Berita
Tertib Lalu Lintas Masuk Kurikulum. Polda dan Disdik Jalin Kerjasama
Senin, 27 Februari 2012 09:56 WIB | Dibaca 162 kali
PANGKALPINANG - Dalam rangka menciptakan kebiasaan tertib berlalu lintas sejak dini, materi tertib berlalu lintas dimasukkan ke kurikulum sekolah. Kerjasama antara Polri dan Dinas Pendidikan Nasional ini sendiri tertuan dalam MoU yang ditandatangani pada 2011 lalu. "Karena sudah MoU untuk memasukkan materi tertib lalu lintas ke dalam kurikulum sekolah, maka tiap Polda akan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan setempat," jelasn Dir Lantas Polda Babel, Kombes Pol Al Afriandi kepada wartawan.
   
Menurutnya, materi tertib berlalu lintas ini ditempelkan pada mata pelajaran lain seperti PPKn, dengan cara memberikan materi terlebih dulu kepada guru-guru sekolah. "Kita sudah melatih para guru karena bahan ajaran untuk materi tertib lalu lintas ini dari kita," kata Afriandi.
   
Dengan dimasukkannya materi tertib lalu lintas ke kurikulum sekolah, maka untuk efetktifitasnya dirasakan cukup baik dalam mencegah berbagai pelanggaran lalu lintas. Namun, Afriandi menegaskan hal ini juga tidak luput dari faktor manusianya sendiri. "Kalau dibilang efektif tidaknya pasti efektif, tapi tergantung dari manusianya juga," tegasnya.
   
Untuk itu, Afriandi menuturkan, dalam penindakan pelanggaran lalu lintas di jalan raya, petugas menggunakan dua metode yakni tilang dan teguran, tergantung besar kecilnya pelanggaran yang dilakukan. (ydi)



comments powered by Disqus
EPaper Facebook twitter RSS
Wedding Package Bumi Asih Hanya Rp 30 juta
Wedding Package Bumi Asih Hanya Rp 30 juta
PANGKALPINANG - Ingin membuat hari pernikahan Anda berkesan istimewa? Paket pernikahan Hotel Bumi Asih Pangkalpinang dapat menjadi pilihan tepat Anda dalam merencanakan pernikahan.
Bagi Minute Play saat Lawan Elche
Bagi Minute Play saat Lawan Elche
VALENCIA - Bukan kalah atau menang yang menjadi target timnas senior Indonesia selama menjalani rangkaian tur Spanyol. Alfred Riedl selaku pelatih timnas senior hanya ingin melakukan evaluasi dalam laga uji coba di Negeri Matador tersebut.
Kembali Bersekolah
Kembali Bersekolah
Kembali Bersekolah - Siti Aisyah Pulungan (8) mencium ayahnya Muhammad Nawawi Pulungan (54) yang dirawat di RS Pirngadi pada hari pertama ia kembali bersekolah di Medan, Sumut, Jumat (21/3). Sejak setahun terakhir Aisyah tidak ke sekolah karena merawat ayahnya yang sakit di atas becak. (ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi)
Mitra Radar