Berita
Psikotes, Penilaian Utama Test CPNS
Jum'at, 27 April 2012 08:56 WIB | Dibaca 875 kali
JAKARTA - Seleksi CPNS tahun ini akan melibatkan para psikolog. Tujuan pelibatan psikolog ini untuk menelisik kepribadian CPNS. "Yang kita cari adalah SDM yang berkepribadian baik dan mau melayani," kata Deputi SDM bidang Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Ramli Naibaho di Jakarta, Kamis (26/4).
Sikap mau melayani ini, terangnya, menjadi salah satu syarat utama. Sebab, banyak PNS yang ogah melayani publik. Kalaupun mau, harus ada imbalannya dulu. "Modal pintar urusan kedua, yang pertama mau melayani dulu. Buat apa pintar tapi enggan menjadi pelayan masyarakat. Yang paling bagus dan klop, ya pintar dan mau melayani. Tapi kan susah, jadi kita utamakan yang berkepribadian rendah hati dan melayani masyarakat dengan baik," tuturnya.
Jika sebelumnya tes psikotes hanya sebagai pelengkap, mulai tahun ini menjadi penilaian utama. Itu sebabnya, KemenPAN&RB menggandeng Himpunan Psikolog Indonesia. Sedangkan konsorsium perguruan tinggi negeri (10 PTN) akan menangani tes akademisnya. "Kita libatkan 10 rektor PTN yang kapabel dan himpunan para psikolog agar CPNS yang dihasilkan benar-benar punya kompetensi tinggi. Selain itu untuk menghindari penggadaan lamaran, seleksi dibuat serentar agar satu pelamar hanya bisa melamar di satu daerah atau instansi," pungkasnya.
Dalam pemberitaan sebelumnya, pemerintah menggadang-gadang, seleksi CPNS 2012 dimulai Agustus dan paling lambat Oktober. Adapun kuota secara nasional adalah 134 ribu yang terdiri dari pelamar umum dan honorer kategori satu (tenaga honorer yang dibiayai ABN). (Esy/jpnn)




comments powered by Disqus
EPaper Facebook twitter RSS
Hyundai Keluarkan Perecok Honda Jazz
Hyundai Keluarkan Perecok Honda Jazz
TANGGERANG - PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) turut hadir di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di ICE, BSD, Tangerang Selatan. PT HMI hadir bukan dengan tangan kosong, ia pun meluncurkan dua unit
2 Pemain PS Bangka Masuk Skuad Timnas U-19
2 Pemain PS Bangka Masuk Skuad Timnas U-19
PANGKALPINANG - Dua pemain PS Bangka dipastikan masuk dalam skuad Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19. Keduanya yakni Habibi (bek) dan Sandi Pratama (gelandang). Asisten Manager PS Bangka dr Yogi Yamani, SpB dikonfirmasi tadi malam (23/8) mengaku bersyukur jika ada pemain PS Bangka yang terpilih skuad Timnas U-19.
Menristekdikti Tegaskan Dua Hal Ini, Ingat! Jangan Ada Perpelocoan
Menristekdikti Tegaskan Dua Hal Ini, Ingat! Jangan Ada Perpelocoan
MAJENE - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohammad Nasir kembali menegaskan larangan perpeloncoan senior ke mahasiswa baru dan pungutan diluar Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dilakukan pihak kampus.
Mitra Radar