Berita
Jangan Palsukan Madu Pelawan
Kamis, 01 November 2012 10:47 WIB | Dibaca 165 kali
PANGKALPINANG - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) minta masyarakat agar tidak memalsukan madu Pelawan kas Babel yang beredar di pasaran. "Adanya tindakan pemalsuan madu Pelawan sangat disayangkan, karena akan merusak nama baik daerah di mata masyarakat luas dan bisa melumpuhkan perekonomian pemasaran madu Pelawan," kata Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Babel, Iskandar Zulkarnain, Rabu (31/10).

Terkait dengal hal itu, Iskandar meminta para pelaku usaha terutama pedagang penjual makanan kas Bangka untuk tetap menjaga keaslian dan kualitas madu Pelawan.

Untuk mengantisipasi adanya tindak pemalsuan madu Pelawan, Pemrov Babel terus melakukan pemantauan di lapangan baik di tingkat petani maupun pedagang.

Jika nanti ditemukan pemalsuan madu Pelawan ataupun makanan kas Bangka lainnya, pemerintah akan melakukan tindakan tegas dan membawanya ke jalur hukum. "Saat ini kualitas madu di pasaran masih terjamin dan belum pernah ditemukan adanya pemalsuan ataupun madu oplosan lainnya," katanya.

Selain itu, Iskandar juga mengimbau para pedagang untuk memperhatikan tempat penyimpanan madu sebelum dijual agar tidak terkontaminasi dengan bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia. "Sebaiknya penyimpanan madu pelawan harus diberikan tempat khusus dan tidak dicampur dengan zat pengawet makanan agar tidak mempengaruhi kualitas madu tersebut," ujarnya.

Ia mengatakan, keberadaan madu ini sudah dikenal di seluruh tanah air sejak dulu. Madu Pelawan dikenal dengan nama madu pahit Bangka.

Terkenalnya khasiat madu pahit Bangka yang bersumber dari lebah liar jenis Apis Dorsata yang menghisap sari bunga pohon Pelawan yang hanya bisa ditemukan di hutan-hutan Bangka. Lebah madu di Bangka tidak diternakkan melainkan langsung diambil dari hutan-hutan yang ada di sekitar perkampungan penduduk.

Makanan lebah yang alami tersebut membuat madu pahit Bangka berbeda dengan madu daerah lain dan memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. (RB/atr)



comments powered by Disqus
EPaper Facebook twitter RSS
Wedding Package Bumi Asih Hanya Rp 30 juta
Wedding Package Bumi Asih Hanya Rp 30 juta
PANGKALPINANG - Ingin membuat hari pernikahan Anda berkesan istimewa? Paket pernikahan Hotel Bumi Asih Pangkalpinang dapat menjadi pilihan tepat Anda dalam merencanakan pernikahan.
Bagi Minute Play saat Lawan Elche
Bagi Minute Play saat Lawan Elche
VALENCIA - Bukan kalah atau menang yang menjadi target timnas senior Indonesia selama menjalani rangkaian tur Spanyol. Alfred Riedl selaku pelatih timnas senior hanya ingin melakukan evaluasi dalam laga uji coba di Negeri Matador tersebut.
Kembali Bersekolah
Kembali Bersekolah
Kembali Bersekolah - Siti Aisyah Pulungan (8) mencium ayahnya Muhammad Nawawi Pulungan (54) yang dirawat di RS Pirngadi pada hari pertama ia kembali bersekolah di Medan, Sumut, Jumat (21/3). Sejak setahun terakhir Aisyah tidak ke sekolah karena merawat ayahnya yang sakit di atas becak. (ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi)
Mitra Radar