Berita
Fakta Integritas Hindari Praktik KKN
Selasa, 10 April 2012 09:18 WIB | Dibaca 386 kali
PANGKALPINANG - Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang melakukan aksi penandatangan terhadap fakta integritas. Menurut Wakil Wali Kota Malikul Amjad yang menyaksikan penandatangan kemarin (9/4) mengatakan, fakta integritas merupakan komitmen untuk menghindari praktik KKN. “Bisa juga sebagai motivasi terhadap kinerja. Tapi intinya adalah komitmen kepada tugas, selalu transparansi dan kerja. Fakta integritas merupakan pengawasan terhadap pimpinan SKPD beserta staf-stafnya,” katanya kepada sejumlah wartawan.
Semua kepala SKPD wajib menandatangani fakta integritas. Sebab menurut Malikul, dengan menyepakati tujuh butir yang ada di dalam fakta integritas tersebut, PNS sudah menunjukkan itikad baik dalam pencegahan praktik KKN. Dari tujuh butir yang ada di fakta integritas itu, salah satunya memuat tentang kesanggupan tidak melakukan KKN. Hal ini sesuai dengan Inpres nomor 4 tahun 2005 tentang percepatan pemberantasan KKN “Yang penting pengawasan terhadap diri sendiri. Menandatangani itu sudah dapat membuktikan kalau mereka ada niat baik. Dengan begini maka tidak ada yang tidak mau. Harus. Wajib,” tegasnya.
Pelaksanaan fakta integritas di Pemkot Pangkalpinang mendapat pengawasan dari Kepala Daerah yaitu Walikota. Tak hanya kepala SKPD dengan jabatan Eselon II, PNS tingkat di bawahnya pun wajib melakukan hal yang sama. “Semua SKPD menandatangani fakta integritas, nanti turun ke bawah. Kalau Eselon II diawasi oleh Walikota. Sedangkan PNS diawasi oleh kepala SKPD-nya masing-masing,” ujarnya.
Fakta integritas sini sendiri udah lama direncanakan sejak era Kabinet Bersatu Pertama. Pemerintah pusat pun menenggat realisasi untuk seluruh pemerintah daerah pada bulan Maret lalu. “Harusnya bulan Maret kemarin sudah selesai,” katanya. Pemkot Pangkalpinang, lanjutnya, baru saja menerapkan ini semua karena kendala teknis yang tak disebutkannya secara terperinci “Ada beberapa kendala seperti perubahan teknis dari Surat Edaran. Sifatnya administrasi saja. Tapi, kita bertekad untuk dilaksanakan segera. Setelah ini akan kita laporkan ke Menpan RB,” tukasnya. (dry)



comments powered by Disqus
EPaper Facebook twitter RSS
Petral Seperti Kolam Oli Berisi Belut Berbisa
Petral Seperti Kolam Oli Berisi Belut Berbisa
JAKARTA - Staf Khusus Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Said Didu angkat suara mengenai rencana pembubaran Pertamina Energy Trading Limited (Petral).
Guardiola Pilih Setia Bersama Die Roten
Guardiola Pilih Setia Bersama Die Roten
MUENCHEN - Petinggi Bayern Muenchen tidak perlu sibuk-sibuk mencari sosok tepat untuk menggantikan Josep "Pep" Guardiola. Sebab, si pelatih tidak akan terbang ke tanah Inggris untuk bergabung dengan salah satu klub Premier League Manchester City sebagai pengganti Manuel Pellegrini.
Disdik Bekali 324 Pengawas UN SMP, Pengawas Dilarang Merokok
Disdik Bekali 324 Pengawas UN SMP, Pengawas Dilarang Merokok
PANGKALPINANG - Sebanyak 324 guru yang bertugas sebagai pengawas ruangan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) SMP sederajat tahun 2015 mendapat pembekalan melalui sosialisasi tata tertib (tatib).
Mitra Radar