Berita
Hewan Kurban Harus Bersertifikat
Sabtu, 06 Oktober 2012 10:53 WIB | Dibaca 286 kali
PADANG-Sebentar lagi Idul Adha 1433 Hijrah menjelang dan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia Sumatera Barat mengingatkan kurban yang hendak dijual menjelang hari raya itu harus memiliki sertifikat guna memberikan jaminan kesehatan. "Dinas Peternakan di setiap daerah di Sumbar haruslah mengeluarkan sertifikat bahwa hewan kurban yang dijual benar-benar dalam keadaan sehat dan layak untuk disembalih," ujar ketua YLKI Sumatera Barat, Dahnil Aswad, Jumat (5/10).

Menurut dia, bila ada sertifikat tersebut, ada jaminan bagi konsumen bahwa hewan kurban yang dijual jelas asal-usul dan riwayatnya serta tidak mengidap penyakit apalagi daging kurban bakal dibagi-bagikan kepada warga.

Selain itu, konsumen juga berhak mengetahui sejarah hewan yang akan dibelinya karena selama ini ini pedagang hewan kurban, tidak pernah mengetahui sejarah hewan kurban yang dijualnya berasal dari mana.

Ia juga meminta Dinas peternakan di Setiap daerah di Sumbar agar menurunkan petugas untuk melakukan pemeriksaan terhadap hewan-hewan kurban yang dijual. Setiap tahun, pemeriksaan ini harus dilakukan untuk mengecek kelaikan hewan kurban baik dari fisiknya maupun kesehatan. "Dengan demikian akan diketahui jika ada hewan yang mengidap penyakit dan tidak memenuhi syarat untuk dijadikan hewan kurban, karena di rumah potong hewan pun hal ini dilakukan," ujarnya.(ant/rb)



comments powered by Disqus
EPaper Facebook twitter RSS
Monggo.. Cicipi Sate Kambing Pak Budel
Monggo.. Cicipi Sate Kambing Pak Budel
Bagi Anda pecinta kuliner Special sate khas Solo, sepertinya harus mencoba Sate Pak Budel yang berada di Jalan Depati Hamzah (Air Itam), tepatnya di simpang Pasir Padi, Pangkalpinang. Warung ini menyediakan sate kambing, sate ayam, sate daging dan berbagai menu makanan lainnya.
Arsenal vs United, Pembuktian Taktik
Arsenal vs United, Pembuktian Taktik
LONDON-Meskipun tidak lagi semewah duel-duel sebelumnya, lanjutan Premier League pekan ini akan mengetengahkan bigmatch Arsenal vs Manchester United di Emirates (22/11). The Gunners tengah berada di peringkat enam klasemen sementara,
Duit Beasiswa LN Dititipkan ke Kampus
Duit Beasiswa LN Dititipkan ke Kampus
JAKARTA - Pencairan beasiswa kuliah dosen perguruan tinggi negeri (PTN) di luar negeri dikeluhkan sering terlambat. Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristek-Dikti) menjalankan formulasi baru, dengan cara menitipkan duit beasiswa itu ke kampus.
Mitra Radar