Home >

Targetkan Latih 700 Tenaga Kerja Terampil


Targetkan Latih 700 Tenaga Kerja Terampil

Disnakertrans Tetap Usung Program Pelatihan

PANGKALPINANG-Tidak jauh beda dengan tahun lalu, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung (Babel) di tahun ini, 2013, tetap melaksanakan program yang sama seperti di tahun 2012 yakni pelatihan ketenagakerjaan bagi masyarakat Babel.

Hanya saja ada yang berbeda dengan tahun lalu, kata Kepala Disnakertrans Babel, Didik Suprapto, di tahun ini pihaknya menargetkan untuk melatih sebanyak 700 orang tenaga kerja terampil.

Menurut Didik, untuk pencapaian tenaga kerja yang terampil dan sesuai dengan dunia kerja, sistem pelatihan yang diadakan Disnakertrans Babel saat ini, merubah paradigama konvensional dan hanya bersifat pelayanan sosial, menjadi pelatihan yang berbasis kompotensi sesuai dengan kebutuhan pasar tanpa menghilangkan fungsi sosial pelayanan masyarakat. "Dengan sistem pelatihan yang diterapkan berdasarkan kebutuhan, mana yang diusulkan perusahaan dan masyarakat itu yang akan lebih banyak diadakan. Jadi di tahun ini kami targetkan dapat melatih sebanyak 700 orang tenaga kerja yang diberi keterampilan," katanya ketika ditemui Kamis (7/2) kemarin.

Ia menambahkan, hingga saat ini Disnakertrans melalui Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Babel sudah melatih dan mendidik ratusan tenaga kerja terampil yang siap bekerja. Bahkan BLKI Babel telah meluluskan ratusan peserta latihan dari berbagai jenis jurusan dan rata-rata sudah terserap dunia kerja dan bahkan juga ada yang menjadi wirausaha mandiri yang bisa membuka lapangan pekerjaan baru.

Lebih lanjut kata Didik, menggali serta memberdayakan dan mengembangkan sektor-sektor dan peluang pelatihan baru dalam mengoptimalkan pemberdayagunaan fasilitas pelatihan kerja yang telah ada pencetakan tenaga kerja akan lebih mudah terserap pasar tenaga kerja. "Hanya tingga menyesuaikan dengan kemauan pasar saja, fasilitas dan instrukturnya sudah ada dan siap. Seperti pelatihan dalam bidang otomotif, las, bangunan, Informasi Tekhnologi (IT), listrik dan aneka kejuruan seperti kursus menjahit dan sebagainya, saat ini sudah kita pusatkan di BLKI Babel," jelas dia.

Lebih jauh Ia menerangkan dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas memang sangat dibutuhkan lembaga pelatihan yang ideal. Pencapaian tersebut dapat dilakukan dengan menggalangkan dari seluruh aspek pelatihan sehingga permintaan dan penawaran dapat seimbang dilihat dari segi dunia kerja. "Pelatihan itu sangat penting dalam rangka menciptkan tenaga kerja yang terampil. Jadi kita harapkan pada pencari kerja tingkatkan keterampilan, cari pada kompetensi yang diharapkan, karena kalau tidak ada keterampilan kita akan menjadi penonton saja nantinya. Tenaga kerja yang memiliki kompetensi sangat dibutuhkan sekarang, keterampilan ditingkatkan sesuai dengan kompetensi yang dimiliki, hingga pada suatu saat ada perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja tersebut sudah siap," tutup Didik.(iam)



Berikan Komentar

Lainnya
Serangannya Ibarat Boling, dan Gadis di Bawah Truk..Oh Dia Melindasnya
Serangannya Ibarat Boling, dan Gadis di Bawah Truk..Oh Dia Melindasnya
Jum'at, 15 Juli 2016 15:11 WIB
NICE - Data korban dari tragedi serangan truk di Nice, Prancis, Kamis (14/7) malam terus bertambah. Terakhir, setidaknya 84 orang
Serangan Truk di Prancis: Anaknya Terkapar...Berdarah
Serangan Truk di Prancis: Anaknya Terkapar...Berdarah
Jum'at, 15 Juli 2016 15:09 WIB
NICE - Serangan truk yang menabrak kerumunan orang yang sedang merayakan Bastille Day di Nice, Prancis, Kamis (14/7) malam waktu
Menang atau Kalah
Menang atau Kalah
Selasa, 28 Juni 2016 18:57 WIB
"Sesungguhnya puasa itu untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya, ia meninggalkan syahwat dan makannya karena aku, maka Aku yang akan
Weew... Pekerjaan Bergaji Rp 5,4 Miliar Ini Sepi Peminat
Weew... Pekerjaan Bergaji Rp 5,4 Miliar Ini Sepi Peminat
Rabu, 02 Maret 2016 07:42 WIB
SELANDIA BARU - Mendapat gaji melimpah tentu menjadi impian semua pekerja. Namun, hal itu tidak berlaku bagi sebuah pekerjaan di