Berita
MenPAN & RB: Reformasi Birokrasi Singapura Layak Dicontoh
Sabtu, 06 Oktober 2012 10:38 WIB | Dibaca 796 kali
JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN & RB) Azwar Abubakar mengatakan bahwa reformasi birokrasi yang dilaksanakan Pemerintah Singapura bisa dijadikan contoh pelaksanaan reformasi di daerah. Menurut Azwar Abubakar, Singapura merupakan negara yang birokrasinya sangat inovatif, hadir dengan semangat melayani dan berinisiatif tinggi. "Singapura bisa melakukan efisiensi atas sumberdaya, peningkatan gaji atau bonus berbasis kinerja. Jadi daerah-daerah, apalagi yang dekat dengan Singapura seperti Batam bisa mengambil contoh sistem reformasi birokrasinya," kata Azwar di Jakarta, Jumat (5/10).

Kelebihan sistem birokrasi Singapura, lanjutnya, sangat berorientasi pada kepuasan pelanggan. Di samping terus menerus melakukan pembaruan terhadap cara dan hasil kerja. "Tanggal 1-3 Oktober kemarin, kami telah melakukan workshop reformasi birokrasi dan Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) online tingkat pemda di Batam. Yang ikut seluruh pemda di wilayah barat Indonesia dan mereka sangat antusias," ujarnya.

Ditambahkannya, setiap pemda mendapatkan akun untuk dapat login ke dalam sistem Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) On-Line. Yang menjadi penanggung jawabnya adalah para inspektur pemerintah provinsi/kabupaten/kota. "Inspektur daerah juga bertindak sebagai koordinator PMPRB On-Line," ucapnya.

Sementara itu Deputi Bidang Program dan Reformasi Birokrasi KemenPAN&RB Ismail Mohamad mengatakan, akun-akun yang diberikan tersebut digunakan untuk menentukan unit kerja yang akan dinilai. Selain itu, dapat dimanfaatkan untuk melihat kemajuan serta menilai reformasi birokrasi pemerintah daerah yang bersangkutan. “Selanjutnya mereka bisa menyampaikan hasil penilaian secara elektronik kepada PMPRB Resource Centre yang ada di KemenPAN&RB,” terangnya.(esy/jpnn)




comments powered by Disqus
EPaper Facebook twitter RSS
Hyundai Keluarkan Perecok Honda Jazz
Hyundai Keluarkan Perecok Honda Jazz
TANGGERANG - PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) turut hadir di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di ICE, BSD, Tangerang Selatan. PT HMI hadir bukan dengan tangan kosong, ia pun meluncurkan dua unit
2 Pemain PS Bangka Masuk Skuad Timnas U-19
2 Pemain PS Bangka Masuk Skuad Timnas U-19
PANGKALPINANG - Dua pemain PS Bangka dipastikan masuk dalam skuad Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19. Keduanya yakni Habibi (bek) dan Sandi Pratama (gelandang). Asisten Manager PS Bangka dr Yogi Yamani, SpB dikonfirmasi tadi malam (23/8) mengaku bersyukur jika ada pemain PS Bangka yang terpilih skuad Timnas U-19.
Menristekdikti Tegaskan Dua Hal Ini, Ingat! Jangan Ada Perpelocoan
Menristekdikti Tegaskan Dua Hal Ini, Ingat! Jangan Ada Perpelocoan
MAJENE - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohammad Nasir kembali menegaskan larangan perpeloncoan senior ke mahasiswa baru dan pungutan diluar Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dilakukan pihak kampus.
Mitra Radar