Berita
Perkap Nomor 24 Tahun 2011.
Kamis, 12 Juli 2012 09:45 WIB | Dibaca 384 kali
Polisi Wajib Beri Informasi

PANGKALPINANG - Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar sosialisasi Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 24 Tahun 2011 tentang Tata Cara Pelayanan Publik. Menurut Kepala Bidang Humas Polda Babel AKBP Indra S.Ik, Perkap tersebut menginstruksikan pihak kepolisian agar memberikan informasi kepada masyarakat secara terbuka. "Kepolisian sudah harus terbuka menyangkut informasi, karena ini bagian dari program reformasi birokrasi di tubuh Polri menyangkut pelayanan kepada masyarakat. Maka Perkap Nomor 24 Tahun 2011 yang mengatur hal tersebut harus disosialisasikan ke Polres-Polres se-Babel," katanya saat sosialisasi kepada Polsek se-Pangkalpinang di Mapolres kemarin (11/7).
Dijelaskannya, beberapa hal yang dapat dipublikasikan ialah informasi yang tidak dikecualikan Perkap, seperti Daftar Pencarian Orang (DPO), Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP), rencana, anggaran, waktu dan hasil penyelidikan menyangkut uang dan barang yang telah disita. "Ada juga beberapa informasi yang wajib diumumkan, seperti informasi mengenai potensi vandalisme, kerusuhan, bencana alam, peristiwa yang meresahkan masyarakat, atau kecelakaan lalu lintas hingga ancaman teroris," tambahnya.
Namun lanjut Indra, terdapat juga informasi yang dilarang untuk dipublikasikan. Seperti informasi yang bisa menghambat proses penyidikan dan penyelidikan tindak pidana, informasi yang bersifat mengungkapkan identitas informan. "Tidak boleh disebar informasi menyangkut pelapor dan saksi yang mengetahui tindak pidana, informasi yang mengungkapkan data inteligen kriminal dan rencana yang berhubungan dengan pencegahan atau penanganan segala bentuk kejahatan trans nasional," terangnya.
Kalangan media sudah mengetahui dan mengerti informasi seperti apa yang boleh dan tidak boleh dipublikasikan. "Pejabat pemberi infomasi yang bertugas di Polres-Polres jangan khawatir kepada media yang meminta informasi, mereka sudah tahu," tandasnya. (ydi)



comments powered by Disqus
EPaper Facebook twitter RSS
Lia Furniture Elektronik, Bisa Cash & Kredit
Lia Furniture Elektronik, Bisa Cash & Kredit
PANGKALPINANG - Sukses mengembangkan usahanya sejak 6 tahun silam, Marliani, pemilik galeri Lia Furniture & Elektronik kini melengkapi usahanya dengan beragam produk handpohone bermerk dan berkualitas. Beragam produk handphone ini dapat Anda miliki dengan pembayaran cash dan credit sesuai kemampuan Anda. Bahkan untuk kredit juga suku bunga sangat terjangkau dan tenor minimal 10 bulan.
Romario : Penjarakan PSSI Brazil!
Romario : Penjarakan PSSI Brazil!
BRASILIA-Legenda sepakbola Brasil Romario geram dengan hasil memalukan yang dituai tim nasional Brasil dalam Piala Dunia 2014. Pria yang kini berprofesi sebagai pengacara itu meminta para petinggi federasi sepakbola Brasil (CBF) dipenjara.
Dicari 100 Ribu Peserta Pelatihan Indonesia Digital Learning
Dicari 100 Ribu Peserta Pelatihan Indonesia Digital Learning
JAKARTA - PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk meluncurkan program “Indonesia Digital Learning”. Program ini merupakan pelatihan dengan sertifikasi internasional meningkatkan pemahaman penggunaan internet.
Mitra Radar