Berita
MenPAN & RB: Reformasi Birokrasi Singapura Layak Dicontoh
Sabtu, 06 Oktober 2012 10:38 WIB | Dibaca 457 kali
JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN & RB) Azwar Abubakar mengatakan bahwa reformasi birokrasi yang dilaksanakan Pemerintah Singapura bisa dijadikan contoh pelaksanaan reformasi di daerah. Menurut Azwar Abubakar, Singapura merupakan negara yang birokrasinya sangat inovatif, hadir dengan semangat melayani dan berinisiatif tinggi. "Singapura bisa melakukan efisiensi atas sumberdaya, peningkatan gaji atau bonus berbasis kinerja. Jadi daerah-daerah, apalagi yang dekat dengan Singapura seperti Batam bisa mengambil contoh sistem reformasi birokrasinya," kata Azwar di Jakarta, Jumat (5/10).

Kelebihan sistem birokrasi Singapura, lanjutnya, sangat berorientasi pada kepuasan pelanggan. Di samping terus menerus melakukan pembaruan terhadap cara dan hasil kerja. "Tanggal 1-3 Oktober kemarin, kami telah melakukan workshop reformasi birokrasi dan Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) online tingkat pemda di Batam. Yang ikut seluruh pemda di wilayah barat Indonesia dan mereka sangat antusias," ujarnya.

Ditambahkannya, setiap pemda mendapatkan akun untuk dapat login ke dalam sistem Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) On-Line. Yang menjadi penanggung jawabnya adalah para inspektur pemerintah provinsi/kabupaten/kota. "Inspektur daerah juga bertindak sebagai koordinator PMPRB On-Line," ucapnya.

Sementara itu Deputi Bidang Program dan Reformasi Birokrasi KemenPAN&RB Ismail Mohamad mengatakan, akun-akun yang diberikan tersebut digunakan untuk menentukan unit kerja yang akan dinilai. Selain itu, dapat dimanfaatkan untuk melihat kemajuan serta menilai reformasi birokrasi pemerintah daerah yang bersangkutan. “Selanjutnya mereka bisa menyampaikan hasil penilaian secara elektronik kepada PMPRB Resource Centre yang ada di KemenPAN&RB,” terangnya.(esy/jpnn)



comments powered by Disqus
EPaper Facebook twitter RSS
Mulai 1 Februari 2015, Garuda Gabungkan PSC ke Tiket
Mulai 1 Februari 2015, Garuda Gabungkan PSC ke Tiket
JAKARTA - PT Garuda Indonesia akan menyatukan biaya Passenger Service Charge (PSC) ke dalam tiket mulai 1 Februari 2015. Pihak Garuda akan melakukan pengutipan biaya PSC pada saat penumpang membeli tiket penerbangan di berbagai channel distribusi seperti kantor penjualan Garuda Indonesia, contact center,travel agent,
La Liga Nomor Masih Satu, Liga Indonesia Peringkat 74
La Liga Nomor Masih Satu, Liga Indonesia Peringkat 74
JAKARTA - La Liga kembali menjadi liga terkuat di dunia versi International Federation of Football History & Statistics (IFFHS). Liga kasta tertinggi di Spanyol itu menjadi terbaik 2014 mengungguli liga-liga papan atas lainnya seperti Serie A Italia maupun English Premier League Inggris.
Babel Kekurangan 250 Guru Madrasah
Babel Kekurangan 250 Guru Madrasah
PANGKALPINANG - Provinsi Bangka Belitung saat ini masih kekurangan guru Madrasah Aliyah (MA), Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs). Kekurangan itu sebanyak 250 guru untuk mata pelajaran umum.
Mitra Radar