kelenteng Shen Miu Miau Tanjung Bunga," ungkap Kompol Wahyudi diruang kerjanya, Kamis (7/2) kemarin. 

Ditambahkan dia selain melakukan pengamanan pada 3 titik sasaran tersebut, pihaknya juga melalui Satlantas akan menerapkan penutupan atau pengalihan beberapa ruas jalan yang diberlakukan secara situasional bersamaan dengan jalannya rangkaian ibadah Imlek yang dikhawatirkan terjadinya penumpukan kendaraan. "Untuk mengantisipasi kemacetan diruas-ruas jalan sekitar klenteng, kita berupaya memberlakukan pengalihan jalur jalan, bahkan bila memang diperlukan kita terapkan sistem penutupan. Meskipun begitu, pengalihan ataupun penutupan jalan yang berkoordinasi dengan Satlantas itu bersifat situasional, kita juga melihat apakah memang dibutuhkan penerapan tersebut ketika berjalannya ibadah," terangnya.

Polres Pangkalpinang pula tak lupa menghimbau kepada masyarakat yang terlibat dalam perayaan Imlek untuk tetap waspada memperhatikan keselamatan terutama ketika berkendara. Dimana biasanya masyarakat terkadang terpukau atas beberapa kegiatan yang diperagakan sewaktu acara Imlek seperti atraksi barongsai dan hujan petasan sehingga melupakan keselamatan. "Kita tak ingin masyarakat lalai dan menyebabkan celaka disaat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Imlek, terutama bila ada barongsai dan kembang api yang rentan menimbulkan korban. Maka dari itu, kita himbau agar masyarakat untuk menjaga keselamatan masing-masing serta keluarganya selama mengikuti jalannya ibadah Imlek," ingat Kompol Wahyudi.(sap/And)



comments powered by Disqus
EPaper Facebook twitter RSS
Cafe La Fortuna Sediakan 13 Pilihan Dim Sum
Cafe La Fortuna Sediakan 13 Pilihan Dim Sum
PANGKALPINANG - Bingung mencari tempat hangout dengan suasana yang nyaman dan tenang? La Fortuna menjadi pilihan tepat anda.
Ketum PSSI tak Boleh Terlilit Masalah
Ketum PSSI tak Boleh Terlilit Masalah
JAKARTA- Mantan anggota Komite Eksekutif PSSI Ashar Suryobroto mengatakan, pengurus PSSI harus lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Hal itu diungkapkan terkait dengan Kongres PSSI pada 18 April nanti.
Sakit, Seorang Siswa Dipastikan Tak Lulus
Sakit, Seorang Siswa Dipastikan Tak Lulus
PANGKALPINANG - Dinas Pendidikan (Disdik) Pangkalpinang memastikan satu orang siswa gagal lulus di jenjang pendidikan SMA tahun 2015 sebelum diumumkan oleh sekolah.
Mitra Radar