Berita
Hutan Sudah Rusak Parah
Senin, 10 September 2012 10:37 WIB | Dibaca 301 kali
BLHD Baru Mau Inventarisasi

PANGKALPINANG-Parahnya kerusakan hutan di Provinsi Bangka Belitung (Babel) tidak dapat ditolelir lagi, oleh sebab itu Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) berencana melakukan inventarisasi kerusakan hutan untuk langkah awal. 
Menurut Kepala BLHD,Amrullah, data kerusakan hutan yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat dirasa tidak valid, karena belum ada kajian mengenai kerusakan yang terjadi. Namun jika dilihat melalui udara begitu banyak lahan yang gundul, untuk itu guna memastikannya itu harus dilakukan inventarisasi terlebih dahulu. "Data dari pusat itu ada, tapi saya tidak berani katakan karena data itu belum valid. Maka tahun ini kita inventarisasi tentang tutupan lahan yang ada di Babel. Yang nantinya kita bandingkan melalui citra landsat tahun ini dan tahun kemarin," kata dia pekan kemarin.
Ia menambahkan, dua peta ini nantinya akan dibandingkan, apakah sudah ada penambahan tutupan lahan vegetasi atau pengurangan tutupan lahan vegetasi. Dengan membandingkan data yang ada dapat diketahui daerah mana saja yang belum ada penambahan tutupan lahan dan daerah yang sudah ada penambahan tutupan lahan. "Selama ini kita tahu banyak lahan yang terbuka, tapi tidak tahu dimana. Demikian juga rehabilitasi, dilakukan tapi sejauh mana hasilnya belum tahu. Dengan citra satelit akan ketahuan, apakah daerah yang tadinya gundul ternyata sudah hijau, atau justru sebaliknya daerah yang tadinya hijau ternyata sudah terbuka karena pertambangan, perkebunan atau illegal loging," imbuh Amrullah.
Setelah melakukan inventarisasi, diungkapkannya lagi, baru dapat ditentukan langkah dan tindakan yang akan dilakukan selanjutnya, berkaitan dengan program yang akan dilaksanakan di BLH. "Kita harap akhir tahun ini data sudah ada, sehingga kita bisa mengambil tindakan terhadap kondisi yang ada," pungkasnya berharap tutupan lahan vegetasi sudah bertambah baik. (iam)



comments powered by Disqus
EPaper Facebook twitter RSS
Bank Sumsel Babel Layani Penukaran Uang Riyal
Bank Sumsel Babel Layani Penukaran Uang Riyal
PANGKALPINANG - Untuk memudahkan nasabah yang ingin beribadah haji tahun ini, Bank Sumsel Babel siap melayani penukaran uang Riyal, baik pecahan 1, 5, 10, 20, 100, 200 maupun 500 real.
Sterling Bakal Dapat Kontrak Baru
Sterling Bakal Dapat Kontrak Baru
LIVERPOOL-Brendan Rodgers berencana mengapresiasi performa Raheem Sterling dengan kenaikan nilai kontrak di awal musim Premier League musim ini. Namun, manajer The Reds itu menyatakan harus berhati-hati membuat klausul kontrak agar pas dengan usia Sterling.
Bateng Kekurangan Buku Paket
"Jumlah buku paket untuk guru dan siswa masih kurang dari Kementerian Pendidikan Nasional dan kami diperbolehkan untuk memperbanyak,"
Mitra Radar