Berita
Psikotes, Penilaian Utama Test CPNS
Jum'at, 27 April 2012 08:56 WIB | Dibaca 384 kali
JAKARTA - Seleksi CPNS tahun ini akan melibatkan para psikolog. Tujuan pelibatan psikolog ini untuk menelisik kepribadian CPNS. "Yang kita cari adalah SDM yang berkepribadian baik dan mau melayani," kata Deputi SDM bidang Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Ramli Naibaho di Jakarta, Kamis (26/4).
Sikap mau melayani ini, terangnya, menjadi salah satu syarat utama. Sebab, banyak PNS yang ogah melayani publik. Kalaupun mau, harus ada imbalannya dulu. "Modal pintar urusan kedua, yang pertama mau melayani dulu. Buat apa pintar tapi enggan menjadi pelayan masyarakat. Yang paling bagus dan klop, ya pintar dan mau melayani. Tapi kan susah, jadi kita utamakan yang berkepribadian rendah hati dan melayani masyarakat dengan baik," tuturnya.
Jika sebelumnya tes psikotes hanya sebagai pelengkap, mulai tahun ini menjadi penilaian utama. Itu sebabnya, KemenPAN&RB menggandeng Himpunan Psikolog Indonesia. Sedangkan konsorsium perguruan tinggi negeri (10 PTN) akan menangani tes akademisnya. "Kita libatkan 10 rektor PTN yang kapabel dan himpunan para psikolog agar CPNS yang dihasilkan benar-benar punya kompetensi tinggi. Selain itu untuk menghindari penggadaan lamaran, seleksi dibuat serentar agar satu pelamar hanya bisa melamar di satu daerah atau instansi," pungkasnya.
Dalam pemberitaan sebelumnya, pemerintah menggadang-gadang, seleksi CPNS 2012 dimulai Agustus dan paling lambat Oktober. Adapun kuota secara nasional adalah 134 ribu yang terdiri dari pelamar umum dan honorer kategori satu (tenaga honorer yang dibiayai ABN). (Esy/jpnn)



comments powered by Disqus
EPaper Facebook twitter RSS
Hut ke-12, GMC Tawarkan Spesial Promo
Hut ke-12, GMC Tawarkan Spesial Promo
PANGKALPINANG-Dalam rangka memperingati ulang tahun yang ke 12 Grand Millenium Club (GMC) yang beralamat di Jalan Soekarno Hatta 198 AB Pangkalpinang menghadirkan spesial promo.
RESMI: Massimo Moratti Tinggalkan FC Internazionale
RESMI: Massimo Moratti Tinggalkan FC Internazionale
Keputusan mengejutkan diambil oleh Massimo Moratti dengan meninggalkan jabatan sebagai Presiden Kehormatan FC Internazionale, di mana itu merupakan posisi yang ditawarkan oleh Erick Thohir pada November kemarin, setelah pengusaha asal Indonesia itu menguasai saham mayoritas klub.
Lulus SMK Dapat Sertifikat Ahli
Lulus SMK Dapat Sertifikat Ahli
JAKARTA - Lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) tahun depan patut berbangga. Sebab, setelah lulus dari bangku sekolah, mereka langsung diberi sertifikat keahlian oleh pemerintah. Dengan demikian, mereka bisa bersaing dengan tenaga kerja asing yang bebas masuk Indonesia.
Mitra Radar