Berita
Barcelona v Real Madrid. Siaran langsung TV One pukul 00.00 WIB.
Sabtu, 21 April 2012 09:19 WIB | Dibaca 180 kali
Jangan Minder MoU

BARCELONA - Tinggal lima pertandingan lagi roda kompetisi di Liga Primera Spanyol telah berakhir. Real Madrid hanya unggul empat angka atas rival abadinya Barcelona (85-81). Situasi yang membuat tekanan berada pada klub asuhan Jose Mourinho itu. Ini ibarat ujian terakhir mereka, bila lolos maka gelar nyaris dipastikan milik mereka.
   
Tidak harus menang, karena selama musim ini, dalam lima bentrok sebelumnya, Real selalu gagal menang. Setidaknya mereka imbang saja sudah bisa membuat Real lebih tenang sebelum bertarung pada second leg semifinal Liga Champions melawan Bayern Munchen. Selama ini, masalah utama Real adalah selalu merasa inferior ketika berhadapan dengan Barca. Mereka bermain layaknya tim underdog di hadapan Barca. Padahal, pada pertandingan lainnya mereka sangat superior, baik di pentas domestik maupun Eropa.
     
Lihat saja statistik Real di Liga Primera. Mereka mampu mengemas 107 gol dalam 33 pertandingan atau rata-rata 3,2 gol perpertandingan. Mereka juga garang di Liga Champions dengan catatan 33 gol dalam 11 laga atau rata-rata 3 gol perpertandingan.Tetapi ketika melawan Barca, Real cenderung memainkan sepak bola negatif. Entrenador Jose Mourinho lebih suka memperkuat pertahanan dan mengandalkan serangan balik. Padahal, mereka punya banyak pemain kreatif yang jago dalam penguasaan bola.
         
”Anda bisa perhatikan beberapa bentrok terakhir kedua tim, Barcelona selalu lebih unggul secara permainan dan hasil. Kami akan kembali unggul pada pertandingan nanti,” bilang Txiki Begiristain, mantan direktur Barca, kepada EFE. Bila menang, maka Barca hanya tertinggal satu angka dari Real di klasemen sementara. ”Kemungkinan mereka tergelincir sangat besar. Mereka pernah unggul sepuluh angka dan tiba-tiba terus merosot,” jelas Begiristain.
         
Apalagi, kali ini Barca akan bertanding di markasnya Nou Camp. ”Inilah kesempatan kami untuk mengejar mereka. Tekanan berada pada mereka. Kami harus menang agar peluang tetap terbuka,” kata Andres Iniesta, gelandang Barca, seperti dikutip Goal. Soal kesiapan tim, Barca memang kehilangan Alexis Sanchez yang mengalami cedera ketika kalah dari Chelsea 0-1 pada first leg semifinal Liga Champions, tetapi secara umum mereka punya skuad yang mantap. Selain Sanchez hanya David Villa, Andreu Fontas, dan Eric Abidal yang absen.
         
Sejak Mourinho memegang kekuasan di Real, baru sekali dia mengalahkan Barca, itupun melalui perpanjangan waktu pada final Copa del Rey musim lalu. Sisanya, lima kali Mourinho dipecundangi dan empat kali bermain seri. ”Kami menatap ke depan. Pelajaran pada pertemuan sebelumnya membuat kami tidak boleh kehilangan fokus lagi. Apalagi, sekarang kami harus dihadapkan dengan pertandingan beruntun yang berat,” kata Aitor Karanka, asisten pelatih Real, seperti dikutip AS.
        
Ya, sebelum bertanding di el clasico, Real harus bertanding di first leg semifinal Liga Champions melawan Bayern Munchen. Nanti, setelah el clasico, mereka harus kembali bertarung melawan Bayern di Santiago Bernabeu (25/4). Laga ini sendiri memang tak melulu membicarakan soal rivalitas dua klub raksasa ini.  Namun, trennya berubah sejak kehadiran Cristiano Ronaldo di Real Madrid pada musim panas 2009. Setiap duel el clasico, pembicaraan mengarah pada rivalitas individu antara Ronaldo dan mesin gol Barcelona Lionel Messi.
   
