Berita
Tertib Lalu Lintas Masuk Kurikulum. Polda dan Disdik Jalin Kerjasama
Senin, 27 Februari 2012 09:56 WIB | Dibaca 583 kali
PANGKALPINANG - Dalam rangka menciptakan kebiasaan tertib berlalu lintas sejak dini, materi tertib berlalu lintas dimasukkan ke kurikulum sekolah. Kerjasama antara Polri dan Dinas Pendidikan Nasional ini sendiri tertuan dalam MoU yang ditandatangani pada 2011 lalu. "Karena sudah MoU untuk memasukkan materi tertib lalu lintas ke dalam kurikulum sekolah, maka tiap Polda akan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan setempat," jelasn Dir Lantas Polda Babel, Kombes Pol Al Afriandi kepada wartawan.
   
Menurutnya, materi tertib berlalu lintas ini ditempelkan pada mata pelajaran lain seperti PPKn, dengan cara memberikan materi terlebih dulu kepada guru-guru sekolah. "Kita sudah melatih para guru karena bahan ajaran untuk materi tertib lalu lintas ini dari kita," kata Afriandi.
   
Dengan dimasukkannya materi tertib lalu lintas ke kurikulum sekolah, maka untuk efetktifitasnya dirasakan cukup baik dalam mencegah berbagai pelanggaran lalu lintas. Namun, Afriandi menegaskan hal ini juga tidak luput dari faktor manusianya sendiri. "Kalau dibilang efektif tidaknya pasti efektif, tapi tergantung dari manusianya juga," tegasnya.
   
Untuk itu, Afriandi menuturkan, dalam penindakan pelanggaran lalu lintas di jalan raya, petugas menggunakan dua metode yakni tilang dan teguran, tergantung besar kecilnya pelanggaran yang dilakukan. (ydi)




comments powered by Disqus
EPaper Facebook twitter RSS
Sriwijaya Air Siapkan 191 Ribu Kursi Tambahan
Sriwijaya Air Siapkan 191 Ribu Kursi Tambahan
JAKARTA - Sriwijaya Air menyiapkan penerbangan ekstra (extra flight) ke berbagai tujuan di Indonesia. Untuk mengatisipasi arus mudik Lebaran, Sriwijaya Air
Kejutan Warnai Starting Eleven Spanyol
Kejutan Warnai Starting Eleven Spanyol
TOULOUSE - Tongkat estafet kiper timnas Spanyol akhirnya berpindah. Meski didera masalah dugaan melakoni pesta seks dengan anak di bawah umur, David De Gea didaulat berada di bawah mistar La Furia Roja, di partai perdana mereka di Grup D Euro 2016.
Dewan Ingatkan Jangan Ada Pungli Siswa Baru
Dewan Ingatkan Jangan Ada Pungli Siswa Baru
KOBA - Anggota DPRD Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) Erlansyah Roskar mengingatkan pihak sekolah jangan melakukan praktik pungli dalam penerimaan siswa baru (PSB).
Mitra Radar