Berita
MenPAN & RB: Reformasi Birokrasi Singapura Layak Dicontoh
Sabtu, 06 Oktober 2012 10:38 WIB | Dibaca 784 kali
JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN & RB) Azwar Abubakar mengatakan bahwa reformasi birokrasi yang dilaksanakan Pemerintah Singapura bisa dijadikan contoh pelaksanaan reformasi di daerah. Menurut Azwar Abubakar, Singapura merupakan negara yang birokrasinya sangat inovatif, hadir dengan semangat melayani dan berinisiatif tinggi. "Singapura bisa melakukan efisiensi atas sumberdaya, peningkatan gaji atau bonus berbasis kinerja. Jadi daerah-daerah, apalagi yang dekat dengan Singapura seperti Batam bisa mengambil contoh sistem reformasi birokrasinya," kata Azwar di Jakarta, Jumat (5/10).

Kelebihan sistem birokrasi Singapura, lanjutnya, sangat berorientasi pada kepuasan pelanggan. Di samping terus menerus melakukan pembaruan terhadap cara dan hasil kerja. "Tanggal 1-3 Oktober kemarin, kami telah melakukan workshop reformasi birokrasi dan Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) online tingkat pemda di Batam. Yang ikut seluruh pemda di wilayah barat Indonesia dan mereka sangat antusias," ujarnya.

Ditambahkannya, setiap pemda mendapatkan akun untuk dapat login ke dalam sistem Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) On-Line. Yang menjadi penanggung jawabnya adalah para inspektur pemerintah provinsi/kabupaten/kota. "Inspektur daerah juga bertindak sebagai koordinator PMPRB On-Line," ucapnya.

Sementara itu Deputi Bidang Program dan Reformasi Birokrasi KemenPAN&RB Ismail Mohamad mengatakan, akun-akun yang diberikan tersebut digunakan untuk menentukan unit kerja yang akan dinilai. Selain itu, dapat dimanfaatkan untuk melihat kemajuan serta menilai reformasi birokrasi pemerintah daerah yang bersangkutan. “Selanjutnya mereka bisa menyampaikan hasil penilaian secara elektronik kepada PMPRB Resource Centre yang ada di KemenPAN&RB,” terangnya.(esy/jpnn)




comments powered by Disqus
EPaper Facebook twitter RSS
Perih! Bawang Merah Tembus di Basel Rp50 Ribu/Kg
Perih! Bawang Merah Tembus di Basel Rp50 Ribu/Kg
TOBOALI - Harga bawang merah di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Bangka Selatan (Basel) naik karena pasokan dari daerah sentra produksi kurang untuk memenuhi
Gothia Cup 2016, Indonesia U-15 Juara Dunia
Gothia Cup 2016, Indonesia U-15 Juara Dunia
SWEDIA - Sebuah prestasi luar biasa diraih oleh SSB ASIOP Apacinti yang menjadi wakil Indonesia di Gothia Cup 2016. Mewakili tim level U-15, ASIOP berhasil menjadi juara dunia setelah mengalahkan tim Swedia IF Elfsborg 3-1 di laga puncak.
2017, SD Terapkan Pendidikan Berbasis IT
2017, SD Terapkan Pendidikan Berbasis IT
JAKARTA - Walikota Pangkalpinang, Muhammad Irwansyah menyatakan penggunaan teknologi informasi (IT) sangat menentukan keberhasilan proses belajar dan mengajar.
Mitra Radar