Berita
Agustus, Tes CPNS.Honorer K2 Bakal Terdepak
Selasa, 12 Juni 2012 14:21 WIB | Dibaca 438 kali
PANGKALPINANG-Apakah Bangka Belitung (Babel) mendapatkan jatah untuk penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini terjawab sudah. Berdasarkan keputusan dari pusat yang diterima Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel, dari 33 provinsi yang ada, pusat menyetujui 3 provinsi yang salah satunya adalah Babel untuk melakukan perekrutan PNS. Demikian, dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Babel Imam Mardi Nugroho usai mengikuti rapat Banmus di Gedung DPRD Babel. "Keputusan dari pusat telah kita terima dan kita patut bersyukur, karena dari 33 provinsi yang disetujui hanya tiga provinsi salah satunya Babel mengingat kebutuhannya sangat mendesak. Dan kita diberi formasi tenaga kesehatan dan teknis," ungkap Imam, kemarin (11/6).  "Seleksi penerimaan tes akan dilaksanakan Agustus mendatang. Namun hanya membuka 40 orang khusus tenaga kesehatan dan teknis," tambahnya.  Menurut Imam, khusus Babel yang disetujui adalah Pemprov Babel, Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) dan Kabupaten Bangka Barat (Babar). Sedangkan untuk kabupaten/kota lainnya untuk sementara waktu ditolak.
Ia memaparkan, dari 40 formasi yang dibuka, 25 formasi diantaranya untuk tenaga kesehatan dan 15 formasi lainnya diperuntukkan untuk bidang teknis seperti pertanian dan peternakan. Sementara untuk tingkat SMA/SMK diakuinya, untuk tahun ini masih nihil. "Jadi sekarang kita diminta untuk melengkapi berkas-berkas formasi dan diperkirakan membutuhkan waktu sekitar dua minggu. Ya, sekitar Agustuslah. Namun lebih lanjut tergantung keputusan dari pusat," tegasnya. Lebih jauh Imam menyebutkan, diterimanya pengajuan Pemprov, Bateng dan Babar dikarenakan memang sudah sesuai dengan Analisa Jabatan (anjab) dan kebutuhan. "Kebutuhan kita memang sangat mendesak khususnya dokter, karena untuk mengisi SDM di Rumah Sakit Provinsi (RSP) Bung Karno kita," tandasnya. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Babel Syafitri menambahkan, persetujuan penerimaan CPNS dari Kemenpan-RB sudah diterima pada Jumat (8/6) lalu dengan lampiran Surat Kemenpan/RB/06/2012 tentang persetujuan prinsip CPNS tahun 2012 dengan rincian tenaga kesehatan dan teknis.
"Untuk guru tahun ini tidak ada. Sedangkan untuk kesehatan sebelumnya kita ajukan 13 formasi dan teknis 9 formasi. Tapi kita dikasih 40 formasi. Sehingga untuk kesehatan ada 25 formasi dan teknis 15 formasi," jelas Syafitri sembari mengakui belum bisa menyebutkan secara detail formasi yang dibutuhkan setiap bidang. Seperti tahun-tahun sebelumnya lanjut Syafitri, penerimaan CPNS tahun ini juga akan berlangsung profesional dan transparan sesuai kemampuan yang dimiliki masing-masing peserta. "Pokoknya kita jamin tes penerimaan berjalan transparan," pungkasnya. Sementara, Pemkab Bateng dan Babar sendiri, untuk tahun ini memastikan jatah PNS yang disetujui adalah sebanyak 58 formasi untuk Bateng dan 85 formasi untuk Babar.  Kepala BKD Bateng, Dra. Susanti membenarkan, pusat menyetujui usulan yang diajukan. "Alhamdulillah benar," sebut Susanti. 
Menurutnya, berdasarkan surat yang mereka terima, 58 formasi tersebut terdiri dari 26 guru, 18 tenaga kesehatan dan 14 tenaga teknis. "Alasannya kita diberikan kesempatan karena belanja pegawai kita kurang dari 50 persen," tambahnya seraya menyebutkan, usulan yang diajukan adalah sebanyak 315 formasi.  Diakui Susanti, hingga kini, Bateng masih kekurangan PNS. Idealnya, 3.957 orang dibutuhkan untuk menunjang kinerja dan pelayanan kepada masyarakat Bateng. Namun, jumlah tersebut menurutnya, belum bisa terpenuhi. Sebab, berdasarkan data Mei kemarin, jumlah PNS adalah sebanyak 2.936 orang. "Jadi sebenarnya kita masih kekurangan 1.021 PNS," sebutnya.  Sementara, Kepala BKD Babar, Ismanto, juga membenarkan pihaknya mendapatkan persetujuan. "Kami akan membuka lowongan sebanyak 85 formasi sesuai dengan persetujuan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara ," ujar Ismanto.
