Berita
Fakta Integritas Hindari Praktik KKN
Selasa, 10 April 2012 09:18 WIB | Dibaca 213 kali
PANGKALPINANG - Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang melakukan aksi penandatangan terhadap fakta integritas. Menurut Wakil Wali Kota Malikul Amjad yang menyaksikan penandatangan kemarin (9/4) mengatakan, fakta integritas merupakan komitmen untuk menghindari praktik KKN. “Bisa juga sebagai motivasi terhadap kinerja. Tapi intinya adalah komitmen kepada tugas, selalu transparansi dan kerja. Fakta integritas merupakan pengawasan terhadap pimpinan SKPD beserta staf-stafnya,” katanya kepada sejumlah wartawan.
Semua kepala SKPD wajib menandatangani fakta integritas. Sebab menurut Malikul, dengan menyepakati tujuh butir yang ada di dalam fakta integritas tersebut, PNS sudah menunjukkan itikad baik dalam pencegahan praktik KKN. Dari tujuh butir yang ada di fakta integritas itu, salah satunya memuat tentang kesanggupan tidak melakukan KKN. Hal ini sesuai dengan Inpres nomor 4 tahun 2005 tentang percepatan pemberantasan KKN “Yang penting pengawasan terhadap diri sendiri. Menandatangani itu sudah dapat membuktikan kalau mereka ada niat baik. Dengan begini maka tidak ada yang tidak mau. Harus. Wajib,” tegasnya.
Pelaksanaan fakta integritas di Pemkot Pangkalpinang mendapat pengawasan dari Kepala Daerah yaitu Walikota. Tak hanya kepala SKPD dengan jabatan Eselon II, PNS tingkat di bawahnya pun wajib melakukan hal yang sama. “Semua SKPD menandatangani fakta integritas, nanti turun ke bawah. Kalau Eselon II diawasi oleh Walikota. Sedangkan PNS diawasi oleh kepala SKPD-nya masing-masing,” ujarnya.
Fakta integritas sini sendiri udah lama direncanakan sejak era Kabinet Bersatu Pertama. Pemerintah pusat pun menenggat realisasi untuk seluruh pemerintah daerah pada bulan Maret lalu. “Harusnya bulan Maret kemarin sudah selesai,” katanya. Pemkot Pangkalpinang, lanjutnya, baru saja menerapkan ini semua karena kendala teknis yang tak disebutkannya secara terperinci “Ada beberapa kendala seperti perubahan teknis dari Surat Edaran. Sifatnya administrasi saja. Tapi, kita bertekad untuk dilaksanakan segera. Setelah ini akan kita laporkan ke Menpan RB,” tukasnya. (dry)



comments powered by Disqus
EPaper Facebook twitter RSS
Lia Furniture Elektronik, Bisa Cash & Kredit
Lia Furniture Elektronik, Bisa Cash & Kredit
PANGKALPINANG - Sukses mengembangkan usahanya sejak 6 tahun silam, Marliani, pemilik galeri Lia Furniture & Elektronik kini melengkapi usahanya dengan beragam produk handpohone bermerk dan berkualitas. Beragam produk handphone ini dapat Anda miliki dengan pembayaran cash dan credit sesuai kemampuan Anda. Bahkan untuk kredit juga suku bunga sangat terjangkau dan tenor minimal 10 bulan.
Romario : Penjarakan PSSI Brazil!
Romario : Penjarakan PSSI Brazil!
BRASILIA-Legenda sepakbola Brasil Romario geram dengan hasil memalukan yang dituai tim nasional Brasil dalam Piala Dunia 2014. Pria yang kini berprofesi sebagai pengacara itu meminta para petinggi federasi sepakbola Brasil (CBF) dipenjara.
Dicari 100 Ribu Peserta Pelatihan Indonesia Digital Learning
Dicari 100 Ribu Peserta Pelatihan Indonesia Digital Learning
JAKARTA - PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk meluncurkan program “Indonesia Digital Learning”. Program ini merupakan pelatihan dengan sertifikasi internasional meningkatkan pemahaman penggunaan internet.
Mitra Radar