Berita
Perkap Nomor 24 Tahun 2011.
Kamis, 12 Juli 2012 09:45 WIB | Dibaca 1.401 kali
Polisi Wajib Beri Informasi

PANGKALPINANG - Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar sosialisasi Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 24 Tahun 2011 tentang Tata Cara Pelayanan Publik. Menurut Kepala Bidang Humas Polda Babel AKBP Indra S.Ik, Perkap tersebut menginstruksikan pihak kepolisian agar memberikan informasi kepada masyarakat secara terbuka. "Kepolisian sudah harus terbuka menyangkut informasi, karena ini bagian dari program reformasi birokrasi di tubuh Polri menyangkut pelayanan kepada masyarakat. Maka Perkap Nomor 24 Tahun 2011 yang mengatur hal tersebut harus disosialisasikan ke Polres-Polres se-Babel," katanya saat sosialisasi kepada Polsek se-Pangkalpinang di Mapolres kemarin (11/7).
Dijelaskannya, beberapa hal yang dapat dipublikasikan ialah informasi yang tidak dikecualikan Perkap, seperti Daftar Pencarian Orang (DPO), Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP), rencana, anggaran, waktu dan hasil penyelidikan menyangkut uang dan barang yang telah disita. "Ada juga beberapa informasi yang wajib diumumkan, seperti informasi mengenai potensi vandalisme, kerusuhan, bencana alam, peristiwa yang meresahkan masyarakat, atau kecelakaan lalu lintas hingga ancaman teroris," tambahnya.
Namun lanjut Indra, terdapat juga informasi yang dilarang untuk dipublikasikan. Seperti informasi yang bisa menghambat proses penyidikan dan penyelidikan tindak pidana, informasi yang bersifat mengungkapkan identitas informan. "Tidak boleh disebar informasi menyangkut pelapor dan saksi yang mengetahui tindak pidana, informasi yang mengungkapkan data inteligen kriminal dan rencana yang berhubungan dengan pencegahan atau penanganan segala bentuk kejahatan trans nasional," terangnya.
Kalangan media sudah mengetahui dan mengerti informasi seperti apa yang boleh dan tidak boleh dipublikasikan. "Pejabat pemberi infomasi yang bertugas di Polres-Polres jangan khawatir kepada media yang meminta informasi, mereka sudah tahu," tandasnya. (ydi)




comments powered by Disqus
EPaper Facebook twitter RSS
270 Tahun PT Pos Indonesia Unit Pangkalpinang, Bagikan Voucher & Diskon kepada Pelanggan
270 Tahun PT Pos Indonesia Unit Pangkalpinang, Bagikan Voucher & Diskon kepada Pelanggan
PANGKALPINANG - PT Pos Indonesia, Jumat (26/8) lalu tepat berusia 270 tahun. Memasuki usia itu, Seluruh karyawan PT Pos Indonesia Unit Pangkalpinang turut memeriahkan dengan menggelar berbagai kegiatan untuk menyapa pelanggan, pemberian voucher, potongan harga atau diskon, hingga sampai acara syukuran.
2 Pemain PS Bangka Masuk Skuad Timnas U-19
2 Pemain PS Bangka Masuk Skuad Timnas U-19
PANGKALPINANG - Dua pemain PS Bangka dipastikan masuk dalam skuad Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19. Keduanya yakni Habibi (bek) dan Sandi Pratama (gelandang). Asisten Manager PS Bangka dr Yogi Yamani, SpB dikonfirmasi tadi malam (23/8) mengaku bersyukur jika ada pemain PS Bangka yang terpilih skuad Timnas U-19.
Anggaran TPG Dikepras, Pemda Harus Cairkan Dana Mengendap
Anggaran TPG Dikepras, Pemda Harus Cairkan Dana Mengendap
JAKARTA - Pemangkasan anggaran tunjangan profesi guru (TPG) akan memaksa pemerintah daerah (pemda) segera mencairkan dana yang diendapkan di bank. Pemda dituntut proaktif mencairkan dana yang mengendap itu supaya arus pencairan TPG tidak terhambat.
Mitra Radar