Nah, rivalitas keduanya bakal makin sengit pada el clasico edisi keenam musim ini.  Sengit, lantaran keduanya tak hanya berjuang membantu timnya meraih trofi Liga Primera.  Tapi, keduanya juga terlibat rivalitas merebut predikat el pichichi alias top scorer.  Kebetunya, keduanya sama-sama mengemas 41 gol di Liga Primera musim ini.
         
”Messi dan Ronaldo berbeda dengan pemain lainnya. Kami sungguh beruntung memiliki mereka di kompetisi ini. Mereka tetap mencetak gol ketika timnya bermain baik atau buruk,” kata Josep Guardiola, pelatih Barcelona , seperti dikutip Reuters. Soal rivalitas individu, Messi sejauh ini masih unggul dari Ronaldo. Ketika masih membela Manchester United, winger yang dijuluki CR7 itu hanya mencetak mencetak lima gol ke gawang tim Lionel Messi ( Barcelona ). Sementara, Messi  mencetak tujuh gol.
        
Di el clasico, Messi juga lebih unggul. Striker timnas Argentina itu mengemas 13 gol dan Ronaldo baru empat gol. ”Ronaldo merupakan pemain yang luar biasa. Bersama Messi, mereka menjadi pemain yang bisa mengubah pertandingan, tetapi tetap Messi lebih baik,” kata Xavi Hernandez, gelandang Barca kepada GolTV.
        
”Saya tidak suka membandingkan keduanya, tetapi Messi memiliki segalanya. Dia mencetak gol, mengkreasi gol, dan selalu menentukan dalam pertandingan,” timpal Xavi. Mantan bos Ronaldo di timnas Portugal Luiz Felipe Scolari juga mengakui keunggulan Messi. ”Satu-satunya hal buruk yang mengganggu karir luar biasa Ronaldo adalah Messi. Bila tidak ada Messi, maka dipastikan Ronaldo merupakan pemain terbaik dunia lima musim beruntun,” kata Scolari, seperti dikutip Goal.
         
Musim ini, Messi dan Ronaldo memang punya koleksi gol sama banyak di Liga Primera. Namun secara total, Messi lagi-lagi lebih unggul. Total dia telah mengemas 61 gol di semua ajang dan Ronaldo mencetak 53 gol.  ”Saya tidak peduli dengan rekor, yang saya inginkan tim ini juara,” tandas Ronaldo mengomentari panasnya perbedatan soal dirinya dan Messi.(ham)

 



comments powered by Disqus
EPaper Facebook twitter RSS
Wedding Package Bumi Asih Hanya Rp 30 juta
Wedding Package Bumi Asih Hanya Rp 30 juta
PANGKALPINANG - Ingin membuat hari pernikahan Anda berkesan istimewa? Paket pernikahan Hotel Bumi Asih Pangkalpinang dapat menjadi pilihan tepat Anda dalam merencanakan pernikahan.
Bagi Minute Play saat Lawan Elche
Bagi Minute Play saat Lawan Elche
VALENCIA - Bukan kalah atau menang yang menjadi target timnas senior Indonesia selama menjalani rangkaian tur Spanyol. Alfred Riedl selaku pelatih timnas senior hanya ingin melakukan evaluasi dalam laga uji coba di Negeri Matador tersebut.
Kembali Bersekolah
Kembali Bersekolah
Kembali Bersekolah - Siti Aisyah Pulungan (8) mencium ayahnya Muhammad Nawawi Pulungan (54) yang dirawat di RS Pirngadi pada hari pertama ia kembali bersekolah di Medan, Sumut, Jumat (21/3). Sejak setahun terakhir Aisyah tidak ke sekolah karena merawat ayahnya yang sakit di atas becak. (ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi)
Mitra Radar