Berita
Senin, Pengumuman CPNS Bateng
Kamis, 26 Juli 2012 11:10 WIB | Dibaca 467 kali
KOBA - Simpang siur rencana penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2012 akhirnya mendapat kejelasan. Dalam waktu dekat Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) akan segera mengumumkan secara terbuka pendaftaran test CPNS Bateng paling lambat 30 Juli mendatang. 
Seperti diketahui, Bateng merupakan satu dari tiga daerah di Babel yang mendapatkan formasi CPNS pada tahun 2012 ini dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara (Kemenpan) RI. Sesuai ketetapan dari Kemenpan RI tersebut, Bateng memperoleh 58 formasi yang terdiri dari 26 tenaga guru, 18 tenaga kesehatan dan 14 tenaga teknis yang sifatnya khusus dan mendesak. Sementara dua daerah lainnya di Babel yang juga mendapatkan formasi CPNS tahun 2012 ini, yakni Kabupaten Bangka Barat sebanyak 85 orang dan Pemprov Babel sebanyak 40 orang.
Kepala BKD Kabupaten Bateng, Dra Susanti mengatakan,  sesuai jadwal yang diperoleh dari pusat, test CPNS akan dilaksanakan serentak 8 September. Untuk itu, pihaknya akan segera mengumumkan pendaftaran secara terbuka, baik melalui media cetak, elektronik dan internet. "Walaupun ada beberapa daerah yang masih mempersiapkan segala kebutuhannya, tapi pusat tidak mau tahu, karena kalau daerah sudah mengusulkan formasi, maka harus siap dengan segala konsekuensi persiapannya," ujarnya kepada RB di ruang kerjanya, Rabu (25/7).
Karena itu paling lambat 30 Juli (Senin depan), BKD Bateng sudah mengumumkan penerimaan pendaftaran CPNS Bateng.  "Ini salah satu rangkaian persiapan kami juga, dan Insya Allah tim kami sudah siap untuk mengelar test CPNS pada tahun 2012 ini," ucapnya meyakinkan.
Penerimaan CPNS tahun 2012 ini, disampaikan Susanti sesuai dengan Peraturan Menteri (Permen) PAN RI Nomor 197 tahun 2012 tentang kebijakan pengadaan CPNS bagi jabatan yang dikecualikan dalam penundaan sementara CPNS. Dalam permen tersebut dikatakan bahwa tes penerimaan dilakukan secara serentak dengan bentuk tes, yakni kompetensi dasar. Namun, jika dirasakan perlu untuk jabatan tertentu, maka akan dilakukan test kompetensi bidang.  "Khusus untuk di Bateng, sesuai dengan arahan dari Pak Bupati, maka akan ada test kompetensi bidang. Jadi, test CPNS di Kabupaten Bateng akan ada dua test. Tapi, untuk jabatan-jabatan pelaksana, seperti penguji kendaraan bermotor cukup sampai test kompetensi dasar saja dan tidak perlu test kompetensi bidang," ungkapnya.
Lebih lanjut disampaikannya, test kompetensi dasar yang dilakukan dalam penerimaan CPNS bertujuan untuk mengetahui wawasan kebangsaan, kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan bekerjasama secara berkelompok, kemampuan bekerja secara mandiri dan kemampuan berpikir logis. Tes akan dilakukan secara tertulis, tapi ada yang berbentuk psikotes. Pada intinya, test kompetensi dasar sebesar  60 % meliputi penilaian terhadap karakteristik kepribadian peserta tes. Karena dari situ bisa dinilai bagaimana perilaku peserta tes.  "Kalau untuk tes kompetensi bidang itu akan dilakukan terhadap seluruh formasi, karena sepeti yang sudah disampaikan tadi kita menggunakan 2 kali tes, yakni kompetensi dasar dan kompetensi bidang, kecuali untuk jabatan penguji kendaraan bermotor," jelasnya.
Tes kompetensi bidang, menurutnya sangat penting mengingat perlunya kecakapan menyeluruh dari seorang peserta tes ketika menempati formasi yang dibuka. Seperti halnya tes kompetensi bidang untuk formasi guru, tes kompetensi bidang diberikan untuk melihat bagaimana cara dan sikapnya serta perilakunya sebagai guru. Selain itu, tes muatan lokal juga ada, guna mengetahui sejauh mana kemampuannya sebagai seorang guru.  “Tes kompetensi bidang itu boleh kita dari daerah ini nambah bahan tesnya, asal ada persetujuan dari 10 konsorsium Perguruan Tinggi yang terlibat dalam tes CPNS tahun 2012 ini, yakni UI, UGM, IPB, UPI, ITS, Unair, USU, Universitas Andalas, Universitas Hasanuddin. Itulah tim Universitas yang dipercaya untuk menggodok soal," paparnya seraya menambahkan, syarat-syarat lengkap peserta tes bisa dilihat di pengumuman media massa pada beberapa hari kedepan ini.  "Mudah-mudahan Senin depan sudah ada pengumuman di media masa atau koran," tutup mantan Kepala Dukcapil Bateng ini. (fer)



comments powered by Disqus
EPaper Facebook twitter RSS
Hino Luncurkan Truk Tangguh yang Jago Cari Duit
Hino Luncurkan Truk Tangguh yang Jago Cari Duit
TANGERANG - PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) sebagai main dealer kendaraan terus memperluas layanan penjualan dan purna jualnya di Jl Daan Mogot Km 20 No 8 Batu Ceper, Tangerang, Kamis (26/3). Dibawah kendali PT Armindo Perkasa (AP), dealer resmi ke-153 di Indonesia ini lengkap dengan fasilitas 3S (Sales, Service & Sparepart).
Ketum PSSI tak Boleh Terlilit Masalah
Ketum PSSI tak Boleh Terlilit Masalah
JAKARTA- Mantan anggota Komite Eksekutif PSSI Ashar Suryobroto mengatakan, pengurus PSSI harus lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Hal itu diungkapkan terkait dengan Kongres PSSI pada 18 April nanti.
Beltim Bebas Buku Radikal Siswa
Beltim Bebas Buku Radikal Siswa
MANGGAR - Menindaklanjuti maraknya temuan buku pelajaran agama yang memuat bahasan radikal di sejumlah sekolah menengah di kabupaten/kota di Indonesia, Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Beltim tidak menemukan peredaran buku dimaksud.
Mitra Radar