Berita
Perkap Nomor 24 Tahun 2011.
Kamis, 12 Juli 2012 09:45 WIB | Dibaca 417 kali
Polisi Wajib Beri Informasi

PANGKALPINANG - Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar sosialisasi Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 24 Tahun 2011 tentang Tata Cara Pelayanan Publik. Menurut Kepala Bidang Humas Polda Babel AKBP Indra S.Ik, Perkap tersebut menginstruksikan pihak kepolisian agar memberikan informasi kepada masyarakat secara terbuka. "Kepolisian sudah harus terbuka menyangkut informasi, karena ini bagian dari program reformasi birokrasi di tubuh Polri menyangkut pelayanan kepada masyarakat. Maka Perkap Nomor 24 Tahun 2011 yang mengatur hal tersebut harus disosialisasikan ke Polres-Polres se-Babel," katanya saat sosialisasi kepada Polsek se-Pangkalpinang di Mapolres kemarin (11/7).
Dijelaskannya, beberapa hal yang dapat dipublikasikan ialah informasi yang tidak dikecualikan Perkap, seperti Daftar Pencarian Orang (DPO), Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP), rencana, anggaran, waktu dan hasil penyelidikan menyangkut uang dan barang yang telah disita. "Ada juga beberapa informasi yang wajib diumumkan, seperti informasi mengenai potensi vandalisme, kerusuhan, bencana alam, peristiwa yang meresahkan masyarakat, atau kecelakaan lalu lintas hingga ancaman teroris," tambahnya.
Namun lanjut Indra, terdapat juga informasi yang dilarang untuk dipublikasikan. Seperti informasi yang bisa menghambat proses penyidikan dan penyelidikan tindak pidana, informasi yang bersifat mengungkapkan identitas informan. "Tidak boleh disebar informasi menyangkut pelapor dan saksi yang mengetahui tindak pidana, informasi yang mengungkapkan data inteligen kriminal dan rencana yang berhubungan dengan pencegahan atau penanganan segala bentuk kejahatan trans nasional," terangnya.
Kalangan media sudah mengetahui dan mengerti informasi seperti apa yang boleh dan tidak boleh dipublikasikan. "Pejabat pemberi infomasi yang bertugas di Polres-Polres jangan khawatir kepada media yang meminta informasi, mereka sudah tahu," tandasnya. (ydi)



comments powered by Disqus
EPaper Facebook twitter RSS
Bank Sumsel Babel Layani Penukaran Uang Riyal
Bank Sumsel Babel Layani Penukaran Uang Riyal
PANGKALPINANG - Untuk memudahkan nasabah yang ingin beribadah haji tahun ini, Bank Sumsel Babel siap melayani penukaran uang Riyal, baik pecahan 1, 5, 10, 20, 100, 200 maupun 500 real.
Sterling Bakal Dapat Kontrak Baru
Sterling Bakal Dapat Kontrak Baru
LIVERPOOL-Brendan Rodgers berencana mengapresiasi performa Raheem Sterling dengan kenaikan nilai kontrak di awal musim Premier League musim ini. Namun, manajer The Reds itu menyatakan harus berhati-hati membuat klausul kontrak agar pas dengan usia Sterling.
Bateng Kekurangan Buku Paket
"Jumlah buku paket untuk guru dan siswa masih kurang dari Kementerian Pendidikan Nasional dan kami diperbolehkan untuk memperbanyak,"
Mitra Radar