Berita
Pemprov Siap Dukung SDDKN
Kamis, 11 Oktober 2012 10:09 WIB | Dibaca 434 kali
PANGKALPINANG-Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Pemprov Babel) belum lama ini kedatangan tamu dari pemerintah pusat dalam mempromosikan Sistem Database Dukungan Kebijakan Nasional (SDDKN). SDDKN ini merupakan pusat data nasional  dalam mendukung arah kebijakan nasional menjadi lebih baik di Indonesia.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Babel, KA Tajuddin menyatakan, Pemprov Babel siap mendukung adanya SDDKN yang merupakan bank data nasional dalam mendukung arah kebijakan nasional menjadi lebih baik di Indonesia. Dan kedepannya, SDDKN ini akan menyusun dan menyediakan seluruh dari berbagai daerah maupun pusat kementerian maupun dan lainnya yang telah terpusat menjadi satu. "SDDKN ini semacam pusat data nasional, dengan adanya sistem data ini diharapkan dapat mendukung dalam menyusun kebijaksanaan nasional. Kita siap dukung sistem ini dengan memberikan data-data yang terkini seputar Babel meliputi, populasi penduduknya maupun berbagai sektor pendukung daerah serta sosial budaya," ujarnya ke sejumlah wartawan di ruang kerjanya, Selasa (9/10).

Ia juga mengatakan, dalam waktu dekat Pemprov Babel akan membentuk tim khusus yang berada di Diskominfo untuk senantiasa memperbaharui data-data yang dimiliki secara online langsung ke SDDKN. "Bagi pemprov Babel SDDKN ini masihlah baru sehingga memang kita masih harus melakukan updating lebih lanjut terhadap data-data kita, agar data yang tersaji di SDDKN itu juga adalah data-data terkini. Tim pusat sudah melakukan pembinaan ke kita dalam rangka mengupdate data Babel. Semua data, baik itu potensi sumber daya alam, pariwisata, sosial budaya, jumlah penduduk dan lainnya," kata Tajuddin.

Lebih lanjut dia menambahkan, apabila ini bisa dilakukan secara terus menerus, maka data-data Babel akan tersaji secara lengkap di SDDKN. Dan tentu saja ada koordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota. Untuk itu, pihaknya berencana akan mengundang perwakilan Pemkot dan Pemkab guna melakukan bimbingan tekhnis menyusun atau menginput data-data yang dibutuhkan dalam SDDKN tersebut. "Jadi ketika pemerintah pusat, dalam hal ini presiden mau mengambil kebijakan. Dia bisa membuka SDDKN ini, misalnya mau lihat Babel, bisa melalui SDDKN, maka disana akan terlihat gambaran data Babel, kabupaten/kota dan sebagainya," paparnya.

Tajuddin menambahkan, ujung tombak pengisisian data untuk SDDKN itu adalah kabupaten/kota nantinya, karena mereka yang tahu persis data-data yang up date dilapangan. Sementara ini, SDDKN masih online untuk internal pemerintah, tetapi tidak menutup kemungkinan akan bisa diakses masyarakat. "Ada kalanya saat ini masih kurang lengkap, untuk itu baru diakses secara intern saja. Namun apabila datanya sudah komprehensif sesuai keterangan tim Kementerian Sekretariat Negara, SDDKN akan dibuka luas bagi masyarakat secara luas," tutupnya.(iam)



comments powered by Disqus
EPaper Facebook twitter RSS
Hino Luncurkan Truk Tangguh yang Jago Cari Duit
Hino Luncurkan Truk Tangguh yang Jago Cari Duit
TANGERANG - PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) sebagai main dealer kendaraan terus memperluas layanan penjualan dan purna jualnya di Jl Daan Mogot Km 20 No 8 Batu Ceper, Tangerang, Kamis (26/3). Dibawah kendali PT Armindo Perkasa (AP), dealer resmi ke-153 di Indonesia ini lengkap dengan fasilitas 3S (Sales, Service & Sparepart).
Ketum PSSI tak Boleh Terlilit Masalah
Ketum PSSI tak Boleh Terlilit Masalah
JAKARTA- Mantan anggota Komite Eksekutif PSSI Ashar Suryobroto mengatakan, pengurus PSSI harus lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Hal itu diungkapkan terkait dengan Kongres PSSI pada 18 April nanti.
Beltim Bebas Buku Radikal Siswa
Beltim Bebas Buku Radikal Siswa
MANGGAR - Menindaklanjuti maraknya temuan buku pelajaran agama yang memuat bahasan radikal di sejumlah sekolah menengah di kabupaten/kota di Indonesia, Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Beltim tidak menemukan peredaran buku dimaksud.
Mitra Radar