Berita
Jelang Pilwako 2013
Jum'at, 20 Juli 2012 10:20 WIB | Dibaca 169 kali
PPP Masih Timbang-timbang Pigur

PD Buka Pendaftaran Balon Wako

PANGKALPINANG - Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Provinsi Bangka Belitung Hamzah Suhaimi mengakui sampai saat ini pihaknya belum memiliki kandidat yang bakal diusungkan untuk maju dalam Pemilihan Walikota (Pilwako) Pangkalpinang pada 2013 mendatang. Bahkan pihaknya masih bingung mencari calon yang memiliki nilai jual. "Kita sudah persiapkan diri untuk di tiga tempat pemilihan Kepala Daerah (kada) yakni Pangkalpinang, Kabupaten Bangka dan Belitung baik tekhnis maupun non tekhnis. Tapi untuk calon kita masih timbang-timbang dulu," ujar Hamzah kepada Radar Bangka, Kamis (19/7) kemarin, di ruang kerjanya.
Ia mengatakan, pada dasarnya PPP memiliki stok bakal calon yang bisa diandalkan untuk bertarung dalam pilwako. Bahkan dari jumlah kursi yang ada dirinya memastikan PPP tidak membutuhkan koalisi sebagai syarat untuk menjadi Walikota dan Wakil Walikota Pangkalpinang. "Tapi kita kan tidak bisa begitu. Karena untuk menjadi Gubernur, Walikota dan bupati, masyarakat butuh sosok seorang pigur yang bisa menentukan nasib daerah. Apalagi, masyarakat Pangkalpinang adalah pemilih yang cerdas," tegasnya.
Oleh sebab itu, lanjutnya, tidak menutupkemungkinan pihaknya juga membuka peluang kepada bakal calon di luar partai yang berminat untuk menggunakan kereta PPP. "Karena semuanya memiliki peluang yang sama. Meskipun sekarang ada kandidat yang sudah muncul diberbagai media. Makanya, kita akan inventarisir dulu apakah kita layak nomor satu atau dua," tukasnya.
Menurutnya, jika PPP berkoalisi dengan partai lainnya, maka peluang kemenangan bisa lebih mudah diperoleh. "Kita tidak bisa bekerja sendiri-sendiri dalam hal ini, semakin banyak yang mendukung, semakin besar pula harapan kita," tandasnya.
Sementara, DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (PDIP Babel) yang telah melakukan penjaringan bakal calon (Balon) Walikota dan Wakil Walikota Pangkalpinang tahun 2013 mendatang, sedangkan Partai Demokrat  (PD) memastikan akan membuka untuk umum penjaringan Balon Wako dan Wawako Pangkalpinang pada pertengahan bulan puasa.
Disampaikan Ketua Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Pangkalpinang, Yulianto Satin, mengacu pada Surat Keputusan (SK) dari Dewan Perwakilan Pusat (DPP) pendaftaran balon ini bakal dibuka pada pertengahan puasa nanti. Namun pihaknya masih mempersiapkan segala sesuatu sebelum mengumumkan secara resmi penjaringan calon walikota dan wakil walikota melalui partai yang menang pada Pemilu tahun 2009 lalu. "Dalam waktu dekat akan kami umumkan secara resmi penjaringan dari Partai Demokrat. Saat ini kami masih melakukan rapat dan membentuk panitia untuk calon walikota yang akan mengusung Partai Demokrat, kemungkinan akan dibuka pendaftaran pada pertengahan Puasa," jelasnya saat ditemui, Rabu (18/7) malam.
Ia menambahkan, pengambilan formulir terbuka secara umum untuk masyarakat yang ingin menyalonkan diri baik kader dan simpatisan partai. Namun bilamana dalam penjaringan tersebut masyarakat umum yang diterima diharapkan dapat menjadi kader Partai. Para pendaftar yang mengambilkan formulir di DPC, kata Yulianto akan melalui beberapa tahapan. Tahapan terakhir dari pendaftaran yakni melalui hasil survey dan diputuskan oleh Dewan Perwakilan Daerah yang sebelumnya dikirimkan kepada DPP Partai.
Hingga saat ini belum ada pihak manapun yang melakukan pembicaraan khusus terkait pencalonan melalui Partai Demokrat. Yang pasti, belajar dari pengalaman Pilgub lalu, Ketua DPC bakal menggerakkan kader mulai dari DPC hingga ke ranting.  "Kita di DPC tidak akan terganggu dengan kisruh yang ada di DPP Partai. Kami bakal menggerakkan kader dari DPC hingga ke anak ranting untuk memenangkan pemilihan Walikota tahun 2013 nanti," ujarnya seraya mengharapkan seluruh kader dapat berkonsolidasi, merapatkan barisan dalam pemenangan sekaligus tetap mendukung apa yang menjadi langkah pemerintah.
Yulianto sebagai Ketua DPC Partai Demokrat Pangkalpinang yang terpilih pada Muscab Juli kemarin lalu berujar hal tersebut biasa. Namun alangkah baiknya, ia berharap selaku pemimpin partai di Pangkalpinang, dapat menjadi pemimpin yang amanat bagi kader yang menginginkan pembaharuan terhadap Partai tersebut. "Siapapun yang berekstabilitas tinggi dapat mencalonkan diri dari Partai Demokrat. Pengambilan formulir bakal calon Walikota dari Partai Demokrat terbuka untuk umum, namun bila dicalonkan dari Partai Demokrat, masyarakat umum yang dipilih diharapkan menjadi kader Partai,"jelasnya.
Dia sendiri, tidak muluk-muluk melongok Pemilihan Walikota (Pilwako) tahun 2013. Apalagi ditengah situasi politik yang ada sekarang, Yulianto berkaca diri untuk tidak memaksakan kehendak maju dari Partai Demokrat. Namun bila kader serta masyarakat menginginkan dirinya maju, diyakininya siap. "Saya siap bila kader dan masyarakat menginginkan saya untuk maju dalam Pilwako ini. Namun saya juga berkaca diri, buat apa memaksakan kehendak," tegas Yulianto.(cr43/iam)



comments powered by Disqus
EPaper Facebook twitter RSS
Wedding Package Bumi Asih Hanya Rp 30 juta
Wedding Package Bumi Asih Hanya Rp 30 juta
PANGKALPINANG - Ingin membuat hari pernikahan Anda berkesan istimewa? Paket pernikahan Hotel Bumi Asih Pangkalpinang dapat menjadi pilihan tepat Anda dalam merencanakan pernikahan.
Bagi Minute Play saat Lawan Elche
Bagi Minute Play saat Lawan Elche
VALENCIA - Bukan kalah atau menang yang menjadi target timnas senior Indonesia selama menjalani rangkaian tur Spanyol. Alfred Riedl selaku pelatih timnas senior hanya ingin melakukan evaluasi dalam laga uji coba di Negeri Matador tersebut.
Kembali Bersekolah
Kembali Bersekolah
Kembali Bersekolah - Siti Aisyah Pulungan (8) mencium ayahnya Muhammad Nawawi Pulungan (54) yang dirawat di RS Pirngadi pada hari pertama ia kembali bersekolah di Medan, Sumut, Jumat (21/3). Sejak setahun terakhir Aisyah tidak ke sekolah karena merawat ayahnya yang sakit di atas becak. (ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi)
Mitra Radar