Berita
Kementan Kekurangan Pegawai Ahli Pertanian
Sabtu, 28 Mei 2011 09:28 WIB | Dibaca 713 kali
JAKARTA (radarbangka.co.id) - Langkah perguruan tinggi menutup sejumlah program di Fakultas Pertanian seperti ilmu tanah dan pengendalian hama penyakit ternyata berdampak pada Kementerian Pertanian. Sekjen Kementan Hari Priyono, menyatakan, pihaknya saat ini mengalami kekurangan ahli pertanian.

Bahkan setiap kali dilakukan perekrutan pegawai pertanian di bidang tertentu, seringkali tidak ada yang melamar."Kementan sekarang jadi sulit mencari ahli pertanian. Ini karena beberapa program di Fakultas Pertanian dihapus. Misalnya program hama penyakit dan ilmu tanah," kata Hari di Jakarta, Jumat (26/5).

Untuk mengatasi kekurangan ahli pertanian tersebut, kementrian yang dipimpin Suswono itu terpaksa mengadakan sendiri tenaga yang dibutuhkan. Caranya, dengan memberikan pelatihan bidang-bidang tertentu pada pegawai yang ada.

Langkah ini diambil karena masalah pertanian semakin banyak. Sebut saja soal hama penyakit tanaman yang banyak dihadapi para petani.

"Kita memang berharap perguruan tinggi membuka kembali programnya, tapi kebijakannya kan tergantung perguruan tinggi," tandasnya seraya menambahkan, selain ahli pertanian, Kementan juga membutuhkan puluhan ribu tenaga penyuluh pertanian baik PNS, tenaga lepas harian, maupun penyuluh swadaya. (Esy/jpnn)



comments powered by Disqus
EPaper Facebook twitter RSS
Genjot Sektor Pariwisata, 47 Negara Diberikan Bebas Visa
Genjot Sektor Pariwisata, 47 Negara Diberikan Bebas Visa
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya, Rizal Ramli menyetujui tambahan pemberian bebas visa kepada 47 negara
Akhirnya, MU Lepas De Gea ke Madrid
Akhirnya, MU Lepas De Gea ke Madrid
MANCHESTER - Real Madrid dan Manchester United akhirnya mencapai kata sepakat untuk nama David De Gea. Di hari terakhir bursa transfer pemain ditutup di Inggris
SMPN 9 Juara Gantha Futsal Cup
SMPN 9 Juara Gantha Futsal Cup
PANGKALPINANG - Pertandingan final turnamen futsal tingkat pelajar SMP/MTs se-Pangkalpinang, Gantha Futsal Cup 2015, Senin (31/8) kemarin berlangsung seru
Mitra Radar