Berita
Pandangan Akhir Terhadap LKPj Bupati. Fraksi PKS Ingatkan RPJMD Basel
Jum'at, 24 Juni 2011 09:01 WIB | Dibaca 479 kali
TOBOALI (radarbangka.co.id) - Fraksi PKS DPRD Kabupaten Bangka Selatan (Basel) menerima dengan catatan, Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Basel akhir tahun 2010 pada sidang paripurna, Kamis (23/6).

Samsir, anggota Fraksi PKS yang menyampaikan pandangan akhir mengatakan, LkPj tersebut adalah merupakan salah satu kewajiban seorang bupati sebagaimana yang diamanatkan oleh Pasal 27 ayat 2 undang-undang nomor 32 tahun 2004 yang kemudian diatur secara khusus dalam PP nomor 3 tahun 2007.

“Dalam pendapat akhir ini, kami dari fraksi PKS DPRD Basel hanya mengingatkan kembali, bahwa dalam menjalankan tugas dan wewenang serta kewajiban sebagai kepala daerah, Bupati tentunya terikat dengan Perda nomor 13 Tahun 2005 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah  Daerah (RPJMD)  Kabupaten Basel tahun 2006 – 2010 yang di dalamnya memuat visi misi dan strategi pembangunan kabupaten Basel serta arah pembangunan lima tahun. 

Samsir menerangkan, tahun 2010 adalah tahun terakhir  dari tahapan pertama periodesasi RPJPD Kabupaten Basel. Tentunya pada tahun 2010 ini, asumsi dasar bahwa pencapaian program dan agenda pembangunan pada tahap pertama (2006-2010) sudah terselesaikan. Sehingga finalisasi LKPJ Bupati tahun 2010 ini merupakan dasar atau pondasi dalam menentukan kebijakan dan agenda pembangunan RPJMD tahap kedua tahun 2010 - 2015 yang merupakan kelanjutan proses pembangunan yang tidak dapat dipisahkan dengan proses pembangunan pada periodesasi sebelumnya. 

“Hal ini sesungguhnya yang disebut dengan pembangunan berkelanjutan (sustainable development) yang merupakan salah satu prinsip dasar dalam pembangunan suatu wilayah. Karena itu diperlukan suatu bentuk evaluasi yang komprehensif dari setiap tahapan-tahapan pembangunan, yang kesemuanya harus dituangkan dalam progress report.  Jadi dalam kesempatan ini kami dari fraksi PKS DPRD Basel menyampaikan apresiasi terhadap kerja keras Bupati  beserta seluruh jajarannya dalam upaya penyelenggaraan dan pembangunan di kabuapten Basel,” ungkapnya.

Kata Samsir, kendati demikian, pihaknya juga ingin menyampaikan beberapa catatan penting dan mendasar dalam kesempatan tersebut. 

“Tetapi perlu difahami oleh semua pihak, khususnya  bupati. Bahwa catatan-catatan yang kami berikan sebagai wujud kasih sayang dan kebersamaan kita dalam mewujudkan cita-cita pembangunan Kabupaten Basel yang kita impikan bersama yaitu sebagaimana visi Kabupaten Basel pada RPJMD tahap pertama terwujudnya Negeri Junjung Besaoh yang sejahtera melalui pemerintahan yang amanah bersih dan berwibawa berbasis Iptek dan Imtaq serta berwawasan lingkungan yang menjadi tanggungjawab kita semua sebagaimana tertuang dalam Perda Basel nomor 13  Tahun 2005 tentang RPJMD Kabupaten Basel tahun 2006 – 2010 dan selanjutnya akan dilanjutkan dengan visi RPJMD tahap kedua yaitu Basel makmur ditahun 2015 mendatang. LKPJ merupakan progress report pelaksanaan tugas atau laporan pencapaian kinerja pemerintah yang dinilai dari realisasi target anggaran selama satu tahun. Dengan demikian mekanisme LKPj merupakan wahana untuk berbagi peran dalam menganalisis kinerja pemerintahan daerah yang telah dilakukan sepanjang tahun 2010. 

“Kiranya hal ini akan  mendorong tumbuhnya semangat objektivitas dan kemitraan yang harmonis antara pemerintahan daerah dengan DPRD dalam menyempurnakan kinerja pemerintahan daerah pada masa yang akan datang,” tutupnya. (tom)



comments powered by Disqus
EPaper Facebook twitter RSS
Aneka Tools Mart Hadirkan Promo Diskon
Aneka Tools Mart Hadirkan Promo Diskon
PANGKALPINANG-Siapa yang tidak mau mendapatkan promo diskon?. Ya.. Aneka Tools Mart yang berada di jalan Depati Hamzah (Semabung Lama) Pangkalpinang saat ini lagi mengeluarkan diskon untuk semua produk.
Kehadiran Erick Thohir Dianggap Bagus untuk Liga Italia
Kehadiran Erick Thohir Dianggap Bagus untuk Liga Italia
MILAN - Presiden Liga Serie A, Maurizio Beretta memberikan dukungan pada owner Inter Milan, Erick Thohir. Beretta meminta semua pihak lebih menghormati pengusaha muda asal Indonesia itu.
Dosen UBB Presentasikan 29 Judul Penelitian
MERAWANG - Universitas Bangka Belitung (UBB) terus gencar melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat. Selain sebagai wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, hal itu dimaksudkan agar UBB sebagai "ladang" ilmu pengetahuan tidak terjebak menjadi "menara gading".
Mitra Radar