Berita
Pensiun Dini PNS Minimal 20 Tahun Kerja
Rabu, 26 September 2012 09:27 WIB | Dibaca 969 kali
PANGKALPINANG-Pemberlakuan aturan pensiun dini bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) setidaknya harus melalui persyaratan, seperti batas masa pengabdiannya.
Disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Babel, Imam Mardi Nugroho, kepada wartawan, Senin (24/9) kemarin, jika memang ada PNS yang ingin mengajukan dirinya untuk pensiun dini itu dapat dilakukan jika masa kerjanya sudah sekian lama. "Pesiun dini tentu diperbolehkan karena ada peraturannya dan juga persyaratannya, salah satunya itu dilihat sudah dari berapa tahun seorang PNS ini mengabdi atau bekerja untuk mengajukan pensiun dini. Kalau baru bekerja layaknya seorang CPNS, ya jelas tidak bisa dong. Inilah yang perlu kita tegaskan, yang mana pengajuan tersebut harus sesuai dengan peraturan semisalnya masa kerja ini sudah mencapai 20 tahun," ujarnya.
Lebih lanjut ia menambahkan, ketentuan-ketentuan yang berlaku mengatur aturan terkait pensiun dini bagi seorang PNS ini dapat berkoordinasi dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Babel. "Yang jelas kalau baru 5 tahun masa kerjanya, ya ga bisa. Ada masa kerja seorang PNS yang dipertimbangkan. Kalau tidak, dia (PNS-red) berhenti sendiri tanpa gaji. Lain bila dia sudah sekian tahun lama mengabdi, mengajukan pensiun dini baru akan ada perhitungan untuk pesangon," tutur Imam.
Imam juga membantah ketika disinggung mengenai pesangon gaji PNS yang pensiun dini disamakan dengan pihak swasta, karena tidak ada peraturan yang mengikatnya. "Kebijakan untuk pesangon yang didapat oleh seorang PNS yang mengajukan pensiun dini kalau memang ada peraturannya dari pusat, itu bisa diganti. Namun sepanjang ini, belum ada peraturan yang mengikat bagi seorang PNS pensiun dini diberi pesangon seperti itu, sama halnya dengan swasta," tandasnya.
Terpisah Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Syafitri menjelaskan, untuk pengajuan pensiun dini PNS itu dapat dikabulkan jika usia seorang PNS tersebut telah mencapai usia 45 tahun dan sudah bekerja selama 20 tahun. "Pengajuan pensiun dini PNS usia 45 tahun dan sudah masuk 20 tahun masa kerjanya," terangya singkat melalui SMS.(iam)



comments powered by Disqus
EPaper Facebook twitter RSS
Wedding Package Bumi Asih Hanya Rp 30 juta
Wedding Package Bumi Asih Hanya Rp 30 juta
PANGKALPINANG - Ingin membuat hari pernikahan Anda berkesan istimewa? Paket pernikahan Hotel Bumi Asih Pangkalpinang dapat menjadi pilihan tepat Anda dalam merencanakan pernikahan.
Bagi Minute Play saat Lawan Elche
Bagi Minute Play saat Lawan Elche
VALENCIA - Bukan kalah atau menang yang menjadi target timnas senior Indonesia selama menjalani rangkaian tur Spanyol. Alfred Riedl selaku pelatih timnas senior hanya ingin melakukan evaluasi dalam laga uji coba di Negeri Matador tersebut.
Kembali Bersekolah
Kembali Bersekolah
Kembali Bersekolah - Siti Aisyah Pulungan (8) mencium ayahnya Muhammad Nawawi Pulungan (54) yang dirawat di RS Pirngadi pada hari pertama ia kembali bersekolah di Medan, Sumut, Jumat (21/3). Sejak setahun terakhir Aisyah tidak ke sekolah karena merawat ayahnya yang sakit di atas becak. (ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi)
Mitra Radar