Berita
5 Agustus, Nilai Dana BOS Diketahui
Jum'at, 27 Juli 2012 09:58 WIB | Dibaca 174 kali
TOBOALI - Kepala Bidang (Kabid) Menengah dan Kejuruan (Dikmenjur) Dinas Pendidikan (Disdik) Basel, Eddy Supriadi, menjelaskan nilai dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) tahun 2012 yang bersumber dari APBN dan APBD belum direkapitulasi, sehingga belum dapat dipastikan jumlah dana BOS untuk tahun ajaran 2012-2013. "Insya Allah, pada tanggal 5 Agustus nanti dana BOS sudah diketahui nilai jumlahnya baik itu untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA)," jelasnya kepada RB, Kamis (26/7) kemarin.
Eddy mengatakan, dilihat dari perkembangan siswa untuk tingkat SD dan SMP maka anggaran dana BOS berdasarkan data lama sebesar Rp 3.060.903.250. "Sementara, untuk tahun ajaran baru ini perkembangan jumlah siswa ada peningkatan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya," ujarnya.
Lebih lanjut, dia menjelaskan peruntukan dana BOS tingkat SMP terdiri dari 14 komponen yang meliputi belanja pembelian buku teks pelajaran, Penerimaan Siswa Baru (PSB), kegiatan pembelajaran, ekstra kulikuler (ekskul), kegiatan ulangan dan ujian, honor guru serta pegawai, pengembangan profesi guru dan lain sebagainya. Begitu juga dengan tingkat SMA rintisan, pos belanja dana BOS hampir sama dengan tingkat SMP. "Kalau enggak salah, ada 11 komponen dihitung berdasarkan jumlah siswa. Artinya Rp10 ribu per siswa," jelas Eddy, sembari mengatakan dengan adanya dana BOS maka pungutan yang biasanya ada di tingkat SD dan SMP baik itu berstatus negeri maupun swasta dibebaskan, serta membebaskan seluruh biaya pendidikan siswa miskin. "Bukan itu saja, juga meringankan biaya operasional sekolah dan terpenuhinya wajib belajar 9 tahun yang bermutu. Sedangkan dana BOS untuk tingkat pendidikan SMA dapat mengurangi Angka Putus Sekolah (APS), meningkatkan APK siswa dan memberi kesempatan setara bagi siswa miskin untuk tetap bersekolah," pungkasnya.
Sementara, anggota Komisi B DPRD Basel, Samsir, ketika dihubungi RB mengenai nilai dana BOS untuk tahun 2012, mengatakan secara singkat bahwa estimasi BOS mencapai Rp6 miliar dan sampai triwulan kedua tahun ini telah mencapai Rp3 miliar. (tom)



comments powered by Disqus
EPaper Facebook twitter RSS
Lia Furniture Elektronik, Bisa Cash & Kredit
Lia Furniture Elektronik, Bisa Cash & Kredit
PANGKALPINANG - Sukses mengembangkan usahanya sejak 6 tahun silam, Marliani, pemilik galeri Lia Furniture & Elektronik kini melengkapi usahanya dengan beragam produk handpohone bermerk dan berkualitas. Beragam produk handphone ini dapat Anda miliki dengan pembayaran cash dan credit sesuai kemampuan Anda. Bahkan untuk kredit juga suku bunga sangat terjangkau dan tenor minimal 10 bulan.
Romario : Penjarakan PSSI Brazil!
Romario : Penjarakan PSSI Brazil!
BRASILIA-Legenda sepakbola Brasil Romario geram dengan hasil memalukan yang dituai tim nasional Brasil dalam Piala Dunia 2014. Pria yang kini berprofesi sebagai pengacara itu meminta para petinggi federasi sepakbola Brasil (CBF) dipenjara.
Dicari 100 Ribu Peserta Pelatihan Indonesia Digital Learning
Dicari 100 Ribu Peserta Pelatihan Indonesia Digital Learning
JAKARTA - PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk meluncurkan program “Indonesia Digital Learning”. Program ini merupakan pelatihan dengan sertifikasi internasional meningkatkan pemahaman penggunaan internet.
Mitra Radar