Berita
Tertib Lalu Lintas Masuk Kurikulum. Polda dan Disdik Jalin Kerjasama
Senin, 27 Februari 2012 09:56 WIB | Dibaca 311 kali
PANGKALPINANG - Dalam rangka menciptakan kebiasaan tertib berlalu lintas sejak dini, materi tertib berlalu lintas dimasukkan ke kurikulum sekolah. Kerjasama antara Polri dan Dinas Pendidikan Nasional ini sendiri tertuan dalam MoU yang ditandatangani pada 2011 lalu. "Karena sudah MoU untuk memasukkan materi tertib lalu lintas ke dalam kurikulum sekolah, maka tiap Polda akan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan setempat," jelasn Dir Lantas Polda Babel, Kombes Pol Al Afriandi kepada wartawan.
   
Menurutnya, materi tertib berlalu lintas ini ditempelkan pada mata pelajaran lain seperti PPKn, dengan cara memberikan materi terlebih dulu kepada guru-guru sekolah. "Kita sudah melatih para guru karena bahan ajaran untuk materi tertib lalu lintas ini dari kita," kata Afriandi.
   
Dengan dimasukkannya materi tertib lalu lintas ke kurikulum sekolah, maka untuk efetktifitasnya dirasakan cukup baik dalam mencegah berbagai pelanggaran lalu lintas. Namun, Afriandi menegaskan hal ini juga tidak luput dari faktor manusianya sendiri. "Kalau dibilang efektif tidaknya pasti efektif, tapi tergantung dari manusianya juga," tegasnya.
   
Untuk itu, Afriandi menuturkan, dalam penindakan pelanggaran lalu lintas di jalan raya, petugas menggunakan dua metode yakni tilang dan teguran, tergantung besar kecilnya pelanggaran yang dilakukan. (ydi)



comments powered by Disqus
EPaper Facebook twitter RSS
Citraland Gelar Ideal Body Contest
Citraland Gelar Ideal Body Contest
PANGKALPINANG - Sikap Entertainment bekerjasama Citraland Botanical City mengadakan lomba Ideal Body Contest 2014 dengan dua kategori yang diperlombakanyakni ideal body contest pemula dan senior, Minggu (21/12) kemarin.
Madrid Lolos Final Piala Dunia Antarklub
Madrid Lolos Final Piala Dunia Antarklub
MARRAKESH - Real Madrid berhasil melaju ke babak final Piala Dunia Antarklub 2014. Tiket itu diraih setelah Madrid sukses menekuk Cruz Azul dengan skor 4-0 (2-0) di Stade de Marrakech, Rabu (17/12) dini hari WIB.
Mensos Ingin Waspada Bencana Diajarkan di Sekolah
Mensos Ingin Waspada Bencana Diajarkan di Sekolah
JAKARTA - Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa menilai, sebagai negara yang rawan terhadap bencana alam, Indonesia membutuhkan mitigasi dan antisipasi guna menghadapinya.
Mitra Radar