Sebagian besar formasi tersebut untuk mengisi tenaga teknis, seperti guru, tenaga kesehatan, dan tenaga-tenaga teknis lainnya dengan syarat pendidikan terakhir diploma tiga (D-3) sampai strata satu (S-1). "Babar merupakan salah satu dari 17 kabupaten/kota di Indonesia yang mendapatkan jatah penerimaan CPNS 2012," ujarnya. Ia mengatakan bahwa kesempatan menerima lowongan baru tersebut setelah semua persyaratan dari Kemenpan terpenuhi akhir Maret 2012, dan kepastian tersebut telah diterima lewat telepon dan faksimile dari Kemenpan. "Kami akan memenuhi undangan rapat koordinasi dengan Kemenpan untuk memastikan penerimaan dan pengangkatan CPNS Babar pada Kamis (14/6)," ujarnya. "Kami minta Kemenpan mengabulkan permintaan yang diajukan dan menyetujui seluruh formasi yang kami usulkan seperti tenaga guru, tenaga kesehatan dan jabatan fungsional lainnya, seperti perikanan dan pertanian," ujarnya. Untuk formasi tenaga kesehatan, seperti bidan, dokter, dan perawat, kata dia, diharapkan disetujui semuanya karena di daerah itu masih sangat kekurangan tenaga kesehatan. Di sisi lain, tidak diterimanya usulan PNS di Kabupaten Bangka mengundang kekecewaan Sekda Bangka, Tarmizi H Saat. Sebab, Tarmizi menilai, hingga saat ini, Kabupaten Bangka masih membutuhkan tenaga seperti guru, medis maupun tenaga teknis. 
"Tapi karena ditolak, artinya kita akan memaksimalkan apa yang ada," sebutnya.  Sementara itu, Anggota Komisi A DPRD Bangka, Miharza menilai, tidak dikabulkannya usulan Pemkab Bangka untuk membuka penerimaan tersebut tentu ada nilai plus minusnya bagi pemerintah daerah. Nilai plusnya adalah pemkab bisa menghemat anggaran dan bisa menyehatkan anggaran yang ada. "Kalau minusnya, secara politis pemkab justru dirugikan karena tidak bisa memperjuangkan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat," ujarnya. Apakah Bangka masih butuh? Politisi PAN tersebut menegaskan, bahwa Bangka memang masih membutuhkan tenaga PNS. Di beberapa wilayah Kecamatan Belinyu misalkan, tenaga bidan desa masih banyak yang belum terisi. Sehingga, dapat berdampak kepada pelayanan dibidang kesehatan masyarakat. "Tapi bagaimanapun juga pasti pusat mempunyai penilaian sendiri terkait penolakan tersebut," ujarnya diplomatis.
Banyak Honorer K2 Bakal Terdepak Sementara itu, para tenaga honorer kategori dua (K2) yang tidak lolos tes seleksi CPNS, terancam diberhentikan dari instansi tempatnya bekerja. Pasalnya, banyak diantaranya tidak memiliki kompetensi sehingga sulit dipertahankan. "Terus terang saja, melihat kemampuan yang dimiliki honorer K2 yang kebanyakan tidak punya kompetensi, membuat pemerintah sulit mengaturnya," ungkap Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Eko Prasojo, Senin (11/6).
Di dalam PP 56 Tahun 2012 tentang Revisi PP 48 Tahun 2007 tentang Pengangkatan Honorer menjadi CPNS, tidak diatur tentang honorer K2 yang lulus tes. Yang tertera di dalam PP tersebut hanya bagi honorer K2 lulus tes akan diangkat CPNS secara bertahap mulai 2013 hingga 2014. "Memang di dalam PP 56 tidak diatur nasib honorer K2 yang tidak lolos. Mereka diatur dalam UU Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sekarang RUU-nya masih sementara dibahas," ujarnya. RUU ASN, lanjut guru besar UI ini, mengatur honorer K2 yang tidak lolos, akan diangkat sebagai pegawai tidak tetap pemerintah (PTTP) sepanjang instansinya membutuhkan. Hanya saja, dasarnya harus sesuai kompetensi. Misalnya, yang dibutuhkan guru matematika, tapi honorer K2-nya guru bahasa Indonesia otomatis tidak bisa diangkat PTTP. "Pemerintah pusat tidak bisa memaksakan instansi menerima honorer K2 menjadi PTTP kalau yang bersangkutan tidak sesuai kompetensi. Sebab, pembayaran gajinya menjadi tanggung jawab instansi bersangkutan," tegasnya. Meski tidak merinci satu persatu, namun Eko mengungkapkan, data honorer K2 banyak yang tidak punya kompetensi. Sehingga, kalau tidak lolos CPNS maupun PTTP, honorernya akan diberhentikan.
"Mau tidak mau ya diberhentikan oleh instansi. Pemberhentiannya juga tidak disertai kompensasi, kecuali pimpinan instansinya mempunyai kebijakan khusus memberikan uang tanda terimakasih," pungkasnya.(cr43/ant/fer/rif/esy/jpnn)



comments powered by Disqus
EPaper Facebook twitter RSS
Daihatsu Harap Xenia Enggak Ada Matinya
Daihatsu Harap Xenia Enggak Ada Matinya
JAKARTA-Jejak Multi Purpose Vehicle (MPV) legendaris Indonesia, Toyota Kijang menjadi inspirasi Daihatsu untuk mempertahankan keberadaan Low MPV Xenia. Toyota Kijang yang dicintai penggemarnya hingga puluhan tahun itu diharapkan bisa dikecap pula oleh Daihatsu Xenia.
Liverpool vs Madrid, Tuah Anfield
Liverpool vs Madrid, Tuah Anfield
LIVERPOOL-Laga big match akan tersaji dalam gameweek 3 Liga Champions Grup B. Dua klub dengan reputasi mentereng di Eropa, Liverpool dan Real Madrid akan saling bunuh dalam laga yang dihelat di Anfield, Kamis (23/10) dini hari nanti.
10 Guru Bantu Ketemu Jokowi
10 Guru Bantu Ketemu Jokowi
JAKARTA - Sepuluh perwakilan guru bantu dari Provinsi DKI Jakarta mendapat kesempatan untuk berdialog dan mengikuti tur Istana bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (20/10) siang.
Mitra Radar