Berita
HUT KNPI ke 39
Selasa, 24 Juli 2012 11:31 WIB | Dibaca 311 kali
"KNPI Saat ini Tidur"

TANJUNGPANDAN-Organisasi kepemudaan yang menamakan dirinya Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) telah berdiri sejak 39 tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 23 Juli 1973. Namun semangat para pelopor organisasi kepemudaan yang dimotori 33 pemuda ini sepertinya tidak termanifestasi kepada KNPI Kabupaten Belitung. Terbukti, di hari jadi KNPI, justru tak ada aktivitas apapun di kantor KNPI.
Lukman Hidayat, Wakil Sekretaris DPD KNPI Belitung dikonfirmasi BE terkait hal ini membenarkan, bahwa pada HUT KNPI ke 39 ini tidak kegiatan apapun yang dilaksanakan KNPI, bahkan menurutnya sebagian malah ada yang tidak tahu kalau hari ini (kemarin, red) adalah hari yang bersejarah bagi KNPI. “Tak ada kegiatan, dan perkiraan saya mungkin malah tidak ada yang tahu kalau hari ini adalah HUT KNPI,” ujar Lukman.
Lukman mengatakan, saat ini memang ada kefakuman di tubuh KNPI Belitung. Tidak ada kegiatan organisasi yang menurutnya mencitrakan perjuangan pemuda kepada kemajuan bangsa khususnya kemajuan Kabupaten Belitung. “Saat ini saya katakan KNPI tidur, sudah tidak menarik lagi dan tidak ada semangat dalam berorganisasi. Mudah-mudahan pemilihan ketua baru pada Oktober mendatang dapat membangkitkan kembali semangat juang pemuda demi kemajuan bangsa dan daerah,” ungkapnya.
Lukman juga menyoroti kondisi pemuda Belitung saat ini yang terkesan berjalan sendiri-sendiri. Padahal menurutnya, banyak organisasi kepemudaan yang dapat menjadi wadah para pemuda yang ingin memberikan kontribusi bagi pembangunan. “Kalau sekarang saya lihat pemuda lebih dominan bergerak sendiri-sendiri. Padahal kalau berkelompok, apa yang dicita-citakan lebih mudah untuk dicapai,” ungkapnya.
Sementara itu, Wakil Ketua KNPI Belitung, Lori Andloid mengatakan, bahwa HUT KNPI tidak harus diwarnai dengan kegiatan tetapi makna HUT KNPI ini sendiri yang lebih dikedepankan. Selain itu menurutnya, memang tidak diprogramkan dalam program kerja dan juga bertepatan dengan bulan puasa sehingga kegiatan hanya diisi dengan konsolidasi internal saja “HUT KNPI kan tidak harus ada kegiatan, kita paling mengucapkan selamat saja. Lebih kepada konsolidasi internal saja,” ucapnya.
Mengenai kefakuman KNPI belakangan ini, Lori membantah bahwa KNPI mengalami stagnansi. Walaupun berjalan tersendat-sendat tetapi tidak vakum, KNPI sering menghadiri acara-acara yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Belitung seperti beberapa waktu lalu, saat peringatan HJKT ke-174 dimana kegiatan Air show dilaksanakan di pantai wisata Tanjungpendam. “Saya berharap KNPI di masa yang akan datang akan lebih baik lagi. Karena KNPI adalah wadah pemuda, benteng pemuda melakukan kreativitas untuk pembangunan dan untuk sosial kemasyarakatan,” tukasnya.(san)



comments powered by Disqus
EPaper Facebook twitter RSS
KOP DPRD BATENG, 7 Raperda Bateng Disetujui Menjadi Perda
KOP DPRD BATENG, 7 Raperda Bateng Disetujui Menjadi Perda
KOBA - Dalam gelaran sidang paripurna yang digelar di gedung DPRD Bangka Tengah (Bateng) Selasa (31/3) pagi kemarin, akhirnya kelima fraksi DPRD Bateng menyetujui ketujuh Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kabupaten Bateng.
Ketum PSSI tak Boleh Terlilit Masalah
Ketum PSSI tak Boleh Terlilit Masalah
JAKARTA- Mantan anggota Komite Eksekutif PSSI Ashar Suryobroto mengatakan, pengurus PSSI harus lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Hal itu diungkapkan terkait dengan Kongres PSSI pada 18 April nanti.
Penerapan Kedisiplinan SMAN 2 Pangkalpinang, Bolos Hari Ini, Besok Orang Tua Dipanggil
Penerapan Kedisiplinan SMAN 2 Pangkalpinang, Bolos Hari Ini, Besok Orang Tua Dipanggil
PANGKALPINANG - Beberapa program diterapkan oleh SMAN 2 Pangkalpinang dalam meningkatkan kedisiplinan para peserta didik. Terlebih meminimalisir kebiasaan bolos para siswa yang kerab membuat gerah pihak sekolah, hingga menerapkan pemanggilan orang tua siswa yang dinilai efektif menanggulangi kebiasaan bolos tersebut.
Mitra Radar